Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 tips menulis personal statement

Oleh
4129
Personal statement (pernyataan pribadi) merupakan salah satu dokumen yang diminta pada saat pendaftaran masuk. Tentunya ada banyak sekali yang mendaftar untuk kuliah, dan biasanya setiap jurusan menentukan kuota mahasiswa, jadi tempat untuk setiap jurusan itu terbatas. Terutama jika universitas atau jurusan yang Anda minati sangat populer. Bagaimana cara bersaing dengan calon mahasiswa lain? Bagaimana pihak universitas menentukan siapa yang mereka terima sebagai mahasiswa? Selain kriteria akademis Anda, personal statement inilah yang akan menyampaikan kepada pihak universitas siapa sebenarnya Anda, dan apakah Anda cocok dengan jurusan yang Anda pilih, dan seberapa Anda unggul dari calon mahasiswa lain.
 
Berikut ini kami mencoba menuliskan poin-poin penting yang perlu disertakan dalam personal statement...
 
1. Jelaskan alasan Anda memilih jurusan tersebut
 
Jelaskan secara spesifik apa yang membuat Anda tertarik untuk mempelajari jurusan pilihan Anda. Anda bisa menceritakan apa saja yang memotivasi Anda, menginspirasi Anda atau menjelaskan bagaimana minat Anda terhadap jurusan ini berkembang dari awal.
 
2. Jelaskan mengapa Anda cocok untuk mendalami jurusan tersebut
 
Di bagian ini Anda perlu menunjukkan bahwa Anda telah mencari banyak informasi mengenai apa saja yang dipelajari di jurusan pilihan Anda. Jelaskan mengapa Anda cocok untuk mempelajari jurusan pilihan Anda, misalnya karena bakat, karakter atau hal lainnya. Buatlah penjelasan secara spesifik dan sertakanlah contoh jika ada. Akan lebih baik lagi jika dalam bagian ini, Anda bisa memberikan gambaran mengenai karir yang ingin Anda dalami setelah lulus nanti, dan bagaimana jurusan ini bisa membantu Anda dalam meraih cita-cita Anda.
 
3. Rincikan kegiatan apa saja yang pernah Anda lakukan sehubungan dengan jurusan pilihan Anda, nilai positif apa saja yang Anda dapatkan dan bagaimana kegiatan tersebut mengembangkan minat Anda terhadap jurusan pilihan Anda
 
Hal ini bisa berupa buku, artkel, atau jurnal yang pernah Anda baca. Atau kegiatan ekstra kurikuler yang pernah Anda ikuti, pengalaman sewaktu menjadi anggota atau panitia Osis, hingga berpartisipasi dalam kegiatan sukarela. Misalnya Anda mendaftar untuk jurusan musik, Anda bisa menceritakan bahwa misalnya Anda pernah mengikuti band musik semasa sekolah menengah dan prestasi apa saja yang pernah Anda capai. Jika Anda pernah mengikuti lomba, tuliskanlah juga di personal statement Anda walaupun Anda tidak meraih piala. Hal-hal ini akan membantu menekankan betapa Anda meminati jurusan pilihan Anda.
 
Yang perlu diingat dalam menulis bagian ini adalah, kegiatan yang Anda ikuti adalah kegiatan yang relevan dengan jurusan Anda. Selain itu, Anda perlu mengaitkan seberapa kegiatan tersebut membantu dalam mengembangkan keahlian yang diperlukan dalam bidang Anda. Misalnya jika Anda ingin mendaftar untuk jurusan pendidikan anak usia dini, dan pernah mengikuti kegiatan sukarela dalam membantu yayasan yatim piatu, Anda perlu menjelaskan bagaimana kegiatan sukarela ini telah membantu Anda dalam lebih mengerti psikologi anak-anak, atau bagaimana kegiatan ini  telah membantu membangkitkan rasa prihatin Anda terhadap anak-anak dan lain sebagainya.
 
4. Ceritakan mengenai keahlian-keahlian interpersonal yang Anda miliki
 
Bagian ini cukup penting. Karena dunia kerja sekarang tidak hanya mementingkan keunggulan akademis, tetapi juga keahlian interpersonal seperti keahlian untuk bekerjasama dalam tim, komunikasi, kepemimpinan, pengaturan waktu, mengambil keputusan, menghargai rekan kerja dan lain-lain. Jika seseorang hanya pintar secara ilmu tetapi tidak bisa bekerja sama dengan orang lain, akan sangat susah bagi orang tersebut untuk diterima di suatu perusahaan.
 
Untuk menekankan bagian ini, Anda bisa menceritakan bagaimana Anda mempelajari keahlian tersebut, misalnya melalui kegiatan Osis, pramuka, dan lain-lain. Anda juga bisa menceritakan pengalaman Anda yang bermakna dan apa saja yang Anda dapatkan dari pengalaman Anda tersebut. Dengan demikian akan menunjukkan bahwa Anda adalah seseorang yang bisa belajar dan mengambil makna dari pengalaman Anda, suatu kriteria yang dibutuhkan untuk terus maju.
 
5. Jelaskan mengenai cita-cita dan pandangan Anda kedepan
 
Untuk apa kita kuliah? Tentu saja untuk masa depan, untuk bisa mendapatkan karir yang bagus, ataupun memulai usaha sendiri. Hal ini tentunya harus relevan dengan jurusan pilihan Anda. Jika Anda belum terlalu yakin tentang profesi apa yang ingin Anda kejar nanti, paling tidak berikan gambaran tentang pekerjaan seperti apa yang Anda sukai dan apa harapan Anda dan bagaimana jurusan pilihan Anda bisa membantu Anda dalam mencapai cita-cita Anda.
 
Kesimpulannya adalah Anda perlu menuliskan semua keahlian dan kelebihan yang Anda miliki (yang relevan dengan jurusan pilihan Anda). Untuk memperjelas, sertakanlah contoh untuk setiap pernyataan Anda. Personal statement ini sebaiknya padat dan jelas (tidak bertele-tele). Dan yang penting, isinya haruslah relevan dengan jurusan pilihan Anda. Selamat mencoba...

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

成都人,广州念本科,毕业后留学美国。