Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips untuk berangkat kuliah

586

Setelah mengurus pendaftaran, diterima di universitas, mendapatkan visa pelajar dan mengepak barang bawaan, sekarang saatnya untuk bersiap-siap mendatangi destinasi kuliah Anda. 

 

Berpergian tentu saja menyenangkan, akan tetapi jika Anda berpergian sendiri, ada beberapa hal yang perlu Anda waspadai. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu berpergian:

 

Pelajarilah Prosedurnya

Sebelum memulai perjalanan Anda, pelajarilah dahulu mengenai prosedur perjalanan, seperti regulasi penerbangan, peraturan check in, apa saja yang tidak boleh dibawa ke atas pesawat, prosedur melewati imigrasi, dokumen apa saja yang harus ditunjukkan, hal apa saja yang harus dijelaskan dan lain-lain. Peraturan tiap negara bisa saja berbeda-beda. Untuk mengetahui hal ini dengan lebih jelas, Anda bisa meminta bantuan dari universitas Anda, ataupun agen perjalanan Anda. Anda juga bisa mencari informasi dari internet. Tetapi setelah itu, tetaplah konfirmasikan kebenaran informasi yang Anda temukan di internet dengan bertanya kepada orang atau badan yang bisa dipercaya.

 

Periksalah Dokumen Perjalanan Anda

Pertama-tama pastikan dokumen perjalanan Anda sudah lengkap dan benar (misalnya paspor, visa pelajar, surat penerimaan dari universitas, dan-lain-lain). Dokumen yang diminta di imigrasi bisa saja berbeda di tiap negara. Sebelum itu, carilah informasi yang lengkap mengenai dokumen apa saja yang diminta oleh imigrasi negara tujuan anda. Kemudian, pastikan Anda membawa dokumen-dokumen tersebut di tas bawaan Anda, bukan dalam bagasi. Karena Anda perlu melewati imigrasi terlebih dahulu sebelum bisa mengambil bagasi. Simpanlah dokumen-dokumen tersebut dengan rapi, misalnya dalam folder dan jagalah dengan baik.

 

Bawalah Uang Tunai

Selama berpergian, akan susah untuk mengakses ATM atau bank, jadi bawalah uang tunai untuk kebutuhan selama perjalanan hingga Anda tiba di tempat tujuan dan bisa mengakses sumber keuangan Anda (misalnya bank). Anda membutuhkan uang misalnya untuk menelpon keluarga Anda semasa transit, uang transportasi, membeli kartu telepon, makan dan lain-lain.

 

Jaga Barang Bawaan Anda dengan Baik

Kehilangan barang bawaan akan sangat menyusahkan, terutama jika dokumen-dokumen penting dan gadget Anda ada didalamnya. Oleh karena itu, jangan bawa bawaan terlalu banyak. Bawalah tas tangan atau ransel dengan isi yang penting saja. Ini akan memudahkan Anda sewaktu pergi ke toilet dan menjaga bawaan Anda sewaktu tidur di airport ( misalnya waktu transit). Sebaiknya hindari untuk menitipkan barang bawaan Anda kepada orang lain.

 

Mintalah Bantuan Jika Perlu

Berpergian sendiri untuk pertama kalinya bisa saja membingungkan. Walaupun Anda telah mencari informasi selengkap mungkin sebelumnya, Anda mungkin saja masih memiliki keraguan tentang berbagai hal semasa berpergian. Jika terjadi hal yang demikian, jangan takut untuk bertanya. Anda bisa bertanya  kepada sekuriti, atau kaunter informasi untuk mengklarifikasikan pertanyaan Anda. Anda juga bisa bertanya pada orang sekitar, tapi bisa saja mereka juga orang asing seperti Anda. Jadi tetap lebih aman untuk bertanya kepada sekuriti atau petugas lain di bandara.

 

Mencari Transportasi

Begitu tiba di airport dan melewati imigrasi tidak berarti perjalanan Anda sudah berakhir. Anda masih perlu mencapai tempat tingal Anda. Beberapa universitas menyediakan pelayanan jemputan di bandara. Jika ternyata tidak ada, bawalah salinan alamat dengan lengkap untuk ditunjukkan kepada supir taksi, atau supir bis. Jangan lupa untuk menyalin komor telepon yang bisa Anda hubungi, misalnya universitas, atau pemilik apartemen yang telah Anda sewa. Hindari hanya menyimpan alamat dan nomor telepon dalam gadget Anda, untuk berjaga-jaga jika gadget Anda kehabisan baterai, atau keadaan tak terduga lainnya. Tetaplah membawa salinan alamat dan nomor telepon penting dalam kertas atau notes Anda.

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS