Informasi penting
Study abroad: Pendaftaran Universitas

Hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih mata pelajaran A-level

1720
A-level memiliki banyak mata pelajaran. Sebelum menentukan mata pelajaran pilihan Anda, Anda perlu menentukan jurusan dan universitas pilihan Anda terlebih dahulu. Jika belum yakin, paling tidak Anda perlu mempunyai gambaran tentang bidang kuliah yang ingin Anda dalami nanti.
 
Setiap jurusan memerlukan persyaratan A-level yang berbeda
 
Setiap universitas akan menentukan syarat masuk ke jurusan mereka. Tentu saja Anda perlu memenuhi persyaratan mata pelajaran A-level yang diminta dan bisa mencapai nilai yang ditentukan oleh universitas.
 
Berikut ini adalah beberapa contoh mata pelajaran A-level yang dijadikan sebagai persyaratan masuk untuk jurusan:
 
  • Farmasi : kimia, disertai dengan salah satu mata pelajaran biologi, matematika atau fisika
  • Bahasa Inggris: sastra Inggris dan atau Bahasa Inggris
  • Geologi/ ilmu bumi: pilih dua mata pelajaran dari matematika, fisika, kimia dan biologi
  • Ekonomi: matematika
 
Mata pelajaran A-level yang sering dijadikan sebagai persyaratan masuk
 
Jika Anda masih bingung dengan jurusan apa yang ingin Anda pilih, Anda bisa memilih beberapa mata pelajaran A-level di bawah ini. Biasanya mata pelajaran-mata pelajaran di bawah ini sering dijadikan sebagai persyaratan masuk ke universitas:
 
Biologi, kimia, Bahasa Inggris, geografi, sejarah, matematika, bahasa klasik dan moderen, fisika
 
Semakin banyak Anda mengambil mata pelajaran diatas, semakin banyak pilihan jurusan yang bisa Anda pertimbangkan nantinya. Jika Anda memiliki minat dan bakat di bidang tertentu seperti seni, Anda bisa mengkombinasikan mata pelajaran di atas dengan mata pelajaran A-level lainnya yang berhubungan dengan seni.. 
 
Beberapa jurusan dan universitas memiliki daftar mata pelajaran A-level yang tidak mereka terima
 
Sebelum mengambil keputusan mengenai mata pelajaran A-level yang ingin Anda ambil, ada baiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu di beberapa universitas pilihan Anda. Ada jurusan tertentu dan universitas tertentu yang meminta tes masuk lainnya ketimbang A-level. Untuk hal ini sebaiknya Anda menanyakan secara langsung kepada pihak universitas via email atau representasi mereka yang terdekat dengan Anda.

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS