Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

8 Hal yang perlu diperhatikan sewaktu membandingkan program kuliah

478

Ada banyak sekali pilihan program kuliah ke luar negeri, dan memilih satu dari segitu banyak pilihan tidaklah mudah. Jika kamu sedang kebingungan untuk memilih program kuliah, kamu bisa mempertimbangkan beberapa faktor ini sewaktu membandingkan beberapa program kuliah yang kamu minati...

 

1. Persyaratan Masuk

 

Persyaratan masuk menentukan apakah kamu akan diterima atau tidak. Oleh karena itu, pilihlah program kuliah dengan persyaratan masuk yang realistis, yang bisa kamu penuhi.

 

 

2. Jenis Universitas

Universitas dibagi menjadi beberapa kelompok, misalnya universitas yang mengutamakan penelitian, olahraga, kreatifitas, dll. Ini bisa mempengaruhi budaya akademik, lingkungan dan gaya belajar. Mengapa ini penting? Karena kamu akan menghabiskan tiga hingga empat tahun di kampus tersebut. Jadi pilihlah lingkungan belajar yang sesuai dengan minat dan cita-citamu.

 

 

3. Lokasi

Setiap universitas bisa memiliki lokasi yang unik. Ada kampus yang terletak di kota yang kosmopolitan, ada juga kampus yang terletak di daerah pinggiran yang lebih tenang. Kamu lebih suka dengan gaya hidup yang bagaimana? Apakah kamu lebih suka lingkungan perkotaan, atau daerah pedesaan yang tenang? Perlu diingat, kamu akan menghabiskan waktu setidaknya 3 tahun disana untuk mendapatkan gelar sarjana. Jadi, kamu perlu memastikan bahwa lingkungan sekitar bisa membuatmu nyaman selama perkuliahan.

 

Sewaktu mempertimbangkan lokasi, perlu juga melihat, apakah di luar kampus, (tidak terlalu jauh dari kampus) ada akomodasi mahasiswa, apakah biayanya lebih mahal dari kota lain? Hal ini penting untuk diketahui karena biasanya akomodasi dalam kampus sudah tidak tersedia bagi mahasiswa tahun kedua. Dan perlu diperhitungkan apakah kamu perlu sering berpergian ke luar kampus, jika iya, berapa kisaran biaya transportasi yang dibutuhkan.  

 

 

Untuk survei lokasi, jika tidak memungkinkan berkunjung ke kampus secara langsung, bisa melalui virtual tour. Biasanya situs resmi universitas akan menampilkan halaman virtual tour. Misalnya, berikut adalah virtual tour dari Brunel University London:

 

 

 

4. Skor Kepuasan Mahasiswa

 

 

Semua mahasiswa tahun terakhir akan diminta untuk menilai pengalaman kuliah dan penyampaian kuliah universitas mereka dalam National Student Survey. Hasil survei dinilai secara keseluruhan, juga diklasifikasikan dalam bidang tertentu seperti pengajaran, tanggapan dari staf, dan sumber daya pembelajaran. Hasil survei ini bisa memberikan gambaran apakah mahasiswa puas dengan perkuliahan mereka.

 

 

5. Penyampaian Pelajaran

 

Bagaimana bentuk perkuliahan di program kuliah pilihanmu? Apakah banyak jadwal belajar dalam kelas, kunjungan lapangan, kerja proyek, atau banyak waktu belajar independen (belajar sendiri atau di perpustakaan)? Kamu perlu menyesuaikan ini dengan kebiasaan kamu. Apakah kamu suka belajar dengan dipandu, atau suka belajar dalam kelompok diskusi, atau lebih suka banyak waktu belajar independen karena lebih fleksibel?

 

 

6. Modul & Penilaian

Apa saja yang akan dipelajari di masing-masing program kuliah? Bidang mana saja yang akan dibahas?  Jika topik yang dibahas menarik untukmu, kamu boleh mempertimbangkan untuk memilih program tersebut.

 

Setelah itu, penting juga untuk dicari tahu, seperti apa penilaiannya? Apakah semua tugas akan dinilai, atau apakah penilaian hanya berdasarkan ujian terakhir? Tugas-tugas seperti apa yang perlu diselesaikan? Apakah banyak menulis makalah, presentasi, proyek atau kunjungan lapangan? Kamu perlu memilih program yang cocok dengan keunggulan akademis kamu.  

 

 

7. Prospek Kerja Lulusan

 

 

Cari tahu apa yang dilakukan lulusan masing-masing universitas setelah wisuda. Berapa persentase lulusan yang diterima bekerja, atau di pendidikan lebih lanjut? Selain itu juga perlu mencari info mengenai jenis pekerjaan, posisi dan pendapatan yang mereka peroleh.  Biasanya universitas akan menerakan informasi ini di prospektus, atau di situs resmi mereka.

 

Download brosur resmi universitas di luar negeri di sini

 

 

8. Akreditasi Profesional

 

 

Untuk beberapa jurusan, misalnya akuntansi, akreditasi sangatlah penting, karena bisa mempengaruhi propek kerja setelah kelulusan. 

 

Apakah kamu sudah punya gambaran program kuliah mana yang akan kamu pilih? Jika belum, kamu bisa memanfaatkan fitur membandingkan program kuliah dari Hotcourses Indonesia.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS