Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Bingung memilih jurusan?

9196

Jurusan kuliah sangat banyak, bisa mencapai ribuan pilihan, dan yang lebih membingungkan ada yang namanya mirip-mirip. Kuliah memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Anda tentunya tidak ingin menyia-nyiakan waktu dan biaya Anda bukan? Bagaimana langkah yang sebaiknya diambil untuk mengambil jurusan yang tepat?

 

Memilih bidang studi

Pertama-tama coba Anda pikirkan bidang seperti apa sih yang Anda minati? Tentu saja juga harus menyesuaikan dengan bakat dan kriteria yang Anda miliki. Misalnya Anda menyukai musik tetapi tidak pernah ikut les musik dan tidak menguasai teori musik, maka sebaiknya tidak memilih jurusan musik.

Jika Anda menyenangi bidang seni, maka Anda bisa mencari lagi seni yang bagaimana yang Anda senangi. Apakah mendesain baju, seni klasik? Atau yang lebih berhubungan teknik seperti arsitektur atau teknik sipil?

Setelah itu Anda perlu memikirkan karir seperti apa yang Anda sukai? Yang ingin Anda jalani setelah lulus. Jika Anda sudah punya banyangan tentunya akan lebih mudah, tetapi jika tidak, Anda bisa bertanya kepada orang-orang dewasa di sekitar Anda. Anda juga bisa mengunjungi lembaga konsultasi karir jika ada.

Saran lain, Anda bisa mengikuti tes bakat dan minat untuk membantu Anda menentukan bidang mana yang sesuai dengan Anda.

 

Memilih universitas

Setelah memilih bidang kuliah, Anda perlu meneruskan dengan melihat modul-modul tiap jurusan dari universitas. Biasanya di situs universitas ada memuat informasi mengenai modul untuk tiap jurusan dan disertai dengan penjelasan.

Modul merupakan isi yang akan Anda pelajari nantinya sewaktu kuliah. Pertimbangkanlah dengan baik, apakah mata kuliah-mata kuliah tersebut menarik minat Anda. Modul-modul inti yang ditawarkan tiap universitas biasanya mirip-mirip tetapi mata kuliah selektif setiap universitas bisa saja berbeda-beda.

Setelah itu, lokasi universitas juga penting untuk Anda pertimbangkan. Hal ini akan berhubungan dengan biaya hidup dan kehidupan sosial Anda. Satu universitas bisa saja memiliki lebih dari satu kampus. Ada yang terletak di pusat kota, ada yang terletak di pinggiran kota. Tentu saja biaya hidup di pusat kota dakan lebih tinggi dari di pinggiran kota. Apakah Anda lebih menyenangi suasana yang tenang atau suasana yang ramai? Anda akan tinggal disana untuk minimal 3 tahun, jadi, pilihlah tempat dimana Anda bisa menikmati hidup Anda karena ini akan mempengaruhi mood belajar Anda secara tidak langsung.

Berbicara mengenai lokasi, Anda juga perlu mengaitkan dengan kewajiban kuliah Anda. Apakah program kuliah yang Anda ambil mewajibkan Anda untuk magang, atau sering keluar melakukan penelitian? Jika demikian, pilihlah lokasi yang memnungkinkan Anda untuk memenuhi kewajiban Anda tersebut. Untuk hal ini Anda perlu mempertimbangkan fasilitas transportasi yang tersedia.

Selain lokasi kuliah, reputasi universitas tentu saja perlu dipertimbangkan. Karena reputasi universitas secara tidak langsung menggambarkan kualitas dari universitas tersebut, dan sedikit banyak bisa mempengaruhi prospek kerja Anda nantinya.

 

Persyaratan masuk universitas

Setelah memilih universitas, dimana pilihan Anda bisa lebih dari satu, persempitlah pilihan Anda dengan membandingkan persyaratan masuk ke jurusan yang Anda minati. Mulai dari syarat akademis, syarat kelancaran berbahasa Inggris, dan lain-lain. Apakah Anda bisa memenuhi semua persyaratan masuk tersebut?

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS