Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PANDUAN PERSIAPAN TES IELTS LISTENING

2249

Mendengarkan Bahasa Inggris dari native speaker bisa saja agaksulit bagi kita yang tidak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Akan tetapi dengan persiapan yang tepat, semua kesulitan bisa diatasi. Berikut ini adalah panduan untuk mengikuti ujian listening IELTS serta contoh soal dan audio untuk memberikan gambaran yang lebih jelas...

                          

Ujian listening IELTS terdiri dari 40 soal. Ujian listening menguji seberapa peserta paham dengan percakapan dalam Bahasa Inggris, mulai dari pernyataan sederhana, percakapan, hingga isi yang lebih rumit.

 

 

Struktur

Bagian listening dari IELTS meminta peserta untuk mendengarkan rekaman CD yang berisikan rekaman suara dari native speaker, dan meminta peserta untuk menjawab soal sesuai dengan rekaman yang mereka dengar.

 

Para pembicara dalam audio CD akan berbicara menggunakan salah satu aksen Amerika, Inggris, Australia atau Selandia Baru.

 

Bagian listening berdurasi sekitar 30 menit, dan diadakan di hari yang sama dengan tes reading dan writing. Peserta juga akan diberikan 10 menit tambahan untuk menuliskan jawaban ke kertas jawaban. Peserta akan diberikan waktu untuk membaca soal terlebih dahulu, dan memeriksa jawaban yang ditulis.

 

 

Bagian 1 Umumnya merupakan percakapan antara 2 orang dalam kehidupan sosial sehari-hari (misalnya percakapan saat mencari tempat tinggal). 

 

Bagian 2: Monolog dalam konteks kehidupan sosial. Bagian ini bertujuan untuk menguji pengertian kamu dalam menangkap pendapat atau emosi pembicara (misalnya pidato tentang fasilitas lokal).

 

Bagian 3: Percakapan antara maksimum 4 orang dalam situasi yang berhubungan dengan pembelajaran (misalnya diskusi antara dosen dengan muridnya mengenai tugas yang diberikan, atau sekelompok pelajar yang sedang mendiskusikan projek penelitian mereka).

 

Bagian 4: Monolog mengenai topik akademik (misalnya perbincangan kuliah oleh dosen).

 

 

Contoh soal

Berikut ini adalah contoh soal yang diambil dari situs resmi IELTS, di sana kamu bisa menemukan contoh soal lainnya beserta jawaban, serta informasi penting seputar IELTS:

 

Latihan Bagian 1 - Mengisi Formulir

Pertanyaan 1 - 8: Jawaban TIDAK LEBIH DARI 3 KATA/ATAU SATU ANGKA untuk masing-masing pertanyaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan Bagian 2 – Pilihan Berganda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan Bagian 3 – Jawaban Singkat

Pertanyaan 11 - 16: Jawaban TIDAK LEBIH DARI 3 KATA/ATAU SATU ANGKA untuk masing-masing pertanyaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Latihan Bagian 4 – Melengkapi Kalimat

Pertanyaan 27 - 30: Jawaban TIDAK LEBIH DARI 3 KATA/ATAU SATU ANGKA untuk masing-masing pertanyaan.

 

 

Berikut adalah video-video ujian listening IELTS, termasuk tips dari peserta:

 

 

 

Sistem Penilaian

Terdapat 40 soal untuk bagian listening. Setiap soal bernilai satu poin. Nilai akan diubah ke dalam 9 band IELTS.

 

 

Tips dari ahli: Bryan Dowie, Road to IELTS

‘Tips favorit saya untuk tes listening IELTS adalah berkonsentrasi! Tes listening ini cukup sulit, jadi jika lengah sebentar saja, akan melewatkan informasi penting. Jawaban biasanya sesuai dengan urutan soal (peserta akan mendengarkan jawaban nomor 1, kemudian baru soal nomor dua dan seterusnya).’

 

 

Baca juga tips dan panduan untuk:

IELTS reading

IELTS writing

IELTS speaking

 

 

Untuk lebih banyak informasi dan contoh soal, silahkan kunjungi situs resmi IELTS. Road to IELTS juga menyediakan banyak tips, video, latihan dan materi persiapan IELTS lainnya.

 

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS