Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

5 Tips untuk memilih destinasi kuliah

4134

Menurut Simon Gomes, seorang dosen Graphic Design di University Centre, Doncaster, ada beberapa alasan mengapa selain memilih jurusan yang tepat, Anda perlu memilih lokasi yang tepat pula.

 

Kota besar tidak selalu menjadi pilihan yang tepat

Inggris mungkin bukan kota besar jika dibandingkan dengan Amerika Serikat dan Australia. Walau demikian kekayaan budaya di Inggris tidak kalah jika dibandingkan dengan negara lain. Dengan kuliah di negara yang lebih kecil, Anda bisa menghemat biaya transport dan Anda bisa menjelajahi negera tersebut dalam waktu yang tidak terlalu lama.Hal ini bisa menguntungkan para mahasiswa internasional karena, kerap kali untuk menyelesaikan tugas kuliah, mereka diharuskan untuk berkunjung ke berbagai tempat untuk melakukan penelitian dan observasi.
 

Melakukan kunjungan pendidikan

Simon menyatakan University Centre dengan lokasinya di Midlands, sangat luar biasa: ‘London hanya berjarak 2 jam dari sini, dan Doncaster juga terletak di tengah-tengah kota Inggris. Dengan demikian, kami sangat dekat dengan berbagai organisasi internasional, dan tempat-tempat yang terkenal akan budaya dan sejarah. Ini merupakan masukan yang sangat berarti bagi para mahasiswa, selain belajar di ruang kuliah, mereka bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut secara langsung..
 

Merasa nyaman di tempat baru

Tergantung masing-masing pribadi, hidup di kota besar dengan populasi padat seperti London bisa saja menyenangkan. Beberapa kalangan mungkin akan lebih merasa nyaman hidup di pinggiran kota yang tenang. Tentu saja status universitas atau program belajar yang Anda pilih lebih penting dari lingkungan hidup yang Anda senangi. Jika mereka tidak berada di satu lokasi, selama sarana transportasi mendukung, maka tidak menjadi masalah. Jika Anda mempunyai teman yang berasal dari negara Anda yang tinggal di tempat lain, kunjungilah teman Anda sekali-kali. Bagaimanapun jika kita kita tinggal di tempat asing, kita memerlukan beberapa kenalan yang akrab, apalagi jika tidak memungkinkan untuk pulang ke negara asal setiap kali liburan.  
 

Manfaatkanlah fasilitas hiburan

Setelah masa yang melelahkan di kelas kuliah, kita memerlukan istirahat untuk menyegarkan kembali pikiran kita. Biasanya di kota-kota banyak kegiatan dan atraksi yang berhubungan dengan kebudayaan setempat. Anda bisa mencari informasi dari orang-orang sekitar Anda, atau dari internet. Biasanya banyak artis atau pemusik yang sering melakukan tur ke kota besar. Jika di negara Anda hal ini jarang atau susah ditemui, Anda mungkin bisa menemukannya di tempat kuliah Anda.
 

Bersiap-siap untuk mencari kerja

Menjelajahi suatu negara sebagai seorang mahasiswa tentunya berbeda dengan saat Anda mulai memasuki dunia kerja. University Centre mempersiapkan para mahasiswa mereka untuk masuk ke dunia kerja sejak tahun kedua atau ketiga melalui kegiatan praktek yang diwajibkan oleh modul-modul. Selain itu, University Centre sering mengundang pembicara dari luar untuk memberikan seminar atau ceramah mengenai dunia kerja kepada para mahasiswanya, dimana para mahasiswa dimotivasi dan dibantu untuk lebih percaya diri dalam situasi resesi global saat ini.
 
Kesimpulannya, kuliah selain mementingkan nilai akademis, juga tidak boleh mengabaikan kehidupan sosial seorang mahasiswa, begitu juga dengan jalur menuju dunia kerja. Jadi disarankan, Anda memilih universitas dengan modul yang sesuai dengan minat Anda, yang bisa membantu Anda untuk memasuki dunia kerja, dan juga terletak di lingkungan dimana Anda bisa menikmati hidup Anda sebagai seorang mahasiswa.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS