Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

APA ITU EFL (ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE)

3490

Apa itu English as a Foreign Language (EFL)? Apakah kamu membutuhkan program ini? Jika perlu, dimana sebaiknya mengambil program ini? Hotcourses Indonesia mencoba menyusun artikel seputar EFL ini untuk membantu kamu...

 

Bagi kebanyakan mahasiswa internasional, kelancaran berbahasa Inggris adalah salah satu persyaratan untuk dapat diterima di universitas di luar negeri. Bagaimana jika ternyata kemampuan berbahasa Inggris belum memenuhi persyaratan masuk dari universitas di luar negeri? EFL bisa membantu kamu!

 

 

Apa itu EFL?

EFL adalah singkatan dari ‘English as a Foreign Language’. Program ini membantu pelajar di atas 16 tahun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka.

 

 

Apa saja pilihan dari Program EFL?

Program EFL memberikan banyak pilihan berdasarkan tingkat kemampuan berbahasa Inggris pelajar; arah studi yang diinginkan pelajar; program yang ditawarkan institusi yang bersangkutan; dan intensitas program yang diinginkan. Program EFL terdiri dari Cambridge Skills For Life, EFL Intensive, EFL Part Time dan Preparation for IELTS.

 

Pelajari lebih lanjut tentang IELTS dan TOEFL, serta perbedaan antara TOEFL dan IELTS.

 

 

Dimana saya bisa mengikuti progra EFL?

Program EFL dapat diambil di berbagai universitas dan kolese di seluruh dunia, misalnya Harrow College.

 

 

Siapa yang dapat mengikuti program EFL?

Siapa saja yang telah berumur 16 tahun dan ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Pelajar dapat mendaftar di institusi yang diminati, dan harus menunjukkan bukti kelancaran berbahasa Inggris yang dimiliki sekarang serta bukti dapat melunasi biaya program dan biaya hidup.

 

 

Jenis Program EFL

Tergantung tingkatan studi dan kebutuhan, terdapat beberapa jenis program EFL seperti: English for Specific Purposes (ESP): Academic English; dan English for Business. 

 

General English – jenis program ini adalah untuk meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris, tetapi bukan untuk tujuan akademis, hanya untuk penggunaan Bahasa Inggris secara umum. Fokus utama adalah untuk kemampuan speaking dan listening. Selain mempelajari Bahasa Inggris, pelajar juga dapat mata pelajaran elektif.

 

Business English – program ini ditujukan bagi para profesional atau lulusan universitas yang ingin mengasah keahlian berbahasa Inggris mereka sebelum memasuki dunia bisnis. Program ini lebih pendek durasinya, tetapi lebih intensif, dan berfokus pada istilah-istilah bisnis. 

 

Academic English – program ini ditujukan untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi ke pendidikan tinggi, sehingga berfokus pada keahlian berbahasa Inggris akademis, seperti bagaimana menulis makalah, mendengarkan kuliah dan keahlian akademis lainnya. 

 

 

Kelas EFL

Program EFL dapat berlangsung selama beberapa minggu, hingga 10 minggu dan bahkan 30 minggu, tergantung tingkatan studi dan program pilihan pelajar. Juga terdapat pilihan paruh waktu (part-time) dan purna waktu (full-time). Kelas biasanya terdiri dari 10 hingga 22 orang murid. Pelajar akan belajar dari latihan dalam kelas, tugas-tugas dan personal study.

 

 

Apa yang bisa dilakukan setelah EFL?

Setelah menyelesaikan EFL dengan baik, pelajar akan mendapatkan sertifikat yang diakui internasional. Sebelum pendaftaran, sebaiknya memastikan jenis sertifikat yang akan diterima setelah kelulusan. Juga sangat penting menyesuaikan jenis program EFL yang akan diambil dengan program kuliah yang akan diikuti nantinya. 

 

 

Pengalaman pelajar EFL


Cansu:

‘Saya memiliki kesulitan dalam percakapan sewaktu tiba di Amerika untuk mengambil gelar Master. Warga-warga di sana berbicara dengan sangat cepat, dan logat dan pengucapan yang digunakan agak berbeda dengan di Inggris. Beberapa istilah yang sering dipakai seperti ‘restroom’ salah dimengerti (karena warga Amerika menggunakan istilah ‘bathroom’). Dan juga pertama-tama saya sering melakukan kesalahan ini sewaktu menulis esai; saya menggunakan ’-ze’ dan bukan ‘-se’; realize, recognize, organize yang seharusnya realise, recognise, organise.'

 

Tunde:

‘Saya berasal dari Nigeria. Walau Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama di negara saya, aksen dan pelafalan di sini sangat berbeda. Seperti nama tempat 'Dulwich' dan 'Woolwich' (terdengar seperti 'Dullich' and 'Woolich') . Saya sering bingung, dan begitu juga dengan warga London yang mendengar pelafalan saya, mereka kadang tidak mengerti dengan nama tempat yang saya ucapkan.’
 

 

 

Merasa EFL adalah persiapan Bahasa Inggris yang cocok untuk kamu, mulai cari program EFL di luar negeri sekarang juga.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS