Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 Alasan untuk Kuliah MBA

12476

Berhenti sementara dari dunia kerja dan mengambil MBA mungkin terdengar menyulitkan untuk beberapa kalangan, terutama bagi yang sudah berkeluarga. Tentunya terasa berat meninggalkan pekerjaan sementara biaya hidup terus berjalan. Tetapi ada juga kalangan yang merasa MBA penting bagi kemajuan karir mereka. Berikut ini adalah alasan-alasan mengapa MBA pantas untuk dipertimbangkan:

 

Lebih menonjol dari yang lain

Untuk bisa terus bersaing dalam dunia perekonomian sekarang, hanya dengan gelar sarjana tidaklah mencukupi. Anda harus mempunyai kelebihan yang membuat Anda lebih menonjol dari kandidat lain. Terutama jika Anda adalah lulusan dari jurusan yang populer seperti Bisnis. Bisnis merupakan jurusan yang populer, sehingga untuk memasuki dunia kerja, Anda akan berhadapan dengan persaingan yang berat pula. Dengan kesempatan kerja terbatas dan lulusan jurusan bisnis yang bertambah setiap tahunnya, bagaimanakah cara Anda untuk terlihat lebih menonjol dari yang lainnya? Salah satu yang membuat CV Anda terlihat lebih istimewa dari yang lainnya adalah gelar MBA. Anda mungkin bisa bercerita panjang lebar tentang kualifikasi dan pengalaman kerja Anda dalam CV Anda, tetapi tanpa gelar MBA, tulisan Anda tidak akan terdengar meyakinkan.

 

Kembali ke dunia kerja dengan pengalaman relevan (dan dengan gaji yang lebih tinggi)

Ada kalangan tertentu yang berhenti sementara dari dunia kerja untuk mengambil gelar MBA. Biasanya jika mereka telah bekerja untuk sementara waktu, mereka mampu membiayai kuliah dan hidup mereka selama mengambil program MBA. Mengambil MBA dengan pengalaman kerja sebelumnya bisa menambah rasa percaya diri Anda, serta membantu Anda untuk menerapkan teori yang Anda pelajari ke praktik yang sebenarnya. Begitu Anda menyelesaikan gelar MBA Anda, niscaya keahlian baru yang Anda pelajari akan menambah nilai Anda di dunia kerja. Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan dengan bayaran yang lebih tinggi.

 

Memberikan kesempatan baru

Walaupun Anda telah lulus dari program sarjana jurusan bisnis, dan telah bekerja dengan sebuah perusahaan, Anda mungkin merasa bosan dan kurang termotivasi dengan posisi Anda yang stagnan. Anda mungkin menginginkan pangkat yang lebih tinggi dengan tantangan baru. Gelar MBA bisa memberikan Anda peluang tersebut. Dengan memiliki gelar MBA, Anda sudah tidak seperti dulu lagi. Pengalaman kerja sebelumnya ditambah dengan gelar MBA bisa mengantarkan Anda menuju perkembangan karir yang selalu Anda idam-idamkan.   

 

Motivasi baru

Banyak yang termotivasi untuk belajar justru setelah lulus kuliah. Biasanya mahasiswa yang baru kuliah tidak terlalu jelas dengan tujuan hidup mereka. Tetapi setelah mereka memasuki dunia kerja, mereka lebih mengerti apa yang sebenarnya mereka inginkan. Apalagi setelah berkeluarga, mereka termotivasi untuk memberikan hidup yang sejahtera bagi keluarga. Bagi yang merasa kurang dengan kualifikasi yg dimiliki akan mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan, misalnya mengambil program MBA.

 

Memulai usaha sendiri

Beberapa kalangan merasa lebih menantang menjalankan usaha sendiri daripada kerja di perusahaan. Walau beresiko, tetapi selama dengan pengalaman dan pengetahuan yang mencukupi dan kejelian akan kesempatan usaha, bukan tidak mungkin untuk membangun usaha sendiri. Acara TV populer The Apprentice  telah membuktikan bahwa banyak usaha sukses yang dimulai dari nol. Program MBA mengajarkan prinsip-prinsip dasar bisnis dan kewiraswastaan yang bisa Anda manfaatkan untuk memulai usaha pribadi Anda. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS