Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

9 tips menyusun tampilan personal statement

3462

Sebelumnya kami telah menulis artikel yang menjelaskan tentang personal statement dan informasi apa saja yang perlu dimuat dalam personal statement tersebut. Berikut ini kami akan memberikan saran tentang bagaimana mengatur tampilan personal statement Anda...

 

1. Tulis dalam paragraf

Pisahkanlah setiap inti yang ingin Anda sampaikan dalam paragraf. Setiap paragraf sebainya berisikan satu pernyataan, disertai dengan penjelasan dan contoh jika ada. Misalnya di bagian kegiatan ekstrakurikuler yang Anda ikuti, Anda akan menuliskan berbagai jenis kegiatan yang pernah Anda ikuti, misalnya Osis dan pramuka. Pisahkanlah dalam dua paragraf. Paragraf pertama misalnya tentang kegiatan Anda di Osis, tuliskanlah sejak kapan Anda bergabung, posisi Anda, apa saja yang Anda lakukan, apa saja yang Anda pelajari dan hal yang bersangkutan lainnya. Kemudian baru memulai tentang kegiatan pramuka Anda di paragraf kedua.

 

2. Gunakan grammar dan tanda baca yang benar

Telitilah dalam grammar dan tanda baca. Anda bisa meminta bantuan guru atau senior Anda untuk mengecek personal statement yang telah Anda tulis.

 

3. Proporsi akademis dan ekstra-kurikuler

Anda bisa menuliskan tentang minat akademis Anda dan alasan mengapa Anda memilih jurusan pilihan Anda dengan proporsi yang lebih banyak dibandingkan dengan kegiatan ekstra kurikuler Anda. Kegiatan ekstra kurikuler atau kegiatan di luar sekolah hanya bertujuan untuk menunjang dan memperkuat penjelasan Anda mengenai minat akademis Anda dan apakah Anda memiliki kriteria yang cocok untuk mendalami jurusan pilihan Anda.

 

4. Jujur dengan pernyataan Anda

Janganlah menuliskan kalimat yang berlebihan atau bahkan menuliskan keahlian yg tidak Anda miliki. Pihak universitas akan mengetahuinya dalam wawancara.

 

5. Kunjungi situs universitas

Biasanya situs universitas ada memuat isi apa saja yang ingin mereka lihat dalam personal statement. Jadi ada baiknya Anda mencari informasi tersebut. Jika ternyata Anda tidak bisa menemukannya, Anda bisa mengirimkan email ke universitas.

 

6. Jelaskan dengan contoh yang relevan

Jika Anda hanya menuliskan pernyataan tetapi tidak dibarengi dengan contoh, pernyataan Anda tersebut akan menjadi kurang meyakinkan. Misalnya jika Anda menuliskan bahwa Anda senang membaca buku, barengilah dengan menuliskan buku apa saja yang pernah Anda baca. Jika ternyata terlalu banyak, pilihlah beberapa judul yang Anda sukai dan jelaskanlah mengapa Anda menyukainya dan apa yang telah Anda dapatkan dari buku tersebut dan apa hubungannya dengan jurusan pilihan Anda.

 

7. Jelaskan apa yang ingin Anda dapatkan dari jurusan Anda

Biasanya ini adalah salah satu bagianyang diminta oleh pihak penerimaan mahasiswa universitas. Tuliskanlah mengenai apa yang ingin Anda dapatkan dan pelajari dari jurusan Anda, dan bagaimana menurut Anda jurusan pilihan Anda bisa membantu Anda.

 

8. Tunjukkan rasa antusias Anda

Para dosen senang menghadapi para mahasiswa yang antusias. Oleh karena itu, tunjukkanlah bahwa Anda benar2 menyenangi dan bersemangat dengan jurusan pilihan Anda, dan sertailah dengan bukti.
 

9. Buat kesimpulan yang tegas

Akhirilah personal statement Anda dengan kesimpulan yang tegas. Jangan masukkan ide baru dalam kesimpulan Anda. Kesimpulan sebaiknya merupakan rangkuman dari apa yang ingin Anda sampaikan.

 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS