Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Proses Pendaftaran Ke Universitas Luar Negeri

23505

Proses pendaftaran kuliah di universitas luar negeri membutuhkan banyak waktu dan persiapan sebelumnya. Tentunya, kamu ingin berusaha semaksimal mungkin agar dapat diterima di universitas impian kamu. Namun, berhasil diterima di universitas yang baik bukanlah hal yang mudah. Langkah-langkah berikut dapat membantu kamu agar berhasil meraih cita-cita kuliah di luar negeri.  

  • Perhatikan deadline pendaftaran dan deadline pengiriman dokumen berhubungan.
  • Persiapan intensif sebelum kamu lulus SMA. Apabila kamu sudah mempunyai target universitas spesifik jauh sebelum menerima ijazah lulus sekolah, kamu akan mempunyai kesempatan untuk mencapai nilai-nilai yang dibutuhkan. Buatlah planning dari jauh-jauh hari agar kamu dapat mempersiapkan resume yang terbaik.
  • Apabila nilai sekolah kamu kurang baik, kamu dapat menonjolkan prestasi dalam bentuk lain untuk membuat kamu berkesan diantara para kandidat lainnya. Misalnya, kamu dapat mencantumkan pengalaman kerja atau magang di bidang yang akan kamu pelajari di kuliah nanti—hal ini menunjukkan inisiatif yang tinggi.
  • Mencamtukan kegiatan ekstrakurikuler—kegiatan olahraga, seni, hobi-hobi menarik serta prestasi lainnya juga dicari oleh universitas. Aktifitas yang beragam mampu menunjukkan kemampuan kamu sebagai seseorang yang well-rounded.
  • Menulis personal statement atau statement of purpose yang baik merupakan salah satu langkah terpenting dalam proses pendaftaran. Sisakan waktu yang banyak untuk menulis personal statement yang menampilkan alasan kamu tertarik kuliah di jurusan spesifik di universitas tersebut. Kamu dapat membaca tips khusus tentang menulis personal statement.
  • Hal yang sering diminta oleh universitas adalah surat rekomendasi dari orang yang berkualifikasi, umumnya ditulis oleh guru sekolah atau guidance counsellor. Carilah orang yang mengenal kemampuan akademik serta karakter kamu sebagai seorang pelajar. Surat rekomendasi yang baik mampu menunjukkan sisi lain dari kamu yang tidak terlihat di resume kamu.
  • Mempersiapkan nilai tes kemampuan Bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS serta tes lainnya seperti SAT , GRE dan GMAT. Setiap universitas memiliki standar permintaan nilai yang berbeda. Apabila kamu kurang puas dengan nilai tes kamu, kamu dapat mengambil tes ulang pada jadwal berikutnya. Maka dari itu, jangan menunggu sampai saat-saat terakhir untuk mengambil tes, agar kamu mempunyai waktu cukup apabila kamu ingin mengambil tes ulang. Untuk hasil yang paling maksimal, kamu dapat mengikuti kursus persiapan tes atau belajar secara otodidak menggunakan contoh soal dari situs internet dan buku-buku panduan.
  • Seterusnya, kamu dapat berbicara dengan mahasiswa atau alumni universitas yang kamu minati, atau teman-teman dan anggota keluarga kamu yang pernah kuliah di luar negeri. Hal ini dapat memberi kamu ide tentang hal-hal yang dicari oleh universitas luar negeri. Carilah informasi sebanyak mungkin agar kamu dapat mempersiapkan aplikasi kamu dengan baik.

Persiapan proses pendaftaran kuliah memang banyak, namun apabila kamu tetap fokus terhadap ambisimu untuk kuliah di luar negeri, kamu pasti akan mendapatkan pengalaman kuliah yang kamu impikan. Good luck!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC