Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Higher Education Achievement Reports (HEAR)

432
Higher Education Achievement Reports (HEAR) merupakan sejenis laporan dari universitas mengenai pembelajaran dan pencapaian mahasiswanya. Laporan ini berbeda dengan transkrip nilai. HEAR mencakup laporan mengenai nilai, keahlian, prestasi yang Anda dapatkan sewaktu kuliah serta kegiatan ekstra kurikuler apa saja yang Anda ikuti semasa kuliah.

HEAR telah diterapkan di lebih dari 90 universitas di Inggris. Melalui HEAR, perusahaan tempat Anda melamar kerja akan lebih jelas mengenai prestasi dan pencapaian Anda semasa kuliah. Mereka bisa mengandalkan laporan ini untuk menilai apakah Anda memiliki keahlian yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
 
Mengapa diadakan HEAR?
Profesor Sir Robert Burgess dari University of Leicester mengatakan bahwa tidak adil jika sertifikat kelulusan hanya mencantumkan nilai dari mata kuliah. Karena kemajuan seorang mahasiswa tidak bisa hanya dinilai melalui ujian tertulis, tetapi juga dengan keahlian-keahlian yang mereka pelajari di luar ruang kelas.

Apa saja isi dari HEAR?
HEAR terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian Akademis (Modul kuliah, Pengetahuan dan pengertian yang didapat dari pelajaran, Nilai per mata kuliah dan Prosedur penilaian) dan Ekstra kurikuler (Posisi di Perkumpulan Mahasiswa, Pengalaman kerja dan Kerja Sukarela)
 
Apa makna HEAR bagi Anda?
HEAR merupakan laporan dari universitas, sehingga memiliki kredibilitas tinggi dalam penilaian terhadap keistimewaan Anda, pengalaman dan prestasi Anda. Anda bisa menyertakan HEAR sebagai dokumen penunjang saat melamar kerja. Penjelasan yang cukup mendetil dalam HEAR bisa memberikan perusahaan tempat Anda melamar kerja gambaran mengenai siapa sesungguhnya Anda dan apakah Anda cocok untuk bekerja di perusahaan tersebut.
 
Bagaimana cara untuk mendapatkan HEAR yang meyakinkan?
·         Banyak terlibat dalam kegiatan ekstra kurikuker seperti organisasi atau klub yang tersedia di universitas Anda. Akan lebih bagus lagi jika Anda bisa aktif dan mendapatkan posisi sebagai panitia di dalam kegiatan ekstra kurikuler yang Anda ikuti.
·         Carilah pengalaman kerja. Anda bisa memulai dari departemen karir universitas untuk mencari informasi mengenai lowongan kerja yang tersedia.
·         Belajar yang giat. Berusahalah untuk menyelesaikan setiap tugas dan persiapkanlah diri dengan baik untuk mengikuti ujian. Usahakan untuk tidak mendapatkan nilai tidak di bawah rata-rata untuk setiap mata kuliah. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS