Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips memilih jurusan yang tepat

9342

Jurusan pilihan Anda akan menentukan masa depan Anda. Oleh karena itu, kita harus memilih jurusan dengan seksama, dengan mempertimbangkan minat dan bakat kita, kriteria yang dibutuhkan untuk mendalami suatu jurusan, prospek kerja masa depan dan sebagainya. Untuk itu, diperlukan waktu cukup lama untuk mencari informasi-informasi mengenai jurusan, universitas dan destinasi kuliah.

Berikut ini adalah pengalaman langsung dari Maryam Sohail:

Saya memulai pencarian ini sekitar 18 bulan sebelum masa pendaftaran kuliah dimulai. Sebelum memulai mencari jurusan yang tepat bagi saya, saya bertanya kepada diri sendiri: Apakah yang menjadi minat saya? Apakah saya memiliki kualifikasi untuk bidang kuliah yang saya minati? Jika demikian, bagaimanakah prospek kerja bidang kuliah tersebut? Di bidang industri mana sajakah saya bisa menerapkan ilmu yang saya pelajari selama kuliah? Lingkungan belajar dan tempat tinggal apakah yang cocok bagi saya? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Saya berpindah dari A Level Ilmu Murni ke Manajemen Bisnis dengan mempertimbangkan ada lebih banyak kesempatan karir dalam bidang bisnis. Selain mempertimbangkan prospek kerja masa depan, perlu juga untuk menyesuaikan dengan minat kita sendiri, karena jurusan yang kita pilih akan menentukan lapangan kerja kita di masa depan. Untuk itu, saya meminta bantuan dari konselor karir. Mereka memberikan masukan yang sangat membantu, dengan memberikan pilihan bidang kuliah mana saja yang bisa saya tekuni, dengan menyesuaikan dengan minat saya. Berdasarkan masukan dari mereka, saya mulai mencari program kuliah yang ditawarkan oleh beberapa universitas yang saya minati, untuk melihat yang mana yang paling cocok dengan saya.

Ada beberapa hal yang penting untuk diketahui dalam memilih program kuliah. Misalnya Bachelors degree di Amerika biasanya membutuhkan 4 tahun, sedangkan di Australia dan Inggris hanya memerlukan waktu 3 tahun. Mengetahui durasi kuliah Anda akan membantu Anda dalam menghitung jumlah uang yang perlu Anda keluarkan untuk biaya kuliah dan biaya hidup. Bagi saya, Inggris merupakan pilihan yang tepat, karena gelar Bachelor hanya memerlukan waktu 3 tahun, dan saya bisa mengambil tambahan satu tahun untuk mengambil gelar Master.

Setelah memastikan pilihan jurusan, selanjutnya yang saya pertimbangkan adalah lokasi dan universitas. Apakah universitas tersebut memiliki reputasi yang bagus dalam bidang kuliah yang ingin saya tekuni, Apakah kota tersebut bisa memberikan saya kemudahan untuk mengakses berbagai bahan kajian untuk kuliah, Apakah saya ada rencana untuk menetap disana setelah kuliah? Jika Ada, apakah kota atau negara tersebut membutuhkan tenaga kerja dengan bidang kuliah yang saya tekuni? Hal-hal ini bersangkutan erat dengan pilihan jurusan, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pilihan jurusan akan mempengaruhi prospek kerja di masa depan.

Memang banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih jurusan. Mulai dari minat, bakat, kepribadian, hingga masalah keuangan. Sehingga dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk memulai pencarian informasi. Jadi ada baiknya kita mulai dari jauh-jauh hari sebelum kuliah. Meminta masukan dari guru, senior, konselor karir juga bisa sangat membantu.

 

Semoga Anda bisa menemukan jurusan yang tepat bagi Anda!

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS