Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Cara Memilih Universitas Yang Tepat

11835

Memilih universitas yang tepat tidaklah gampang. Tentunya, kamu ingin meraih pengalaman yang berharga baik dalam pelajaran akademik serta kegiatan sosial selama kuliah di luar negeri. Sebuah cara yang sering digunakan mahasiswa prospektif adalah mencari institusi berdasarkan ranking tabel liga universitas seperti Times atau SHJT.  Namun, ada langkah-langkah lain yang dapat kamu pertimbangkan sebelumnya.

  • Melihat peringkat universitas berdasarkan jurusan

Selain tabel liga universitas besar seperti Times, carilah daftar peringkat universitas berdasarkan jurusan yang kamu minati. Ada beberapa universitas yang sulit masuk ke table liga universitas karena hanya menawarkan jurusan yang terbatas. Tentunya, universitas besar yang menawarkan lebih banyak jurusan akan berada di peringkat lebih tinggi. Namun, ini bukan berarti bahwa mereka lebih berkualitas dibandingkan dengan universitas yang berspesialisasi di jurusan tertentu. Maka dari itu, carilah institusi berdasarkan peringkat khusus jurusan kamu agar tidak melewatkan universitas yang paling tepat untuk kamu.

  • Mencari daftar pelajaran yang ditawarkan

Pada umumnya sebuah universitas akan mencantumkan judul-judul kelas dalam jurusan tertentu di situs mereka. Bacalah deskripsi kelas yang ditawarkan, sebab universitas lain mungkin menawarkan mata pelajaran yang lebih menarik. Bila ada kesempatan, kunjungilah kampus atau hubungi wakil dari universitas yang telah kamu pilih untuk bertanya lebih banyak mengenai struktur studi di jurusan yang kamu minati. Langkah ini dapat membantu kamu memilih universitas yang benar-benar memenuhi keinginan dan ketertarikan kamu.

  • Membaca ulasan universitas

Selain bertanya kepada orang-orang disekitar kamu, kamu dapat membaca ulasan sebuah universitas untuk mencari tahu reputasi institusi tersebut. Reputasi sebuah universitas akan sangat berguna saat kamu ingin melamar pekerjaan. Ulasan seperti ini juga dapat memberi kamu sebuah gambaran tentang kehidupan sosial di kampus yang telah kamu pilih.

  • Memilih lokasi yang tepat

Selain memilih universitas yang berkualitas, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan lokasi universitas yang kamu pilih. Carilah kota yang cocok dengan kepribadian dan kebutuhan kamu sebagai seorang mahasiswa. Bila kamu lebih nyaman berada di lingkungan yang santai dan tenang, carilah universitas yang di luar ibukota besar. Memilih lokasi kampus yang tepat adalah langkah penting agar kamu dapat menikmati kehidupan kamu selama kuliah di luar negeri.

Dengan ribuan pilihan yang ada, memilih universitas mungkin terlihat sebagai keputusan yang sangat sulit. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menemukan universitas yang paling tepat dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC