Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PANDUAN PERSIAPAN TES IELTS READING

3145

Sedang latihan untuk tes reading IELTS? Panduan lengkap ini mungkin bisa membantu kamu...

 

Untuk dapat mengikuti perkuliahan di luar negeri dengan baik, kemampuan memahami bacaan dengan baik adalah sangat penting – terutama untuk jurusan seperti Bahasa Inggris atau Hukum

 

Struktur

Struktur tes reading sama untuk IELTS Academic dan General Training.

 

Peserta akan diberikan waktu 1 jam untuk menyelesaikan 3 bagian. Setiap bagian meminta peserta untuk membaca bacaan pendek tentang topik tertentu, kemudian peserta akan diminta untuk menjawab soal sesuai dengan konten bacaan yang dibaca. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk dapat menjawab soal. Semua informasi (seperti materi dan grafik/diagram) yang diperlukan untuk menjawab soal dapat dicari di dalam bacaan. Konteks bacaan juga sangat beragam, mulai dari bacaan sederhana, deskripsi, hingga konteks yang lebih rumit.

 

Pertanyaan memiliki beberapa format:

·         Mengisi jawaban

·         Benar atau Salah

·         Iya atau Tidak

·         Menyesuaikan pernyataan

 

 

Sistem Penilaian

Setiap jawaban bernilai satu poin (40 poin secara keseluruhan). Poin-poin ini akan diubah ke 9 band IELTS.

 

 

Tips untuk tes reading IELTS

 

Beda jawaban untuk masing-masing soal

Terdapat 8 atau 9 jenis pertanyaan reading dalam ujian IELTS. Sebelum ujian, pastikan kamu telah membiasakan diri dengan setiap jenis pertanyaan. Baca pertanyaan dengan seksama dan perhatikan kata-kata yang bisa mempengaruhi penafsiran seperti ‘always’, ‘often’, dan lain-lain.

 

Juga perhatikan instruksi, seperti tidak boleh menjawab melebihi dari tiga kata.

 

 

Banyak-banyak membaca

Ujian IELTS diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang. Jadi soal didesain dengan khusus untuk itu. Bacalah bacaan umum sebanyak mungkin, misalnya majalah dan surat kabar.

 

Banyak-banyak membaca contoh soal dan sampel soal reading IELTS supaya memiliki gambaran tentang soal yang kira-kira sering muncul dalam ujian IELTS. Ketika membaca instruksi, peraturan dan istilah, biasakan membaca dalam Bahasa Inggris – dengan demikian kamu akan terbiasa membaca dan memahami beragam bacaan Bahasa Inggris dengan lancar. 

 

Dengan banyak membaca, kamu akan semakin terbiasa dan lebih percaya diri dalam membaca dan memahami bacaan dalam Bahasa Inggris. Tujuan dari ujian reading ini tidak meminta peserta untuk mengetahui setiap kosakata atau mengerti setiap kalimat dalam bacaan, tetapi kemampuan untuk memilah dan menggunakan informasi dalam bacaan untuk menjawab soal. Jadi cara terbaik untuk dapat meraih skor tinggi adalah banyak-banyak membaca dan berlatih soal-soal dari contoh tes reading IELTS.

 

 

Baca soal terlebih dahulu

Waktu bagian reading sangat terbatas. Jadi harus dimanfaatkan dengan efisien dan efektif:

 

·         Baca judul dan judul kecil (heading) supaya memiliki gambaran mengenai isi bacaan.

·         Kemudian baca soal-soal dan pilihan-pilihan jawaban.

·         Membaca cepat dan sepintas – untuk mencari jawaban. Setelah membaca soal, peserta tahu apa yang ditanyakan dan dapat melompati isi bacaan yang tidak relevan dengan soal. Dengan demikian akan menghemat banyak waktu.

·         Jangan lupa berfokus pada soal, supaya konsentrasi tidak terbagi ke informasi yang tidak relevan

·         Pada umumnya, urutan soal sama dengan isi bacaan. Misalnya jawaban dari soal pertama bisa ditemukan di urutan atas bacaan, dan jawaban soal kedua di isi bacaan berikutnya.

 

 

Bagaimana jika menemukan kosakata yang tidak diketahui artinya?

Tidak usah panik jika menemukan kosakata-kosakata yang tidak mengerti. Tidak semua kosakata mempengaruhi jawaban. Coba untuk menebak arti kosakata yang tidak dimengerti dari konteks bacaan atau kalimat – misalnya apakah itu adalah kata benda atau kata kerja. Pada umumnya, soal-soal akan memberikan petunjuk untuk mencari jawaban. Cari dan perhatikan sinonim atau parafrase dari jawaban yang telah ada dalam bacaan.

 

 

Sebelum waktu berakhir...

Jangan lupa memindahkan jawaban ke lembar jawaban! Sewaktu ujian, peserta tidak akan diberikan waktu ekstra untuk menuliskan jawaban ke lembar jawaban. Jawaban yang tertulis di lembar soal tidak akan dinilai.

 

Jangan membaca seluruh bacaan. Baca seperlunya. Banyak peserta kekurangan waktu untuk menjawab karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membaca. Baca soal terlebih dahulu sebelum membaca bacaan. Fokus pada kalimat pertama dan kalimat terakhir setiap paragraf untuk mengerti konten paragraf.

 

 

Tips dari seorang ahli: Bryan Dowie, Road to IELTS

‘Baca secukupnya. Kebanyakan peserta membaca setiap kalimat dari bacaan sehingga kekurang waktu untuk menjawab. Fokus pada kalimat pertama dan kalimat terakhir setiap paragraf untuk mengerti konten paragraf.

 

 

Baca juga tips dan panduan untuk:

IELTS writing

IELTS listening

IELTS speaking

 

 

Untuk lebih banyak informasi dan contoh soal, silahkan kunjungi situs resmi IELTS. Road to IELTS juga menyediakan banyak tips, video, latihan dan materi persiapan IELTS lainnya.

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS