Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

4 Tips Agar Sukses Diterima di Program MBA di Luar Negeri

4544

Gelar MBA adalah gelar bergengsi yang diterima secara luas di dunia. Kompetisi untuk diterima di universitas atau sekolah bisnis yang menawarkan gelar MBA sangat ketat. Bila Anda berniat mengambil kuliah MBA di luar negeri, apa saja yang harus dilakukan dan dihindari agar Anda diterima?

1. Beri bukti, bukan janji

Saat menjalani tes interview, berikan contoh spesifik dari kualitas pribadi atau pengalaman yang sedang Anda jelaskan. Misalnya: Anda menyebutkan kemampuan memimpin (leadership) sebagai salah satu kelebihan Anda. Bagi karakter ini dalam beberapa contoh spesifik dari pengalaman Anda sendiri, seperti kemampuan memotivasi anggota tim dan sanggup berpikir kreatif saat menghadapi masalah.

Ketahui dengan jelas kelebihan dan latar belakang Anda yang dapat membuat Anda tampil sebagai kandidat yang pantas diterima. Ada baiknya Anda berlatih menjelaskan apa yang sudah ditulis dalam surat lamaran agar lebih siap menghadapi tes ini. Dan yang paling penting, jadi diri sendiri dan jangan berbohong untuk memberikan kesan kalau Anda pantas diterima. Tim seleksi penerimaan akan mengetahui hal ini dan pasti lamaran Anda akan ditolak.

2. Gali informasi mengenai universitas tujuan

Anda harus yakin dan paham mengapa unviersitas tujuan Anda adalah pilihan yang paling tepat untuk melanjutkan pendidikan dan mendapatkan gelar MBA. Pengenalan dan pemahaman mengenai universitas tujuan ini sangat penting. Tim seleksi penerimaan umumnya ingin tahu alasan Anda memilih kampus tersebut secara spesifik.

Oleh karenanya Anda sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan mengenai kampus tersebut dan menuliskan pemahaman Anda sebaik-baiknya. Semakin banyak informasi yang Anda ketahui maka akan semakin baik. Nyatakan juga apa saja program yang tersedia yang dapat bermanfaat bagi Anda atau kegiatan ekstrakurikuler yang ingin Anda ikuti.

3. Surat rekomendasi yang ‘menjual’

Siapa yang Anda pilih untuk menulis surat rekomendasi dan apa yang mereka tulis berpengaruh besar dalam penerimaan Anda. Surat rekomendasi ini akan melengkapi informasi mengenai siapa diri Anda dan pantaskah Anda diterima di kampus yang dituju. Jelaskan dengan gamblang pada penulis surat rekomendasi yang sudah Anda pilih (bekas dosen atau atasan di tempat kerja) apa yang Anda inginkan. Minta mereka menggambarkan dengan jelas kelebihan-kelebihan yang Anda miliki.

4. Penulisan yang benar

Cek kembali surat permohonan Anda, bila perlu minta teman Anda untuk membacanya untuk melihat kesalahan dalam penulisan atau mungkin ada pertanyaan yang Anda salah menjawabnya. Sebaiknya jangan menggunakan surat permohonan yang sama untuk kampus yang berbeda karena biasanya setiap kampus memiliki kualifikasi yang berbeda-beda.

Semoga berhasil!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Coba lihat...