Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

PROSES PENDAFTARAN KULIAH TINGKAT SARJANA DI LUAR NEGERI

929

Kuliah ke luar negeri merupakan pengalaman yang menakjubkan. Bagi Anda yang baru memasuki umur 18 tahun, kuliah ke luar negeri merupakan salah satu proses menuju kedewasaan dimana Anda akan menghabiskan waktu selama tiga tahun atau lebih di negara lain jauh dari keluarga Anda.

Setelah menentukan jurusan dan universitas pilihan Anda, serta memastikan bahwa Anda bisa memenuhi semua persyaratan masuk yang diminta oleh universitas tersebut, maka sekarang saatnya memulai pendaftaran.

Perlu Anda ingat, ada banyak sekali calon mahasiswa yang mendaftar untuk kuliah, terutama jika Anda memilih jurusan atau universitas yang populer. Pihak penerimaan mahasiswa di universitas akan menerima begitu banyak pendaftaran. Biasanya universitas juga memberlakukan kuota bagi tiap jurusan. Jadi bagaimana caranya supaya aplikasi pendaftaraan Anda bisa terlihat lebih menonjol dari kandidat lain dan kemudian diterima oleh universitas?

Tentu saja Anda perlu menulis personal statement yang mengesankan. Hotcourses menyediakan beberapa artikel mengenai tips dan trik untuk membuat personal statement yang menarik perhatian universitas. Anda bisa membaca artikel-artikel tersebut disini.

Setelah Anda siap dengan personal statement Anda, Anda bisa mulai mengirimkan aplikasi pendaftaran Anda ke universitas. Anda bisa mengirimkannya secara langsung, atau memanfaatkan i-Apply service Hotcourses, jika Anda ingin mendaftar ke lebih dari satu institusi. I-Apply juga memungkinkan Anda untuk memeriksa status aplikasi Anda. Tim kami akan membantu Anda untuk mengikuti kemajuan pendaftaran Anda.

Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan beserta formulir pendaftaran:

  • Transkrip nilai dari pendidikan terakhir
  • Sertifikat kelancaran berbahasa Inggris (misalnya IELTS atau TOEFL)
  • Paspor yang masih berlaku
  • Akte lahir
  • Pasfoto ukuran paspor
  • Bukti Anda bisa melunasi biaya kuliah (misalnya surat pernyataan bank, atau Anda memiliki beasiswa, atau ada pihak lain yang bisa menanggung biaya kuliah Anda).

 

Dokumen-dokumen tersebut dikirimkan secara online beserta formulir pendaftaran Anda. Semua dokumen tersebut harus diterjemahkan dan dilegalisir.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS