Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH

179785

TERDAPAT RIBUAN PILIHAN JURUSAN KULIAH, JADI ANDA PASTI AKAN DAPAT MENEMUKAN JURUSAN YANG TEPAT. MASALAHNYA, BAGAIMANA MENJATUHAKAN PILIHAN YANG TEPAT? TERKADANG, PILIHAN YANG TERLALU BANYAK JUSTRU MEMBUAT KITA BINGUNG. BERIKUT INI HOTCOURSES MEMBERIKAN 5 TIPS. SEMOGA MEMBANTU...

 

Salah satu saran Hotcourses adalah, mulailah pikirkan jawaban untuk 5 pertanyaan di bawah ini sesegera mungkin, sebaiknya sewaktu Anda memulai pendidikan SMU, dan bukannya sewaktu dekat tamat SMU. Hal ini dikarenakan kuliah membutuhkan persiapan. Apalagi jika ingin kuliah ke luar negeri. Semua universitas mensyaratkan ujian Bahasa Inggris seperti IELTS dan TOEFL.

 

Bahkan untuk jurusan tertentu di universitas di negara tertentu (misalnya kedokteran atau hukum) mengharuskan calon mahasiswa untuk menghadiri tes masuk, yang tentunya memerlukan persiapan. Dan lagi, jurusan-jurusan kreatif (misalnya arsitektur) kadang meminta portofolio sebagai bahan pertimbangan apakah mereka akan menerima Anda atau tidak.

 

Menentukan jurusan kuliah tidaklah sulit jika Anda telah mengenal bakat dan minat Anda sedari dulu. Akan tetapi jika Anda masih bingung dan belum ada gambaran, semoga 5 pertanyaan di bawah ini dapat mengarahkan Anda dengan baik...

1. Bidang apa yang saya minati?

Program kuliah sarjana berdurasi setidaknya 3 hingga 4 tahun. Jadi pastikan Anda menikmati masa kuliah Anda, dengan mempelajari bidang yang benar-benar sesuai dengan minat Anda. Bakat tentunya juga sangat penting. Akan tetapi jika Anda punya minat yang kuat dalam bidang tertentu, otomatis Anda akan bersemangat untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan yang ada.

 

Gairah atau ‘passion’ adalah salah satu faktor yang sangat menentukan apakah Anda akan diterima di universitas luar negeri. Mengapa? Karena universitas ingin menjaga reputasi mereka. Yang dapat mencerminkan reputasi universitas adalah prestasi mahasiswa, dan prospek kerja serta kinerja lulusan mereka di dunia kerja. Bagaimana mahasiswa bisa mencapai prestasi yang terbaik jika tidak memiliki gairah atau minat yang mendalam dalam bidang yang dia pelajari?

 

Bagaimana Anda membuktikan bahwa Anda memiliki minat yang kuat dalam bidang pilihan Anda? Sewaktu mendaftar, Anda akan diminta untuk menuliskan personal statement yang berisikan pengalaman atau prestasi yang pernah Anda capai sehubungan dengan bidang pilihan Anda. Misalnya Anda memilih jurusan fashion design, maka Anda perlu menceritakan misalnya Anda pernah mengikuti lomba kreasi busana dari barang bekas, atau pernah juara dalam merancang pakaian di majalah dan lain sebagainya. Seringkali universitas juga meminta surat referensi untuk menunjang personal statement Anda. Baca juga: Siapa Yang Dapat Diminta Untuk Menuliskan Surat Referensi?

 

2. Kualifikasi apa saja yang saya miliki?

Yang dimaksud dengan kualifikasi adalah prestasi Anda, misalnya nilai, sertifikat, dan pencapaian lainnya. Jika Anda memilih jurusan kedokteran, tentu saja harus memiliki nilai IPA yang tinggi. Jika memilih jurusan fashion design, berarti Anda perlu mengumpulkan hasil-hasil rancangan Anda yang nantinya dapat disusun menjadi portofolio. Mengumpulkan atau meningkatkan kualifikasi tentunya butuh waktu, oleh karena itu mulailah memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.

 

3. Apa saja hobi saya?

Jika Anda bingung menentukan bakat dan minat, hobi Anda mungkin dapat memberikan petunjuk. Misalnya Anda hobi main game atau menggambar manga, mungkin Anda bisa mempertimbangkan jurusan animasi atau computer game design. Tahukah Anda, animasi adalah salah satu jurusan populer abad ini?

 

4. Apakah cita-cita saya?

Jika Anda memiliki cita-cita yang jelas, hal ini akan sangat membantu untuk menentukan jurusan kuliah. Jika Anda bercita-cita menjadi seorang pengacara, tentunya Anda harus mendalami jurusan Hukum. Akan tetapi ini tidak berarti Anda tidak perlu mengadakan persiapan. Jika Anda ingin kuliah di Fakultas Hukum ternama di luar negeri, Anda wajib mengikuti tes LSAT. Begitu juga dengan jurusan kedokteran yang mengharuskan tes MCAT. Baca lebih lanjut mengenai tes-tes pendaftaran universitas luar negeri.

 

5. Apa saja yang tersedia?

Seiring perkembangan jaman, banyak sekali jurusan baru yang muncul, untuk menyediakan tenaga kerja bagi lowongan kerja baru yang sebelumnya tidak ada. Hotcourses menuliskan beberapa artikel mengenai beberapa jurusan yang bisa Anda baca disini.

 

Baca juga:

26 Gelar S2 dengan Gaji Tertinggi

Kuliah kemana ya?

Program jalur (pathway) ke universitas luar negeri

Daftar beasiswa dan tips jitu kuliah S2 ke luar negeri

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS