Informasi penting
Study abroad: Visa

10 TIPS MENGAJUKAN VISA PELAJAR

2548

Tanpa visa pelajar, kamu tidak bisa kuliah ke luar negeri. Proses pengajuannya harus sesuai prosedur, melengkapi persyaratan yang diminta, yang butuh waktu untuk menyiapkannya. Berikut ini adalah tips-tips supaya kamu bisa mendapatkan visa pelajarmu dengan lancar...

 

 

Cek visa yang kamu butuhkan

Setiap negara punya peraturan imigrasi yang berbeda. Misalnya Australia membagi visa pelajar menjadi beberapa sub-class sesuai dengan program kuliah yang akan diikuti pengajunya. Sebelumnya pastikan terdahulu jenis visa apa yang kamu butuhkan untuk memasuki negara tersebut dengan status pelajar (misalnya student pass untuk berkuliah di Malaysia).

 

 

Skor Tes Bahasa Inggris

Beberapa negara mengharuskan pengaju visa melampirkan hasil tes Bahasa Inggris yang masih berlaku, baik itu TOEFL atau IELTS. Perlu diingat hasil tes tersebut hanya berlaku selama 2 tahun dari tanggal diterbitkan. Jika kamu ingin memohon visa pelajar Inggris, kamu perlu sertifikat tes IELTS yang masih berlaku, karena tes TOEFL tidak lagi diterima untuk pengajuan visa pelajar Inggris. Jangan sungkan untuk menghubungi pihak universitas jika terdapat pertanyaan tentang persyaratan pengajuan visa. Biasanya universitas memiliki bagian khusus untuk membantu mahasiswa mendapatkan visa. Kamu juga bisa menghubungi agen pendidikan terdekat jika butuh bantuan untuk mengurus visa pelajar.

 

 

Halaman kosong

Pastikan paspor kamu masih memiliki 4-6 lembar halaman kosong sewaktu mengajukan visa. Bisanya visa ditempelkan di paspor dan membutuhkan 2 lembar kosong. Jika paspor kamu tidak memiliki lembar yang cukup maka pengajuan visa akan ditunda hingga kamu memperbaharui paspor, dan itu akan memakan waktu.

 

 

Peraturan Paspor dan Foto

Persyaratan ini harus dicek dengan teliti. Ada negara yang meminta foto dengan latar belakang warna atau persyaratan tertentu. Walau terdengar sepele, tetapi jika tidak dipenuhi pengajuan visa akan ditolak.

 

 

Biaya pengajuan visa 

Pengajuan visa dikenakan biaya, dan harus dilunasi sewaktu menyerahkan formulir. Sebaiknya mencari tahu jumlah yang perlu dibayarkan supaya pengajuan visa kamu tidak terganggu karena pembayaran yang belum lunas.

 

 

Daftar seawal mungkin

Biasanya pemrosesan visa pelajar membutuhkan waktu 2 hingga 3 minggu. Pastikan kamu mendaftar sedini mungkin, supaya visa telah keluar sebelum tanggal keberangkatan kamu.

 

 

Terjemahan

Semua dokumen yang diminta untuk pengajuan visa pelajar harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Beberapa konsulat menyediakan jasa penerjemah, tetapi itu harus dilakukan sebelum kamu menyerahkan formulir pengajuan visa. Oleh karena itu mulailah sedini mungkin, pastikan berapa lama yang dibutuhkan untuk menterjemahkan dokumen. Jika konsulat terdekat tidak menyediakan layanan terjemahan, berarti kamu harus mencari di tempat lain.

 

 

Fotokopi

Pastikan hasil fotokopi jelas dan minta petugas yang menerima formulir pengajuan visa untuk mengecek apakah hasil fotokopi tersebut bisa diterima, apakah ada legalisir yang kurang dan lain sebagainya. Jika terdapat kekurangan bisa segera dilengkapi saat itu. Disarankan menyimpan salinan semua dokumen yang disertakan dalam pengajuan visa, termasuk fotokopi formulir pengajuan yang telah dilengkapi sebagai bukti dan pegangan (jika sewaktu-waktu diperlukan).

 

 

Mempersiapkan diri untuk wawancara

Persiapkan diri dengan baik sewaktu wawancara, terutama mengenai universitas dan program pilihanmu. Sebaiknya menunjukkan ingin ke luar negeri karena tujuan pendidikan daripada keinginan untuk menetap dan bekerja di sana setelah lulus. Jawab pertanyaan dengan tegas dan yakin.

 

 

 

Baca juga:

'7 pertanda visa pelajar Anda tidak resmi'

 

 

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS