Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips-Memilih-Universitas-yang-Tepat

3477

Kuliah ke luar negeri merupakan langkah yang besar dalam kehidupan seorang mahasiswa. Banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan, terutama pilihan jurusan dan universitas. Berikut ini adalah pengalaman Maryam Sohail dalam memulai langkah-langkah untuk kuliah:

 

Saya membutuhkan waktu lama untuk mencari informasi dari berbagai universitas. Selain itu saya juga meminta saran dan pendapat orang lain. Saya melakukan pendaftaran melalui UCAS, yang memungkinkan saya bisa mengakses database universitas secara langsung. Saya memulai pencarian jurusan melalui Hotcourses, yang menurut saya sangat membantu, karena Hotcourses menyediakan fasilitas untuk membanding-bandingkan beberapa universitas, berdasarkan ranking universitas dan lokasi. Begitu saya menentukan pilihan universitas, saya berkonsultasi lagi dengan konselor karir mengenai pilihan saya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa saya bagikan dengan Anda mengenai hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sebuah universitas:”  

 

Ijin Sponsor Universitas

Universitas yang Anda pilih haruslah universitas yang bisa menerima mahasiswa internasional, karena hal ini akan mempengaruhi visa pelajar Anda. Periksalah apakah universitas pilihan Anda bisa membantu Anda dalam mengurus visa pelajar dan seberapa jauh universitas Anda bisa membantu Anda dalam visa pelajar. Hal ini sangat penting karena pemerintah setempat mulai memperketat regulasi dalam memberika  ijin tinggal bagi mahasiswa internasional.

 

Lokasi

Lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Anda akan hidup di daerah tersebut untuk beberapa tahun kedepan, jadi lokasi bisa mempengaruhi gaya hidup sekaligus kepribadian Anda. Tinggal di luar negeri berarti Anda harus bisa fleksibel dan beradaptasi dengan lingkungan baru. Jadi carilah lingkungan hidup yang sesuai dengan karakter Anda. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan iklim, makanan, akomodasi, transportasi dan kebudayaan setempat.

 

Keuangan

Ingatlah bahwa keuangan tidak hanya tentang biaya kuliah, tetapi juga biaya hidup. Biaya hidup bervariasi antar tiap negara dan kota. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk kejadian tak terduga. Untuk mengatasi keterbatasan keuangan, Anda selalu dapat mencari beasiswa yang bisa Anda peroleh, atau bekerja paruh waktu.

 

Ranking Universitas

Ranking universitas memberikan Anda gambaran umum mengenai kualitas universitas tersebut. Hal ini juga akan mempengaruhi prospek kerja Anda setelah lulus nanti. Semakin tinggi peringkat universitas tersebut, semakin perusahaan akan yakin dengan kualitas Anda. Akan tetapi, universitas-universitas dengan peringkat tinggi juga menetapkan syarat masuk yang lebih tinggi pula.

 

Prospek Karir

Mayoritas universitas menyediakan data statistik mengenai tingkat kesuksesan alumni mereka dalam memperoleh pekerjaan. Data ini sangat berguna bagi Anda. Data ini menunjukkan seberapa universitas tersebut diakui oleh dunia kerja. Anda perlu mengakses data ini sebagai masukan untuk mempertimbangkan universitas pilihan Anda.

 

Akomodasi

Biasanya disediakan banyak pilihan akomodasi, baik asrama dalam kampus, apartemen dimana Anda harus tinggal bersama orang lain, flat, rumah dan lain sebagainya. Dalam hal ini, tentunya Anda harus menyesuaikan dengan keuangan dan karakter Anda. Apakah Anda merasa lebih nyaman tinggal sendiri, atau Anda tidak masalah berbagi dengan rekan lain. 

 

Fasilitas dan Tenaga Pengajar

Anda bisa menilai kualitas dari tenaga pengajar sebuah universitas dari penelitian yang dilakukan, kualifikasi dan publikasi serta pengalaman mengajar. Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan terutama jika Anda memilih program master penelitian, dimana Anda mungkin akan membutuhkan panduan dari dosen dengan pengalaman yang relevan dengan bidang kuliah Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan fasilitas yang ada, seperti laboratorium, perpustakaan, departemen pendukung yang Anda, apakah mereka bisa membantu dan memberikan dukungan perkuliahan yang Anda butuhkan.

 

Kampus

Biasanya tiap universitas memiliki komunitas dan atmosfir yang unik. Dalam hal ini Anda perlu menyesuaikan dengan karakter Anda. Jika Anda merupakan seseorang yang menyenangi aktifitas, Anda bisa mencari universitas yang banyak menyediakan kegiatan sosial, perkumpulan mahasiswa yang aktif, dan fasilitas lain yang bisa menunjang kehidupan sosial Anda. Selain fasilitas yang bersifat akademis, kebanyakan universitas juga menyediakan fasilitas untuk rekreasi dan hiburan, misalnya gimnasium, kolam renang, taman dan lain-lain.

 

Ulasan Mahasiswa

Ulasan mahasiswa merupakan masukan yang sangat berharga. Ulasan-ulasan tersebut biasaya akan memberikan gambaran tentang komunitas universitas, kualitas pengajaran, dan hal-hal lain yang mungkin belum terpikirkan oleh Anda. Jadi ada baiknya Anda mengunjungi situs universitas yang Anda minati dan membaca ulasan-ulasan mahasiswa disana.

 

Open Day

Begitu Anda memiliki beberapa pilihan universitas yang Anda minati, Anda bisa menghadiri acara open day yang diadakan universitas-universitas tersebut. Dengan begitu, Anda bisa merasakan langsung suasana universitas tersebut, mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada, dan bahkan meminta pendapat dari para mahasiswa-mahasiswa yang sedang kuliah disana. 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS