Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Universitas vs. College

4653
Di luar negeri pendidikan tinggi terdiri dari universitas dan college. Apa ya beda kedua pendidikan tinggi tersebut?
 
Populasi mahasiswa
 
Universitas lebih besar dari college dan tentu saja jumlah mahasiswanya juga melebih jumlah college. Umur mahasiswa di universitas biasanya berkisar antara 18 -25 tahun. Tergantung universitasnya, kadang mereka juga menawarkan program bagi orang-orang yang telah bekerja. Jadi ada juga mahasiswa yang beruur jauh di atas kategori di atas tadi. Sedangkan college, mahasiswanya bisa berkisar dari antara 16 hingga 60 tahun. Karena program kuliah atau pelatihan yang ditawarkan oleh college lebih informal, misalnya dari mempelajari suatu keahlian, bidang kejuruan, atau program-program lainnya yang berjangka waktu lebih pendek dan bersifat lebih spesifik.
 
Pengajaran
 
Tenaga pendidik di universitas biasanya memiliki gelar yang lebih tinggi dan mereka mengajarkan dengan cara yang lebih formal. Di college, suasana belajar lebih rileks dengan jumlah murid yang lebih sedikit di dalam satu kelas. Sehingga waktu untuk saling berinteraksi antara guru dengan murid lebih banyak.
 
Prospek jangka panjang
 
Apakah lulusan universitas lebih disukai oleh perusahaan ketimbang lulusan college? Untuk pertanyaan ini tidak ada jawaban yang pasti. Pertama tentu saja tergantung oleh perusahaan tersebut dan posisi apa yang Anda lamar. Akan tetapi pada umumnya, perusahaan lebih mementingkan pengalaman kerja Anda. Jika di CV Anda bisa menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman ekstra kurikuler dan pengalaman kerja yang relevan dan memiliki karakter yang mereka inginkan, maka mereka tidak akan mementingkan Anda lulusan dari universitas atau college.
 
Fasilitas
 
College juga memiliki fasilitas seperti laboratorium komputer, lokakarya, dan ruang kelas. Akan tetapi kelengkapannya mungkin tidak sebaik universitas. Universitas memiliki fasilitas yang lebih banyak, misalnya fasilitas rekreasi, olah raga, layanan dukungan mahasiswa seperti departemen karir, konseling dan lain-lain. Apakah fasilitas-fasilitas ini peting? Tentu saja tergantung kebutuhan Anda.
 
Komunitas sosial
 
Universitas tentu saja memiliki lebih banyak perkumpulan mahasiswa dan klub dengan bermacam-macam aktifitasnya. College yang memiliki populasi mahasiswa yang lebih seidikit dengan umur yang lebih beragam memiliki klub yang lebih sedikit.
 
College yang menawarkan gelar sarjana biasanya bekerjasama dengan universitas. Ada beberapa universitas yang meberikan ijin kepada college-college tertentu untuk memberikan gelar sarjana. Jika demikian, mahasiswa dari college tersebut juga bisa menikmati fasilitas dari universitas yang memberikan ijin. Universitas tentunya akan memonitor dan menjaga kualitas gelar sarjana yang diberikan oleh college partner mereka, termasuk kurikulum dan teknik pengajaran.
 
Beberapa alasan orang untuk memilih college bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya biaya, dimana biaya kuliah college cenderung lebih murah. Faktor lokasi juga menentukan. Banyak universitas luar negeri yang bekerja sama dengan college lokal untuk memberikan gelar sarjana. Misalnya universitas di Inggris bekerja sama dengan college di Malaysia untuk memberikan gelar sarjana. Maka ada juga mahasiswa yang memilih untuk kuliah ke Malaysia daripada di Inggris karena lebih dekat dengan Indonesia, ditambah lagi dengan biaya kuliah dan biaya hidup yang lebih terjangkau.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS