Informasi penting
KULIAH DI LUAR NEGERI : Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Struktur tes IELTS

1426
IELTS (International English Language Testing System) merupakan tes kelancaran berbahasa Inggris yang seringkali diminta sebagai persyaratan masuk menuju universitas-universitas di luar negeri, terutama universitas-universitas yang berbasis Inggris dan Australia, begitu juga dengan berbagai universitas-universitas di negara Eropa lainnya.
 
Tes IELTS memiliki dua modul: Academic dan General Training. Academic diperuntukkan bagi yang ingin mengikuti perkuliahan ke luar negeri, sedangkan General Training diperuntukkan bagi yang ingin bermigrasi atau mengikuti pelatihan informal ke luar negeri.
 
Tidak ada batas untuk mengambil Tes IELTS. Jika Anda tidak puas dengan hasil tes Anda, Anda bisa mengambil tes berkali-kali hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda.
 
Tes IELTS menguji kemampuan berbahasa Inggris secara keseluruhan. Tes IELTS mencakup 4 komponen, yaitu: Listening, Reading, Writing dan Speaking.
 
Listening
 
Bagian Listening berdurasi 40 menit, dan terdiri dari 40 soal. Percakapan hanya akan diputar satu kali. Topik-topik percakapan dibagi menjadi 4 bagian: percakapan sehari-hari, percakapan antara 2 hingga 4 orang, monolog sehari-hari dan monolog akademis.
 
Reading
 
Bagian Reading berdurasi 60 menit dan terdiri dari 40 soal. Bagian reading terbagi menjadi tiga bagian. Masing-masing bagian merupakan bacaan panjang dengan topik-topik akademis tertentu, seperti sejarah, sosial dan lain-lain. Pertanyaan selain seputar bacaan juga bisa berhubungan dengan diagram, ilustrasi atau grafik yang tertera dalam bacaan.
 
Writing
 
Bagian Writing berdurasi 60 menit dan terdiri dari 2 soal. Soal pertama akan meminta Anda untuk menjelaskan grafik, tabel atau diagram dengan kata-kata sendiri (minimal 150 kata). Anda bisa saja diminta untuk menjelaskan grafik, misalnya membandingkan penjualan produk tertentu dari bulan ke bulan, atau menjelaskan cara penggunaan suatu produk sesuai dengan gambar yang diberikan.
 
Soal kedua akan meminta Anda untuk menuliskan essai sepanjang paling sedikit 250 kata berdasarkan topik yang diberikan. Anda perlu mengemukakan argumen Anda dengan jelas dan disertai dengan contoh-contoh yang mendukung argumen Anda.
 
Untuk bagian writing, gaya penulisan yang diminta adalah gaya penulisan formal. Penggunaan struktur bahasa yang tepat, kejelasan dan ketegasan dalam menyampaikan gagasan akan dinilai.
 
Speaking
 
Tes speaking akan dilakukan terpisah. Bisa juga tidak diadakan di hari yang bersamaan dengan tes tertulis (listening, reading, writing). Tes speaking ini biasanya berdurasi 10 hingga 15 menit.
 
Di bagian ini, Anda akan diuji langsung oleh native speaker. Isi wawancara akan direkam untuk penilaian.
 
Tes speaking terbagi menjadi 3 bagian yaitu: perkenalan, presentasi dan diskusi. Bagian perkenalan akan meminta Anda untuk memperkenalkan diri. Misalnya mengenai keluarga Anda, hobi, latar belakang pendidikan dan lain sebagainya.
 
Untuk bagian presentasi, peserta akan diberikan topik beserta hal-hal yang perlu dibahas, kemudian diberikan waktu 1 menit untuk menyiapkan presentasi. Peserta akan diberikan pensil dan kertas untuk membuat catatan. Lama presentasi adalah 1 hingga 2 menit, kemudian penguji akan mengajukan pertanyaan.

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS