Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips Untuk Tes TOEFL: Speaking

8784

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah tes yang menguji kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Universitas di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat, meminta hasil TOEFL pada saat kamu mendaftar, untuk memastikan bahwa kamu mempunyai kemampuan bahasa inggris yang cukup untuk dapat mengikuti semua pelajaran selama kuliah dengan baik.

TOEFL Internet-Based test terdiri dari empat bagian, yakni listening, reading, writing dan speaking, yang masing-masing berbobot 30 poin, dengan nilai maksimum secara keseluruhan sebanyak 120 poin. Baca lebih lanjut untuk penjelasan dan tips-tips mengenai bagian speaking dari tes TOEFL yang menguji kemampuanmu dalam berbicara bahasa inggris.

Bagian ini akan menguji kelancaran berbahasa inggris kamu, dan terdiri dari 6 buah pertanyaan. Jawaban kamu akan direkam oleh komputer yang disediakan dan nilai yang kamu raih akan berkontribusi kepada nilai akhir TOEFL kamu. Enam pertanyaan ini akan kamu jawab dalam jangka waktu 20 menit saja. Setelah membaca setiap pertanyaan, kamu dapat berpikir sejenak untuk menyusun jawaban kamu sebelum mulai berbicara.

 

Pertanyaan 1 dan 2 akan bersifat cukup general. Topik-topik pertanyaan yang akan kamu dapat di bagian ini adalah topik yang umum. Kamu dapat mempersiapkan jawaban kamu selama 15 detik, lalu berbicara selama 45 detik. Contoh pertanyaan yang sering dijumpai di bagian ini adalah

Talk about a pleasant and memorable event that happened while you were in school. Explain why this event brings back fond memories.

Some people think it is more fun to spend time with friends in restaurants or cafés. Others think it is more fun to spend time with friends at home. Which do you think is better? Explain why.

Sumber: Situs ETS

Pertanyaan ke-3 dan ke-4 dalam speaking test TOEFL adalah pertanyaan yang berdasarkan teks bacaan pendek yang akan diberikan. Sebaiknya, tulislah informasi dan poin-poin penting dalam teks tersebut agar kamu tidak lupa untuk memasukkannya ke jawaban kamu. Setelah itu, dengarkanlah pertanyaan dengan baik-baik sebelum menjawabnya.

Contoh pertanyaan dalam bagian ini dapat kamu baca di situs ETS dan EnglishClub. Cara belajar yang efektif adalah untuk mendengarkan contoh jawaban di situs online seperti ini. Selain mendapatkan ide tentang cara menyusun struktur jawaban, kamu juga bisa mendengarkan cara berbicara mereka dan mengikuti contoh yang baik untuk memperbaiki cara pengucapan kata-kata tertentu.

Dua pertanyaan terakhir akan menguji kemampuan mendengarmu juga.

Pada pertanyaan nomer 5, kamu akan mendengarkan sebuah percakapan antara dua orang. Setelah itu, kamu akan diberi pertanyaan tentang isi perbincangan yang telah kamu dengarkan. Kamu akan mendapatkan 20 detik untuk mempersiapkan jawaban kamu, yang akan berlangsung selama 60 detik. Pada pertanyaan terakhir, kamu akan mendengarkan bagian dari sebuah  lecture atau ceramah professor. Setelah itu, kamu akan diberi pertanyaan yang mencakup poin-poin penting dari apa yang telah kamu dengar, dan jawaban kamu akan berlangsung selama 60 detik.

Contoh pertanyaan dapat kamu akses dari situs ToeflSpeakingNetwork. (Pertanyaan nomer 5 dan pertanyaan nomer 6)

 

TIPS

-          Perhatikan kecepatan berbicaramu. Terutama saat tegang, kita cenderung berbicara terlalu cepat dan kata-kata yang terucap tidak dapat terdengar dengan jelas. Ingat bahwa penilai tes TOEFL kamu akan mendengar kamu dari rekaman saja, jangan sampai mereka melewatkan poin-poin penting yang kamu utarakan.

-          Perhatikan volume suara kamu. Jawaban kamu akan direkam oleh komputer, maka dari itu perhatikanlah kekerasan suara kamu agar dapat terdengar dengan baik oleh penilai tes.

-          Gunakan waktu persiapan yang singkat dengan cerdas. Tulislah argumen penting yang akan kamu bicarakan agar kamu tidak melupakan poin apapun, namun jangan menulis jawaban penuh kata demi kata, karena kamu tidak akan mempunyai waktu cukup untuk menyusun seluruh jawaban kamu. Penilai juga dapat membedakan apabila kamu membaca tulisan atau benar-benar berbicara dengan nyaman.

-          Struktur jawaban yang jelas. Kamu tidak perlu membuka dan menyimpulkan jawaban kamu dengan introduction dan conclusion layaknya sebuah esai, tapi struktur jawaban yang kamu beri harus sederhana dan jelas. Pilihlah informasi yang terfokus, yang benar-benar menjawab pertanyaan kamu straight to the point.

-          Kembangkanlah kebiasaan dalam berbicara inggris. Memang, bahasa inggris bukanlah bahasa kandung kita, namun apabila kamu membiasakan diri untuk berpikir dan berbicara dalam bahasa inggris, hal ini akan memudahkan kamu saat tes dan mempercepat proses penyusunan jawaban kamu.

-          Kembangkanlah kosa kata bahasa inggrismu. Pelajarilah beberapa kata baru setiap hari untuk memperluas pengetahuan kamu tentang kata-kata kompleks dalam bahasa inggris yang dapat kamu gunakan.

-          Latihan. Kamu dapat meminta bantuan teman, keluarga atau guru kamu untuk mendengarkan jawaban soal latihan dan menanyakan pendapat mereka tentang kelancaran bahasa inggris kamu. Kamu juga dapat mendengarkan contoh jawaban orang lain dari CD dan program latihan TOEFL, les persiapan TOEFL dan situs-situs online yang menawarkan contoh soal tes.

-          Koreksi dan evaluasi. Rekamlah jawaban kamu saat mengerjakan soal latihan, dan dengarkanlah kembali. Catatlah hal-hal yang dapat kamu perbaiki agar kamu dapat mengingatnya pada saat tes.

 

Contoh-contoh soal speaking tes TOEFL dapat kamu temukan di situs-situs berikut:

-          Toefl Speaking Network

-          Jason Renshaw

-          English Club

-          Edu Council

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC