Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PROGRAM JALUR KE UNIVERSITAS LUAR NEGERI

6833

Apa itu Program Jalur?

Program Jalur atau Pathway membantu mahasiswa internasional untuk menjembatani celah antara kualifikasi yang mereka miliki (pendidikan terakhir) dengan persyaratan masuk yang diminta kolese atau universitas di luar negeri. Tujuan dari program pathway adalah supaya mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan lancar. Semasa mengikuti program pathway, mahasiswa akan mempelajari dasar (untuk jurusan yang akan diambil nantinya), serta keahlian pembelajaran yang diperlukan untuk mengikuti perkuliahan, serta menyesuaikan diri dengan gaya pengajaran dan budaya pendidikan di luar negeri yang mungkin sangat berbeda dari pendidikan mereka sebelumnya. 

                          

Siapa yang Membutuhkan Program Jalur?

Ketika menerima pendaftaran, kantor pendaftaran akan menilai dan meyetarakan nilai pendidikan terakhir mahasiswa internasional dengan sistem penilaian universitas. Hal ini sangat penting untuk memastikan calon mahasiswa tersebut dapat mengikuti perkuliahan dengan baik atau tidak. Jika ternyata terdapat celah antara pendidikan terakhir mahasiswa dengan standar yang ditetapkan universitas, maka calon mahasiswa akan dianjurkan untuk mengambil program jalur terlebih dahulu sebelum mengikuti perkuliahan.

 

Banyak sekali jenis program jalur yang tersedia. Program-program tersebut bervariasi dalam nama, durasi, dan struktur, tergantung universitas atau institusi yang menyelenggarakan. Nama yang umum dipakai adalah ‘program foundation’, ‘pre-Masters’, ‘pre-sessional’, ‘summer schools’, ‘summer institutes’ dan masih banyak lagi. Akan tetapi semua memiliki tujuan yang sama, yaitu mempersiapkan mahasiswa internasional untuk mengikuti perkuliahan gelar dengan baik. 

 

Program Jalur Mana yang Cocok?

Hal ini tergantung pada program kuliah mana yang ingin Anda ambil. Program jalur itu bisa untuk meningkatkan keahlian berbahasa Inggris Anda untuk memenuhi persyaratan yang diminta universitas, ataupun meningkatkan keahlian dan pengetahuan tertentu yang disyaratkan oleh universitas.

 

Misalnya University of Sussex menyarankan International Foundation Yearyaitu program berdurasi dua semester bagi mahasiswa yang belum memenuhi persyaratan masuk langsung ke program sarjana University of Sussex. Di program International Foundation Year  ini, pelajar akan mempelajari beberapa mata pelajaran yang relevan dengan jurusan program sarjana yang akan diambil nantinya, Bahasa Inggris, serta keahlian-keahlian untuk mengikuti perkulihan sarjana, sehingga pelajar lebih siap dan percaya diri mengikuti perkuliahan nantinya. 

 

Sedangkan bagi mahasiswa yang memerlukan dasar tertentu untuk mengikuti program sarjana, University of Sussex menyediakan program International Year One – program satu tahun yang setara dengan tahun pertama perkuliahan sarjana. Program ini akan membekali pengetahuan akademis, Bahasa Inggris serta keahlian pembelajaran lainnya yang diperlukan untuk memasuki perkuliahan sarjana tahun kedua. Mahasiswa dapat memilih bidang studi yang relevan dengan jurusan yang ingin diambil: Business and ManagementComputing Electrical and Electronic EngineeringFinance and AccountingInternational Relations and International DevelopmentMedia and Film Studies.

 

Sedangkan bagi mahasiswa yang ingin mengambil program Master, University of Sussex menyarankan Pre-Masters, yang terdiri dari 1 atau 2 semester.  Yang unik dari program Pre-Masters University of Sussex adalah layanan CareerAhead, yang mempersiapkan mahasiswa untuk siap memasuki dunia kerja yang kompetitif setelah lulus.

 

 

 

Durasi Program Jalur

Durasi program jalur tergantung pada nilai pendidikan terakhir atau ujian Bahasa Inggris Anda. Misalnya Oxford Brookes University menawarkan Pre-sessional English Courses yang berlangsung selama 36 minggu bagi mereka dengan skor IELTS 4.5, dan hanya 6 minggu bagi mereka yang memiliki skor IELTS 6.5.

 

Penyampaian Pelajaran Program Jalur

Pelajaran disampaikan dalam seminar atau kelas kecil jika dibandingkan dengan perkuliahan sarjana dan pascasarjana. Biasanya kelas seluruhnya terdiri dari mahasiswa internasional. Kerja kelompok sering diadakan di kelas dengan tujuan memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk mempraktekkan Bahasa Inggris mereka dengan rekan-rekan sekelas, sekaligus mendekatkan hubungan satu sama lain.  

 

Saran dari Universitas

Setelah menerima formulir pendaftaran dan dokumen-dokumen pendukung (misalnya transkrip nilai, hasil ujian IELTS atau TOEFL, dan dokumen lain yang diminta), universitas akan menentukan apakah pendaftar memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh universitas.

 

Jika seandainya pendaftar belum memenuhi persyaratan, universitas akan menyarankan program jalur atau pathway yang tepat bagi pendaftar. 

 

Universitas popular lainnya yang menawarkan program Foundation:

1. Bellerbys College Inggris

2. Leeds International Study Centre

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS