Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PANDUAN PERSIAPAN TES IELTS WRITING

1796

Butuh bantuan untuk persiapan IELTS bagian writing? Berikut adalah tips dan panduan untuk Academic dan General Training writing IELTS, termasuk gaya penulisan.

 

Menulis dengan baik dalam Bahasa Inggris sangatlah penting untuk dapat mengikuti perkuliahan di luar negeri. Mengapa? Karena setiap mata kuliah akan memberikan tugas essai, dan juga sewaktu ujian harus menuliskan jawaban dengan baik dan jelas. Inilah mengapa bagian writing dalam ujian IELTS sangat penting.

 

Terdapat dua jenis tes IELTS: Academic dan General Training. Masing-masing tes mempunyai perbedaan tersendiri...

 

 

IELTS Academic

Terdapat 2 soal di bagian writing IELTS Academic. Di soal pertama, peserta diminta untuk menuliskan 150 kata dan di soal kedua 250 kata. Peserta akan diberikan waktu 1 jam untuk menyelesaikan soal. Jadi, sebelumnya latihlah mengatur waktu dengan baik.   

 

Soal 1 – Peserta akan diminta untuk mendeskripsikan beberapa informasi visual dengan kata sendiri. Hal ini akan menguji kemampuan analisa, interpretasi dan kemahiran peserta dalam menjelaskan. Misalnya: akan diberikan grafik atau diagram, dan menanyakan apa maksud dari grafik/diagram tersebut.

 

Contoh soal:

 

 

 

Soal 2 – Di bagian ini, peserta akan diberikan penggalan karangan yang menuliskan sudut pandang atau suatu opini. Peserta akan diminta untuk mendiskusikan topik tersebut, misalnya menyebutkan kelebihan dan kekurangan, atau setuju atau tidak. Jelaskan alasan jawaban kamu dengan jelas.

 

Contoh soal :

Lebih banyak info tentang ujian writing IELTS Academic test

 

 

IELTS General Training

Seperti IELTS Academic, terdapat 2 soal di bagian writing IELTS Academic. Di soal pertama, peserta diminta untuk menuliskan 150 kata dan di soal kedua 250 kata. Peserta akan diberikan waktu 1 jam untuk menyelesaikan soal. Yang penting untuk diingat, soal ke-2 bernilai dua kali lipat dari soal pertama. Jadi sebaiknya mengalokasikan lebih banyak waktu untuk soal kedua (40 menit).

 

Soal 1 – Peserta akan diminta untuk menuliskan respon dalam bentuk surat.

 

Contoh soal:

 

 

 

 

Soal 2 – Di bagian ini, peserta akan diberikan penggalan karangan yang menuliskan sudut pandang atau suatu opini. Peserta akan diminta untuk mendiskusikan topik tersebut, misalnya menyebutkan kelebihan dan kekurangan, atau setuju atau tidak. Jelaskan alasan jawaban kamu dengan jelas.

 

Contoh soal:

 

Lebih banyak info tentang ujian writing IELTS General Training test

 

Cara penilaian

Untuk kedua jenis tes, peserta harus menggunakan gaya penulisan formal, tanda baca, ejaan dan tata bahasa yang tepat. Peserta harus bisa menuliskan jawaban dengan isi, tata bahasa, dan kosakata yang relevan. Pengaturan penulisan jawaban yang teratur dan jelas, dan penggunaan contoh untuk mendukung opini yang dituliskan akan sangat membantu.

 

Empat poin penting yang dinilai panitia adalah: kualitas jawaban; isi yang jelas dan saling berhubungan; penggunaan kosakata dan frase yang sesuai dengan konten dan ketepatan tata bahasa (grammar).

 

Seperti apa tes IELTS itu? Simak di playlist video di bawah ini untuk melihat secara langsung dan mendengar tips berguna dari peserta tes IELTS:

 

 

 

Tips untuk tes writing IELTS

 

Persiapan

Biasakan membaca teks Bahasa Inggris yang berkualitas (bisa dimulai beberapa bulan sebelum tes IELTS). Dengan demikian, kamu akan terbiasa membaca dan memahami isi bacaan dengan cepat. Dengan membaca bacaan yang berkualitas seperti surat kabar, majalah ilmiah, kamu akan lebih terbiasa dengan gaya bahasa formal, juga memperkaya kosakata dan frase yang mungkin akan terpakai sewaktu ujian. Beberapa sumber yang bisa kamu coba: The Guardian, The Telegraph, The Washington Post and The Times of India.

 

Prioritas

Sangat penting untuk diketahui, soal ke-2 nilainya dua kali lipat dan berdurasi lebih panjang dari soal pertama. Jadi sangat disarankan untuk mengalokasikan waktu lebih banyak untuk soal kedua.

 

Gunakan paragraf

Gunakan paragraf untuk memperjelas struktur jawaban. Satu opini untuk satu paragraf. Misalnya kamu mempunyai 5 alasan yang menyetujui pendidikan usia dini itu penting. Maka pisahkan jawabanmu dalam 7 paragraf: pembuka, masing-masing alasan satu paragraf, dan penutup (kesimpulan). Jangan lupa menyertakan contoh atau bukti untuk memperkuat pernyataanmu. Dengan demikian panitia akan lebih mudah membaca dan mengerti apa yang ingin kamu sampaikan, daripada menuangkan banyak peryataan yang berbeda dalam satu paragraf. Jangan lupa memperhatikan batas kata (word limit) yang ditentukan.

 

Baca pertanyaan dengan seksama

Pastikan kamu telah membaca dan mengerti pertanyaan dengan jelas. Mungkin terdengar sederhana, akan tetapi tekanan sewaktu ujian bisa saja membuat peserta panik dan membaca dengan terlalu cepat, sehingga salah mengerti soal.

 

Tips dari ahli: Bryan Dowie, Road to IELTS

‘Sangat penting untuk merencanakan dan menstruktur essai. Dengan demikian menunjukkan Anda dapat berkomunikasi secara efektif. Menjawab semua bagian dari soal juga sangat penting, hal ini akan menunjukkan seberapa Anda mengerti soal yang diberikan.’

 

 

Baca juga tips dan panduan untuk:

IELTS reading

IELTS listening

IELTS speaking

 

Untuk lebih banyak informasi dan contoh soal, silahkan kunjungi situs resmi IELTS. Road to IELTS juga menyediakan banyak tips, video, latihan dan materi persiapan IELTS lainnya.

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS