Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

TIPS MENJAWAB WAWANCARA VIA TELEPON

2002

MERASA DEG-DEGAN MENGHADAPI WAWANCARA VIA TELEPON? SEMOGA TIPS-TIPS KAMI BISA MEMBANTU ANDA...

Jika mendaftar kuliah ke luar negeri, wawancara seringkali menjadi bagian yang penting dalam menentukan apakah Anda diterima universitas atau tidak. Biasanya wawancara diadakan via telepon,  ataupun video call (skype).

 

Wawancara via Telepon: Yang perlu dipersiapkan...

Pastikan jadwalnya – Jika pihak universitas menyampaikan akan mengadakan wawancara via telepon, pastikan Anda menanyakan jamnya dengan jelas, dan jangan lupa mencocokkan dengan jam Indonesia.

Pastikan handphone Anda aktif – Pastikan hp Anda tidak low-bat, dan Anda berada di tempat dengan sinyal yang bagus. Jika Anda tidak dapat dijangkau pada waktu yang ditentukan, Anda bisa saja mendapat penilaian negatif.

Pilihlah tempat yang nyaman – Pilihlah tempat dimana Anda dapat tenang untuk berbicara dan dapat mendengar pembicaraan dengan jelas. Ada baikknya Anda memberi tahu orang yang tinggal bersama dengan Anda mengenai jadwal wawancara Anda, sehingga dapat menghindari gangguan yang tidak terduga. .

Memberi sapaan yang tepat – Sebelum menyapa, tunggulah pihak penelepon memperkenalkan diri mereka, kemudian menyapa mereka sesuai dengan nama yang disebutkan. Setelah selesai wawancara, ucapkan terima kasih atas waktu mereka.

Fokus pada wawancara – walau melalui telepon mereka tidak dapat melihat Anda, tidak berarti Anda boleh sambil menerima telepon wawancara, sambil melakukan hal yang lain. Fokuslah pada wawancara tersebut supaya pihak universitas dapat merasakan keseriusan Anda untuk ingin berkuliah di universitas tersebut.

Menyediakan catatan – sebelumnya mungkin Anda telah mencari info mengenai pertanyaan apa saja yang kira-kira akan ditanyakan pada saat wawancara. Ada baiknya Anda menuliskannya di secarik kertas, untuk berjaga-jaga sekiranya Anda panik pada saat wawancara dan lupa dengan jawaban Anda. Akan tetapi pastikan untuk tetap tenang dan jangan terdengar seperti membaca langsung dari kertas. 

 

Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS