Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips untuk Tes TOEFL: Writing

6634

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah tes kemampuan berbahasa Inggris yang diperlukan dalam proses mengajukan pendaftaran kepada universitas di luar negeri. Lembaga pendidikan di luar negeri, khususnya di Amerika Serikat, meminta hasil TOEFL dari semua mahasiswa prospektif agar dapat memastikan bahwa siswa tersebut mampu mengikuti pelajaran di universitas dengan baik.

TOEFL Internet-Based test terdiri dari empat bagian, yakni listening, reading, writing dan speaking, yang masing-masing berbobot 30 poin, dengan nilai maksimum secara keseluruhan sebanyak 120 poin. Baca lebih lanjut untuk penjelasan dan tips-tips mengenai bagian menulis dari tes TOEFL untuk mendapatkan nilai maksimal!

WRITING

Kemampuan kamu dalam merangkai tulisan akademik dalam baasa inggris akan diuji melalui dua buah esai yang harus ditulis dalam 50 menit. Semua tulisan dalam bagian ini akan diketik di komputer.

Esai pertama merupakan gabungan ujian kemampuan membaca, mendengar dan menulis. Kamu akan diberi waktu 3 menit untuk membaca sebuah teks (sekitar 250 jumlah kata) mengenai topik yang telah ditentukan. Dalam waktu ini, kamu akan diperbolehkan untuk mencatat semua poin penting dari bacaan tersebut. Setelah itu, kamu akan mendengarkan seseorang berbicara tentang topik yang sama. Lalu, kamu akan diberi waktu 20 menit untuk menulis sebuah rangkuman dan penjelasan tentang topik tersebut sebanyak 150-225 kata. Harap diingat untuk tidak menulis terlalu banyak dari jumlah kata yang dianjurkan, karena tes ini juga menguji kemampuan kamu dalam merangkum informasi.

Esai kedua akan meminta kamu untuk menulis opini kamu terhadap sebuah topik yang telah ditentukan dalam sekitar 300-350 jumlah kata. Esai independen ini menguji kemampuan kamu dalam merangkai argumen dalam bahasa inggris. Jenis pertanyaan yang akan diberi akan bersifat seperti ini: “Do you agree or disagree with the following statement? Use reason and specific details to support your answer” dan “Some people believe X. Other people believe Y. Which of these two positions do you prefer/agree with? Give reasons and specific details” (Sumber: Situs ETS) Kamu akan diberi waktu selama 30 menit untuk menyelesaikan esai kedua.

Tips:

  • Waktu yang diberikan sangat pendek. Maka dari itu, bagilah waktu kamu dengan baik dan sisakan waktu di awal untuk membuat planning akan poin-poin yang akan kamu tulis.
  • Bacalah pertanyaan dengan seksama sebelum memulai apa-apa, agar kamu dapat menulis esai yang benar-benar menjawab apa yang dicari oleh pertanyaan tersebut.
  • Buatlah struktur esai yang jelas, dari paragraf pembukaan, isi esai, dan kesimpulan. Setiap paragraf harus terfokus kepada satu poin saja, dan jangan lupa untuk menulis general statement dari seluruh esai kamu di bagian awal dan kesimpulan esai.
  • Buatlah catatan yang baik selama kamu membaca teks dan mendengarkan informasi untuk esai pertama. Sebaik apapun kemampuan menulismu, kamu hanya bisa menghasilkan esai yang baik apabila konten informasi yang kamu masukkan relevan.
  • Cobalah untuk menggunakan kosa kata yang variatif untuk menunjukkan kemampuan dan pengetahuan ekstensif kamu dalam bahasa inggris.
  • Sisakanlah waktu di akhir tes untuk mengecek ulang esai kamu untuk kesalahaan ejaan dan penggunaan kata.
  • Gunakanlah kata transisi agar esai kamu dapat dibaca dengan mudah.
  • Untuk esai kedua, jangan lupa untuk memberi opini pribadi kamu terhadap topik yang telah ditentukan. Setelah membandingkan berbagai sudut pandang, kamu juga harus membuat kesimpulan tentang pendapat kamu sendiri.
  • Masukkan contoh-contoh praktis dan spesifik dalam esai kamu untuk mendukung argument yang kamu tulis.
  • Latihan, latihan dan latihan! Gunakan waktu persiapan kamu dengan baik dan pelajarilah jenis-jenis pertanyaan TOEFL sebelum tes. Apabila kamu membutuhkan bantuan lebih, kamu dapat mengikuti les persiapan tes TOEFL atau belajar dari buku-buku TOEFL dan dari situs online.

Contoh soal esai kedua (esai independen) di TOEFL Writing Section:

  • People attend college or university for many different reasons (for example, new experiences, career preparation, and increased knowledge). Why do you think people attend college or university? Use specific reasons and examples to support your answer.
  • Do you agree or disagree with the following statement? Parents are the best teachers. Use specific reasons and examples to support your answer.
  • In some countries, teenagers have jobs while they are still students. Do you think this is a good idea? Support your opinion by using specific reasons and details.
  • How do movies or television influence people’s behaviour? Use reasons and specific examples to support your answer.
  • Do you agree or disagree that progress is always good? Use specific reasons and examples to support your answer.
  • Sumber dan daftar contoh pertanyaan lain dapat diakses di situs ETS.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC