Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

KULIAH KE NEGARA MANA YA?

6726

SETELAH MEMBACA BANYAK SUMBER ATAU MENDENGAR CERITA DAN MASUKAN DARI BANYAK ORANG, ANDA MEMUTUSKAN UNTUK KULIAH KE LUAR NEGERI. LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MEMILIH NEGARA DESTINASI KULIAH. ADA BANYAK SEKALI NEGARA YANG MENAWARKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS? BAGAIMANA MENJATUHKAN PILIHAN?

 

1. Kemana Anda ingin pergi?

Apakah sejak dulu Anda telah mengimpi-impikan ingin hidup di negara tertentu? Jika iya, maka tidak terlalu sulit untuk mengambil keputusan. Yang terpenting adalah, Anda merasa tertarik dengan negara tersebut dan ingin mengenal lebih lanjut. Dengan memiliki minat, maka secara tidak langsung ada dorongan atau semangat untuk menyesuaikan diri dan menerima tantangan di lingkungan baru.

 

2. Berapa anggaran Anda?

Biaya kuliah dan biaya hidup di tiap negara tentu saja berbeda. Jika Anda memiliki anggaran terbatas, maka sebaiknya memilih negara dengan biaya yang terjangkau, dan mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja sambilan semasa kuliah. Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa, bekerja sambilan tidak boleh diandalkan untuk membiayai semua biaya di luar negeri, tetapi hanya untuk meringankan.

Untuk mendapatkan kisaran biaya yang dibutuhkan untuk dapat kuliah dan hidup di luar negeri, baca artikel-artikel mengenai biaya kuliah dan biaya hidup di luar negeri. Hotcourses menyediakan informasi untuk 10 negara: Amerika, Inggris, Australia, Selandia Baru, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Irlandia, Swedia, Belanda.

Jangan lupa ada banyak beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa internasional. Baca pengalaman langsung Siti yang mendapatkan beasiswa ke Amerika.

 

3. Seberapa jauh Anda bisa keluar dari zona aman Anda?

Pengalaman kuliah ke luar negeri tentu saja penuh tantangan. Pada awalnya mungkin Anda akan kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, kebiasaan hidup, budaya, pelajaran yang semuanya berbeda dengan Indonesia. Tetapi Anda jangan khawatir, dukungan mahasiswa di luar negeri sangat bagus. Universitas menyediakan staf dan pembimbing yang membantu mahasiswa internasional yang membutuhkan bantuan, baik untuk menyesuaikan diri dalam mengikuti pelajaran maupun dengan hidup di lingkungan baru.

Jika Anda tidak nyaman dengan culture shock, maka mungkin bisa memilih negara yang budayanya tidak jauh berbeda dengan Indonesia, misalnya Malaysia, Singapura. Jika Anda ingin sesuatu yang lebih menantang, atau benar-benar ingin mengejar American Dream, tentunya bisa ke Amerika, Australia dan negara lain yang budayanya lebih berbeda dengan Indonesia.

 

4. Apakah Anda bisa hidup jauh dari keluarga Anda?

Jika Anda susah terpisah dengan keluarga dalam jangka waktu yang lama, pilihlah negara yang dekat seperti Malaysia, Singapura, atau Hong Kong. Keluarga Anda bisa mengunjungi Anda tanpa perlu mengajukan permohonan visa yang memakan waktu dan biaya. Dan juga akan lebih gampang bagi Anda untuk pulang ke Indonesia. Penerbangannya sering dan tidak memakan waktu lama jika dibandingkan dengan kuliah di Amerika, Inggris dan negara lain yang lebih jauh.

Anda perlu mempertimbangkan ini dengan baik, karena jika jauh dari keluarga mempengaruhi mood Anda, bagaimana Anda bisa berkonsentrasi untuk mendapatkan yang terbaik di luar negeri, baik itu prestasi, ataupun kehidupan sosial. Jangan lupa, masa kuliah di luar negeri itu adalah masa untuk mengenal banyak orang dan lebih baik lagi jika bisa membangun koneksi dan mempersiapkan karir yang memadai di masa depan. Jadi dibutuhkan mental dan rasa percaya diri yang kuat. Tetapi sekali lagi, jangan khawatir, banyak workshop di universitas yang mengajarkan mahasiswa untuk mengasah atribut pribadi seperti: rasa percaya diri, berkomunikasi di depan banyak orang, dan kemampuan interpersonal lainnya.

 

5. Apa yang ingin Anda pelajari?

Semua negara memiliki bidang kuliah yang dijagokan. Misalnya, Malaysia menjagokan Teknik Petroleum, Teknik Mekanik dan bidang bisnis lainnya.

Baca selanjutnya di:

 

Tips: Jika Anda memiliki cita-cita untuk bergabung dengan perusahaan tertentu, carilah informasi mengenai dimana kantor mereka berada, dan apakah mereka bekerja sama dengan universitas tertentu. Jika Anda beruntung, mungkin universitas tersebut dapat menemukan penempatan kerja (magang) buat Anda di perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan program magang Anda bisa berlanjut menjadi pekerjaan permanen di perusahaan impian Anda.

 

Tambah yakin mau kuliah di luar negeri? Segera temukan program kuliah yang sesuai dengan bakat dan minat Anda disini.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS