Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

KARIR APA YANG COCOK BUAT SAYA?

13409

Menentukan karir pilihan itu gampang-gampang susah. Banyak yang sudah jelas sejak awal mengenai bidang apa yang mereka minati dan memilih jurusan yang sesuai, dan kemudian mendalami karir yang sesuai dengan minat. Tetapi tidak jarang juga ada yang masih bingung mendalami karir bidang apa bahkan setelah kelulusan. Kali ini Hotcourses ingin berbagi mengenai apa saja hal yang perlu dipertimbangkan sewaktu memiilih bidang karir yang sesuai untuk kita?

 

Beberapa pertanyaan sederhana:

  • Bidang studi apa yang Anda gemari?
  • Pekerjaan apa yang menarik bagi Anda (baik yang Anda dengar atau yang pernah Anda dalami sendiri)?
  • Kegiatan apa yang paling Anda nikmati?
  • Topik apa yang senang Anda bicarakan dengan teman-teman atau orang di sekeliling Anda?
  • Tanpa mempertimbangkan pemasukan, pekerjaan apa yang Anda senangi?

Walau terdengar sederhana, mungkin jawaban Anda bisa saja lebih dari satu untuk masing-masing pertanyaan di atas. Jangan khawatir. Tulislah jawaban Anda pada secarik kertas dan lanjutkan ke tahap berikut. Anda tidak harus menyelesaikannya semua pertanyaan tersebut dalam waktu yang bersamaan.

 

Menentukan Pilihan

Gunakan data di atas untuk tahap selanjutnya:

Menganalisa Keahlian Anda

Kenali keahlian-keahlian Anda. Jenis pekerjaan atau bidang apa yang bisa Anda lakukan dengan baik?Keahlian tersebut dapat diterapkan dalam pekerjaan/ karir di bidang apa?

 

Contoh: Misalnya Anda adalah seorang yang persuasif dan pintar bergaul, mampu meyakinkan orang-orang di sekeliling Anda untuk menerima persepsi Anda. Keahlian tersebut bisa Anda terapkan untuk bagian pemasaran ataupun customer service. Jika ditambah lagi ternyata Anda punya bakat multi-bahasa, hobi berbagi ilmu dengan orang lain, senang mengerti orang, maka Anda bisa mempertimbangkan karir sebagai seorang guru bahasa asing. Jika Anda ada seorang yang perhatian, suka bersosialisasi, senang membantu, dan minat dengan dunia kedokteran, suka anak-anak, Anda bisa mempertimbangkan karir sebagai seorang dokter anak.

 

Mengetahui pilihan yang tersedia di luar

Jika Anda memiliki minat dalam dua bidang yang sama dan susah menentukan pilihan, Anda bisa memikirkan apakah bisa menghubungkan kedua bidang tersebut. Bukanlah tidak mungkin untuk mendalami dua bidang sekaligus. Jadi Anda tidak perlu mengorbankan minat yang satu untuk minat yang lain.

 

Contoh: Anda sangat menyukai fashion design, dan pada saat yang bersamaan ingin mendalami marketing. Anda bisa saja mengambil opsi demikian: mengambil jurusan fashion design untuk jurusan S1, dan marketing (misalnya fashion marketing) untuk jurusan S2. Jadi Anda lulus dengan dua kualifikasi yang saling mendukung: Anda bisa merancang dan memasarkan rancangan Anda sendiri. Ingatlah sebaik apa pun suatu produk, jika tidak bisa memasarkannya, tetap saja tidak bisa dikatakan berhasil. Atau Anda menyenangi bidang kuliner dan menulis. Anda bisa mempelajari keduanya, tergantung Anda memilih untuk fokus di bidang apa. Jika Anda ingin fokus di bidang kuliner, Anda bisa mengambil kuliner untuk kuliah S1, dan memilih jurnalistik untuk S2. Begitu lulus, Anda dapat bekerja sebagai chef sambil menulis blog Anda sendiri, atau mempublikasikan buku sendiri dan lain sebagainya.

 

Masih belum yakin?

Cobalah layanan tes karir/konsultasi karir

 

Banyak situs online yang menyediakan kuis kecocokan karir, misalnya Your Free Career Test, What Career is Right for Me, Career Fitter.com dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan situs-situs tersebut untuk membantu Anda. Jika ingin lebih yakin lagi, Anda bisa mengunjungi layanan konsultasi bakat dan minat, atau konsultasi karir di tempat yang terdekat dengan Anda.  

 

Sudah yakin dengan pilihan Anda? Anda bisa mencari program kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat Anda di database Hotcourses Indonesia.

 

Jangan lupa Anda bisa memanfaatkan fasilitas chatting gratis dengan konsultan pendidikan profesional via i-Apply.

 

Butuh dukungan finansial? Lihat daftar lengkap beasiswa program kuliah ke luar negeri.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS