Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

SIAPA YANG DAPAT DIMINTA UNTUK MENULISKAN SURAT REFERENSI?

6806

Baik untuk mendaftar ke universitas atau melamar kerja, surat referensi adalah salah satu faktor utama yang menentukan. Selain mengenal Anda melalui tulisan Anda di formulir pendaftaran atau CV, surat referensi adalah media penting bagi universitas atau pemberi kerja untuk mengenal Anda lebih lanjut, dan menentukan apakah Anda layak diterima.

 

Oleh karena itu, hanya orang-orang tertentu yang dapat diminta untuk menulis surat referensi. Penulis surat referensi disebut sebagai referee.

 

PERSYARATAN YANG DIMINTA

Beberapa universitas dan perusahaan menentukan kriteria mengenai surat referensi, misalnya:

  • Referee haruslah telah mengenal Anda selama paling sedikit 2 tahun
  • Referee haruslah merupakan seseorang yang memiliki hubungan profesional atau akademis dengan Anda
  • Referee haruslah seorang dengan profesionalisme tertentu, misalnya dokter atau polisi
  • Referee haruslah merupakan warganegara di negara asal Anda

 

SIAPA YANG BISA DIMINTA UNTUK MENJADI REFEREE?

Berikut ini ada beberapa contoh tokoh yang bisa Anda pertimbangkan untuk dijadikan referee:

Kepala sekolah, guru, pembimbing dari pendidikan sebelumnya

Mereka adalah pilihan yang baik untuk menuliskan surat referensi mengenai perfoma akademis Anda, karena mereka dapat memberikan penjelasan tentang prestasi dan sikap Anda semasa mengikuti pelajaran.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah: jika Anda ingin mendaftar ke jurusan Teater, mintalah guru atau pembimbing yang mengajar di bidang yang relevan (misalnya seni, vokal) dan bukannya guru dari bidang yang tidak berhubungan sama sekali seperti  Bisnis.

 

Dokter/Perawat/Profesional Medis

Profesi medis sangat dipandang tinggi dan dihormati di luar negeri. Jadi dokter keluarga, yang menangani Anda dari kecil juga dapat diminta sebagai referee, terutama jika kondisi kesehatan Anda mempengaruhi performa akademis Anda.

 

Polisi/Otoritas Lokal

Sama halnya dengan profesi medis, otoritas lokal juga sangat dihormati di luar negeri. Jika Anda pernah melalukan sesuatu yang bermakna bagi komunitas lokal, atau mendapatkan penghargaan yang berhubung dengan kontribusi Anda terhadap masyarakat sekitar dan otoritas lokal Anda mengetahuinya, Anda dapat meminta tolong dari mereka untuk menuliskan surat referensi bagi Anda.

 

Anggota kelompok komunitas

Apakah Anda adalah salah satu anggota dari kelompok komunitas lokal, atau perkumpulan sosial, dan pernah berpartisipasi dalam pekerjaan sukarela atau di komunitas relgius? Jika Anda adalah anggota yang aktif dan kelompok Anda mengenal Anda dengan baik, maka Anda dapat meminta salah satu dari mereka untuk menuliskan surat referensi.

Mintalah mereka untuk menjelaskan secara singkat mengenai kegiatan kelompok, dan peran Anda di dalamnya.

 

Pemberi kerja sebelumnya

Jika Anda pernah bekerja sebelum memasuki universitas, Anda dapat meminta majikan Anda untuk menuliskan surat referensi. Mereka dapat menggambarkan keahlian yang Anda tunjukkan di tempat kerja, misalnya etika kerja, tanggung jawab, kemampuan untuk bekerja sama dengan orang dan lain sebagainya.

 

Kesimpulannya, surat referensi haruslah menunjukkan kualitas akademis dan kepribadian Anda. Pada saat mencari referee, pastikan Anda berhubungan dengan mereka dalam 2 tahun terakhir ini. Jika Anda mencari referee yang tidak terlalu mengenal Anda, bisa saja mereka bingung harus menuliskan apa, dan hanya menuliskan surat yang memberikan gambaran yang terlalu umum.

Selain itu carilah referee dari bidang yang relevan dengan jurusan yang ingin Anda daftar, karena jika referee menggambarkan keahlian yang tidak berhubungan dengan jurusan Anda, maka surat tersebut tidak akan membantu memberikan Anda nilai plus.

Menulis surat referensi sesungguhnya bukanlah hal yang sulit jika Anda mengetaui tentag tujuan surat tersebut. Kenali surat referensi lebih baik di artikel kami: Surat Referensi: Hal Yang Perlu Diperhatikan

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS