Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Universitas mana yang cocok buat Anda?

840
Sudah memutuskan bidang yang ingin Anda pelajari, tetapi masih bingung memilih universitas mana? Bacalah tips-tips di bawah ini. Semoga bisa membantu Anda...
 
Mulailah dari jurusan pilihan Anda
 
Pertama-tama, tentu saja Anda perlu memilih universitas yang menyediakan jurusan yang Anda pilih. Anda bisa menggunakan mesin pencarian di Hotcourses untuk mencari universitas berdasarkan jurusan pilihan Anda. Kemudian Anda bisa menentukan negara mana yang ingin Anda pilih.
 
Nama jurusan bisa saja sama antar tiap univerisitas, tetapi modul dan isi jurusan bisa berbeda-beda. Pilihlah modul yang menarik minat Anda. Kemudian lihatlah apakah Anda bisa memenuhi persyaratan masuk yang diajukan oleh universitas.
 
Anda juga bisa membanding-bandingkan universitas dengan melihat apakah jurusan yang ditawarkan di universitas-universitas memberikan kesempatan untuk kuliah ke luar negeri selama satu tahun, memiliki koneksi yang kuat dengan industri yang bersangkutan, memberikan kesempatan untuk magang sehingga membuat CV Anda terlihat lebih menarik dengan pengalaman kerja, memiliki fasilitas-fasilitas moderen yang menunjang perkuliahan Anda.
 
Pertimbangkan lokasi dan biaya hidup
 
Perlu waktu paling sedikit tiga hingga empat tahun untuk menyelesaikan kuliah. Lokasi sekitar merupakan tempat Anda tinggal semasa kuliah, sehingga Anda perlu memilih lokasi yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Apakah Anda lebih menyenangi kehidupan kota yang semarak, atau kehidupan yang tenang di pinggir kota?
 
Biaya hidup tergantung dari lokasi universitas dan gaya hidup Anda. Untuk membantu Anda menilai tentang biaya hidup, di bawah ini ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda pertimbangkan:
  • Berapa biaya akomodasi setiap semester? Bagaimana jika membandingkan antara asrama sekolah dan pilihan akomodasi lainnya?
  • Berapa biaya yang akan Anda perlukan untuk transportasi? Dari kota ke kampus atau ke akomodasi Anda? Jangan lupa biasanya ada kartu diskon khusus bagi mahasiswa.
  • Biaya ekstra apa saja yang perlu Anda keluarkan untuk perkuliahan? Misalnya buku pelajaran, bahan buntuk proyek, biaya kunjungan lapangan dan lian-lain.
  • Kira-kira pilihan kerja sambilan apa saja yang memungkinkan untuk mahasiswa internasional? Bagaimana dengan peraturan kerja untuk visa pelajar?
 
Hadiri acara open day
 
Jika memungkinkan, hadirilah acara open day universitas untuk mengenal universitas tersebut lebih dekat. Berikut ini ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan di saat open day:
  • Apa saja pilihan akomodasi yang tersedia dan seberapa dekat mereka dengan universitas?
  • Bagaimana dengan sarana transportasi setempat dan seberapa jauh jangkauan mereka?
  • Bagaimana dengan kebudayaan setempat? Tempat mana saja yang sering dikunjungi mahasiswa?
  • Bagaimana dengan kegiatan sosial universitas?
  • Bagaimanakah fasilitas umum universitas? (misalnya perpustakaan, kantin, laboratorium komputer dan lain-lain)
 
Anda bisa berbicara langsung dengan staf universitas atau mahasiswa disana mengenai kehidupan mereka, termasuk juga apa saja yang mereka senangi dan tidak sukai dari kampus dan lingkungan sekitarnya.
 
Reputasi universitas
 
Reputasi universitas bisa menentukan prospek kerja Anda nantinya. Jadi sebelum mendaftarkan untuk mendaftar, pastikan Anda telah mencari informasi mengenai reputasi universitas tersebut. Misalnya tentang nilai kepuasan mahasiswa, peringkat prospek kerja alumni, dan prestasi apa saja yang pernah diperoleh oleh universitas.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS