Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

KULIAH GRATIS EROPA

43889

MENGAPA KULIAH KE LUAR NEGERI?

Kuliah di luar negeri tidak hanya bagus untuk prospek kerja di masa depan, tapi juga bagus untuk menemukan tantangan baru dalam hidup. Tantangan hidup membuat kita jadi manusia yang lebih baik dan lebih memahami perbedaan.

 

INFO LENGKAP

Masih bingung tentang jurusan apa yang ditawarkan universitas-universitas top luar negeri, dan apakah cocok untuk kamu? Yuk, download brosur/katalog resmi universitas luar negeri sebanyak mungkin dan kapan saja di bawah ini …

 

 

Di brosur tersebut kamu bisa menemukan informasi beasiswa dari pihak universitas yang biasanya tidak diumumkan di internet. 

 

Namun, masih adakah negara-negara di Eropa yang tidak mengenakan biaya untuk kuliah? Jawabannya… ADA!  Kalaupun ada biaya yang harus dikeluarkan, tidak mahal. Kamu bisa membayarnya dengan kerja paruh waktu atau meminta bantuan keuangan, berupa pinjaman dari pemerintah negara tersebut ataupun dari internal universitasnya. Kalau tertarik, berikut ini negara-negara di Eropa yang memberikan kuliah gratis atau bantuan keuangan kepada mahasiswa internasional, khususnya negara-negara sedang berkembang, seperti Indonesia.

 

NEGARA EROPA YANG MEMBERIKAN BEASISWA BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL

 

1. SWEDIA

 

Swedia adalah salah satu negara terindah dan terkaya di dunia. Negara ini menawarkan gelar pendidikan berkualitas dan terjangkau di dunia. Lebih dari 900 program kuliah dari 35 universitas disampaikan dalam Bahasa Inggris. Swedia adalah negara yang sukses menyelesaikan banyak permasalahan sosial di negaranya, dan menawarkan lebih dari 300 program Bahasa Inggris.  

 

Hingga tahun 2010, Swedia telah menjadi salah satu negara Eropa yang membebaskan biaya kuliah, baik untuk warga negara Swedia maupun warga negara asing. Sayangnya, setelah tahun 2010, parlemen Swedia memutuskan untuk memungut biaya kuliah dari warga negara non-EU/EEA. Kabar baiknya adalah, mereka juga menawarkan banyak program beasiswa

Walau sudah tidak ada lagi universitas gratis di Swedia, beberapa institusi ternama ini menawarkan beasiswa penuh bagi mahasiswa internasional:

 

Universitas penelitian – Uppsala University, adalah universitas tertua yang didirikan pada tahun 1477. Universitas ini masuk dalam peringkat universitas-universitas terbaik di Eropa utara dan juga memiliki reputasi yang bagus di kalangan internasional. Universitas ini lebih terkenal lagi setelah naiknya Kekaisaran Swedia di akhir abad ke-16.

 

Lihat daftar universitas-universitas Swedia yang memberikan beasiswa/ potongan biaya kuliah di sini.
Lihat daftar beasiswa bagi mahasiswa internasional di sini.

 

 

2. JERMAN

sumber foto: penulispro.com

BACA: LANGKAH-LANGKAH KULIAH GRATIS DI JERMAN

Sejak Oktober 2014, semua universitas Jerman membebaskan biaya kuliah tingkat sarjana bagi semua mahasiswa, termasuk mahasiswa internasional. Di beberapa negara federal, universitas akan membebankan biaya kontribusi per semester (sekitar 50 Euro) dan/atau biaya administrasi (sekitar 50 Euro).

 

Struktur biaya kuliah dapat berubah dari waktu ke waktu, pastikan Anda mendapatkan informasi biaya kuliah terkini di Jerman.

 

Sekitar 900 program sarjana dan pascasarjana disampaikan dalam Bahasa Inggris, dan mencakup beragam bidang, mulai dari teknik hingga ilmu sosial.

 

Untuk beberapa program gelar di Jerman, Anda bahkan tidak perlu mendaftar secara khusus. Pemerintah Jerman sangat senang jika ada mahasiswa internasional yang ingin berkuliah di negaranya. Program-program kuliah disampaikan dalam Bahasa Inggris karena pemerintah Jerman ingin warganya lancar berbahasa Inggris, dan sekaligus menarik mahasiswa internasional untuk berkuliah di negaranya. Jerman membutuhkan banyak tenaga kerja yang ahli untuk mengisi lapangan pekerjaan mereka.

 

 

3. FINLANDIA

sumber foto: assets.kompas.com

 

Finlandia membebaskan biaya kuliah dan menawarkan banyak program kuliah dalam Bahasa Inggris. Akan tetapi Pemerintah Finlandia meminta mahasiswa internasional untuk dapat memenuhi biaya hidup mereka dengan baik. Jadi, pendek kata, pemerintah membiayai biaya kuliah tetapi tidak untuk biaya hidup.

 

Kisaran biaya hidup di Finlandia untuk seorang mahasiswa adalah sekitar 500-800 Euro per bulan.

 

Lihat daftar institusi pendidikan tinggi di Finlandia di sini.
Lihat daftar beasiswa Finlandia di sini.   

 

 

4. NORWEGIA

Sumber foto: 2.bp.blogspot.com

 

Universitas-universitas negeri Norwegia dan university college tidak memungut biaya kuliah untuk semua tingkatan pendidikan (Sarjana, Master dan PhD), termasuk untuk mahasiswa internasional.

 

Akan tetapi beberapa universitas negeri dan university college memberlakukan biaya kuliah untuk beberapa program khusus, terutama untuk tingkatan Master. Mahasiswa juga diwajibkan untuk membayar biaya semester sebesar 300-600 NOK. 

Kebanyakan institusi swasta memungut biaya kuliah. Akan tetapi biaya tersebut sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain. Norwegia juga tidak memberlakukan biaya kuliah yang lebih tinggi bagi mahasiswa internasional, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan negara lain

 

Sistem pendidikan tinggi di Norwegia mirip dengan Amerika, dimana jumlah mahasiswa per kelas lebih sedikit, sehingga lebih dapat berinteraksi dengan dosen. Kebanyakan program kuliah juga disampaikan dalam Bahasa Inggris.

 

Walau biaya kuliah di Norwegia relatif rendah, jangan berpikir Anda dapat hidup hemat disana. Norwegia adalah salah satu negara dengan biaya hidup tertinggi di dunia.

 

Selain biaya hidup yang tinggi, Norwegia juga memiliki iklim yang berbeda dengan negara Eropa lainnya. Di sebelah utara, musim dingin sangatlah dingin (sedingin kutub utara), sedangkan di sebelah barat daya, musim dingin lebih bersahabat.

 

 

5. SLOVENIA

Sumber foto: sharingdisana.com

 

Slovenia adalah negara yang ideal untuk kuliah. Beberapa bagian teritorinya berada di laut dan sebagian di Alpen. Slovenia menjadi batas dari Italia dan Kroasia, dan merupakan salah satu destinasi wisata populer di Eropa.

 

Biaya kuliah tingkat sarjana gratis di universitas. Selain itu mahasiswa juga dapat menikmati kelebihan lain, seperti makanan bersubsidi di berbagai restoran, potongan untuk transportasi umum, diskon tiket masuk untuk berbagai acara, potongan biaya kursus dan partisipasi aktifitas.

 

Slovenia adalah anggota dari Schengen Area dan Eurozone. Sebelumnya Slovenia hanya memiliki 2,000 orang mahasiswa internasional. Akan tetapi jumlah tersebut berlipat ganda dalam satu dekade terakhir.

 

Slovenia menggunakan dua bahasa pengantar dalam pendidikan tinggi mereka, yaitu Bahasa Slovenia dan Bahasa Inggris. Sebelum diterima, Anda akan diminta untuk menunjukkan bukti kelancaran berbahasa Inggris atau Bahasa Slovenia.

 

Terdapat sekitar 150 program Bahasa Inggris yang ditawarkan, dan mahasiswa internasional hanya dikenakan sedikit biaya pada saat pendaftaran

 

Sayangnya. Times Higher Education, majalah mingguan London, tidak memasukan universitas Slovenia dalam daftar World University Ranking terbaru mereka.

 

 

6. ISLANDIA (ICELAND)

Sumber foto: www.huffingtonpost.com

 

Mahasiswa berkesempatan untuk berkuliah gratis di Iceland. Iceland adalah negara yang menarik, memiliki banyak mitos, legenda Viking; pemandangan alam yang indah, dengan banyak kolam air panas alami; begitu juga degan beragam makanan yang enak. Suka berpetualangan atau suka makan? Iceland dapat memenuhi keinginan Anda.

 

Terdapat 7 universitas utama di Iceland. 4 di antaranya adalah universitas negeri. Universitas negeri tidak memungut biaya kuliah. Anda hanya perlu membayarkan biaya pendaftaran, sekitar 100 – 250 Euro. Biaya pendaftaran lebih murah dikenakan bagi mahasiswa yang mendaftar pada pertengahan Januari dan mahasiswa difabel (cacat).

 

Bagi mahasiswa yang ingin mempelajari sastra, bahasa dan sejarah Iceland di University of Iceland, Menteri Pendidikan dan Sains menawarkan sejumlah beasiswa.

 

Jika Anda tidak berhasil mendapatkan beasiswa, Icelandic Student Loan Fund (pinjaman biaya kuliah bagi mahasiswa) menawarkan bantuan keuangan bagi mahasiswa yang memerlukan. Mahasiswa dapat mulai mengembalikan pinjaman tersebut dua tahun setelah program kuliah dimulai. Mahasiawa dari negara European Union (EU) atau European Economic Area (EEA)-European Free Trade Area (EFTA) juga berhak mengajukan pinjaman jika mereka telah bekerja di negara perdagangan mereka selama minimal 1 tahun.

 

Beberapa institusi bekerjasama dengan bank, organisasi dan perusahaan untuk memudahkan mahasiswa mendapatkan pinjaman atau pekerjaan sewaktu kuliah. Kartu mahasiswa diberikan bagi semua mahasiswa, dan dapat dipergunakan untuk berpergian ke Eropa, mendapatkan biaya telepon yang lebih murah, dan potongan biaya tiket masuk ke banyak tempat wisata.

 

 

PILIHAN KULIAH KE LUAR NEGERI POPULAR LAINNYA?

Berikut ini adalah E-book gratis dari Hotcourses yang akan memberikan Anda semua informasi penting yang perlu diketahui (misalnya: budaya, pendaftaran universitas, visa pelajar, dan lain-lain). Anda dapat mengunduh langsung dengan meng-klik setiap gambar di bawah ini:
 

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Coba lihat...