Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Tips Untuk Tes TOEFL: Listening

4031

TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language adalah tes bahasa inggris yang merupakan salah satu persyaratan yang diminta oleh universitas. Khususnya di universitas dan instititusi Amerika Serikat, nilai TOEFL sangat penting dalam proses pendaftaran kuliah karena tingkat kompetensi kita dalam berbahasa inggris akan menjadi faktor besar dalam kesuksesan belajar kita ketika kuliah di luar negeri. Tes yang berlangsung selama sekitar 4 jam ini terdiri dari 4 bagian, yakni bagian Speaking, Writing, Listening dan Reading. Baca lebih lanjut untuk informasi lengkap seputar reading dan listening section dan tips-tips untuk meraih nilai maksimal untuk persiapan kuliah kamu!

Menurut situs ETS, lembaga yang membuat TOEFL, listening section yang menguji kemampuan kamu dalam memproses informasi yang kamu dengar dalam bahasa inggris akan berada dalam bentuk lecture dan perbincangan santai. Kamu akan mendengarkan sejumlah 4-6 buah  lecture atau ceramah dari professor yang akan berlangsung selama 3 sampai 5 menit. Setiap cuplikan audio yang kamu dengar akan disertai dengan enam buah pertanyaan yang menanyakan konten lecture yang telah kamu dengar. Ingat untuk mencatat semua informasi penting selama mendengarkan klip audio agar kamu tidak melupakan data serta poin-poin relevan saat menjawab pertanyaan. Bagian ini akan berdurasi selama 60 sampai dengan 90 menit.

Seterusnya, kamu akan mendengarkan 2 sampai dengan 3 perbincangan antara dua orang, yang masing-masing berdurasi 3 menit saja. Struktur pertanyaan relatif sama, dan kamu harus menulis semua informasi penting serta siapa yang mengatakan perkataan tertentu agar dapat menjawab pertanyaan berikutnya. Setiap perbincangan akan disertai oleh 5 sampai 9 pertanyaan, dan kamu akan mendapatkan 60-90 menit untuk mengerjakan soal di bagian ini.

Tips untuk bagian listening

  • Saat mencatat informasi sambil mendengar klip audio, buatlah catatan yang sesingkat mungkin. Hindari menulis kalimat komplit dan gunakan singkatan yang efektif, karena klip audio akan terus bermain selama kamu menulis catatan. Jangan sampai meleweatkan informasi penting berikutnya.
  • Untuk melatih kebiasaan kamu dalam mendengar dialog bahasa inggris, kamu bisa menonton banyak film bahasa inggris, mendengarkan radio atau lecture bahasa inggris yang dapat kamu cari di Internet. Apabila kamu membiasakan diri untuk mendengar logat bicara dan intonasi yang digunakan, otak kamu akan lebih mudah menyaring informasi secara cepat di dalam tes TOEFL.
  • Dengarkanlah ide pokok yang dibicarakan. Carilah kalimat atau perkataan yang menjelaskan sebenarnya apa topik yang didiskusikan, hal ini biasanya dikatakan di awal klip audio.
  • Carilah kalimat atau kata-kata yang paling penting dalam klip audio tersebut. Hal ini akan membuat telinga dan otak kamu lebih focus untuk menyaring informasi yang relevan.
  • Latihan, latihan, latihan! Gunakanlah situs-situs online, les TOEFL, buku dan CD latihan TOEFL dan semua sumber soal yang dapat kamu cari untuk mengenal lebih jauh tentang jenis soal yang akan kamu temui di tes nanti.
  • Untuk contoh soal listening, kamu dapat mengakses link-link berikut:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

TBC