Informasi penting
Australia: Prospek Karir

KULIAH & BEKERJA – MAHASISWA INTERNASIONAL DI AUSTRALIA

3751
Walau gaji di Australia termasuk tinggi jika dibandingkan dengan negara lain, pendapatan dari bekerja sambilan sebagai seorang mahasiswa tetap saja tidak dapat menutupi semua biaya hidup disana.
 
Di Australia, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja sambilan, ataupun magang di bidang yang relevan dengan bidang studi mereka, dengan tujuan supaya mereka dapat berbaur dengan warga Australia dan lainnya dengan lebih baik.
 

Dapatkah saya bekerja sambil kuliah di australia?

 
Ya, selama ketentuan visa mengijinkan. Visa pelajar yang diterima tergantung oleh jenis program kuliah. Akan tetapi, untuk kebanyakan kasus, semua visa pelajar mengijinkan mahasiswa internasional untuk bekerja, jika tidak tertulis ada pengecualian.
 
Pada umumnya, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja hingga 40 jam per dua minggu semasa perkuliahan berjalan, dan dapat bekerja tanpa batas pada masa liburan.
 
Perlu diingat, untuk dapat terus bekerja sambilan, mahasiswa wajib mempertahankan nilai yang bagus di universitas. Jika ternyata nilai akademis tidak memenuhi syarat, maka mahasiswa internasional tidak akan diijinkan untuk bekerja sambilan.
 
 
Higher Education Sector Visa (Subclass 573)
 
Ini adalah jenis visa yang diperlukan untuk dapat berkuliah di Australia untuk mengambil progam gelar BachelorAssociate Degree, Graduate Certificate atau Diploma, Higher Education Diploma atau Masters by coursework (Master jalur pembelajaran).
 
Dengan memiliki visa ini, mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja hingga 40 jam per dua minggu semasa perkuliahan berjalan, dan dapat bekerja tanpa batas pada masa liburan. Jika pekerjaan Anda merupakan bagian dari program kuliah, maka tidak dimasukkan dalam batas jam kerja yang disebutkan diatas.
 
 
Postgraduate Research Sector Visa (Subclass 574)
 
Mahasiswa yang mendaftar untuk program Master, atau Doktorat jalur penelitian perlu memiliki visa ini. Dengan visa ini, mahasiswa internasional dapat bekerja tanpa batas.
 
Jika menggambil program Pre-Masters sebelum mengikuti perkuliahan Master, maka batas jam kerja mahasiswa internasional adalah 40 jam per 2 minggu, dan dapat bekerja tanpa batas begitu program pre-Master selesai, dan perkuliahan Master dimulai.
 
 
 

PERSYARATAN UNTUK DAPAT BEKERJA DI AUSTRALIA

 
Batas 40 jam kerja
Mahasiswa internasional harus mematuhi batas 40 jam kerja. Jika pekerjaan yang dijalankan adalah pekerjaan yang menguntungkan komunitas, maka jam kerja tersebut tidak diperhitungkan dalam batas 40 jam kerja. Akan tetapi, jika pekerjaan yang diambil adalah jenis magang, atau penempatan kerja, walaupun tidak berbayar, tetap akan dihitung dalam batas 40 jam kerja.
 
 
Tax File Number
Untuk bekerja di Australia, mahasiswa internasional perlu mendapatkan Tax File Number terlebih dahulu. TFN adalah nomor referensi yang digunakan pemerintah Australia untuk mencatat pekerjaan seseorang dan menentukan pajak yang perlu dibayarkan per tahun. Nomor TFN ini juga dibutuhkan untuk dapat diterima bekerja.  
 
Setiap orang hanya akan diberikan satu TFN. Jika terdapat perubahan data identifikasi, atau jika TFN hilang, tidak perlu mendaftar ulang, tetapi dapat mendaftar untuk TFN online visa di Australian Government Taxation Office website.
 

 

 

 

 

HAK KERJA

Sebagai mahasiswa internasional perlu mengetahui hak kerja dan upah minimum, supaya dapat menuntut dan melapor ke pihak berwajib jika menerima perlakuan tidak adil di tempat kerja. Mahasiswa internasional juga berhak mendapatkan jam istirahat dan libur sesuai dengan yang ditetapkan, dan bekerja di lingkungan kerja yang aman.
 
 

JENIS PEKERJAAN YANG DAPAT DILAKUKAN

Salah satu sisi baik dari Australia dibandingkan dengan Negara lain adalah, mahasiswa internasional dapat bekerja di hampir semua bidang. Jenis pekerjaan berbeda-beda, biasanya mahasiswa memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi atau dapat menambah nilai plus untuk kualifikasi mereka.
 
Misalnya, mahasiswa pascasarjana mengisi posisi junior atau training di bidang yang relevan dengan bidang kuliah; mahasiswa penelitian bekerja sebagai asisten, atau peneliti di universitas ataupun di lembaga lain yang memberikan lowongan.
 
Berikut ini adalah beberapa bidang kerja yang dapat dipertimbangkan:
 
Jasa
 
Industri perhotelan dan pariwisata memiliki perkembangan yang sangat bagus, sehingga sangat banyak lowongan kerja dalam bidang ini. Industri ini juga membuka banyak lowongan kerja bagi mahasiswa internasional.
 
Waktu kerja dibagi berdasarkan shift. Sehingga mahasiswa dapat memilih waktu kerja yang sesuai dengan jadwal kuliah mereka.
 
Upah minimum berbeda tergantung umur. Informasi lebih jelas mengenai upah minimum dapat dibaca di situs Australian Fair Work Commission.
 
 
Kerja dalam kampus
 
Kampus juga menyediakan banyak lowongan kerja bagi mahasiswa seperti: asistan lab, asisten penelitian, asisten teknis computer, bekerja di perpustakaan, kantin, atau bahkan staf di universitas.
 
Biasanya lowongan pekerjaan akan diumumkan di papan pengumuman ‘career centre’. Pekerjaan yang diumumkan di career centre cukup banyak, misalnya pekerjaan di perusahaan atau organisasi mitra universitas dan lain-lain.
 
 
Pekerjaan sukarela
 
Mahasiswa internasional diijinkan untuk magang, mencari pengalaman kerja, dan bekerja sukarela. Pekerjaan sukarela tidak berarti pekerjaan sosial. Banyak perusahaan yang menawarkan posisi kerja sukarela (tidak berbayar) bagi mahasiswa. Walau tidak menerima bayaran, tidak berarti rugi, karena mahasiswa internasional akan mendapatkan pengalaman kerja, kesempatan menerapkan teori dalam praktek, mengenal lingkungan dan budaya kerja Australia, berkesempatan untuk membangun koneksi, serta menambah nilai plus untuk CV nantinya.
 
Tidak jarang mahasiswa internasional yang ditawarkan pekerjaan tetap begitu lulus oleh perusahaan tempat mereka magang atau bekerja sukarela.
 
 
 

CARA MENCARI KERJA

Tempat terdekat untuk mencari kerja adalah ‘career centre’ di kampus. Hampir semua universitas memiliki career centre. Mereka akan mengumumkan lowongan kerja, baik pekerjaan dalam kampus dan luar kampus.
 
Selain career centre juga dapat mencari secara online di situs-situs seperti seek.com.au dan Australian JobSearch. pedestrian.tv memberikan informasi lowongan kerja bagi mahasiswa MediaMusik dan Seni. The Loop adalah online network dimana para professional kreatif, mahasiswa dan perusahaan membuat profil, mengunggah portofolio dan mengumumkan atau mencari lowongan kerja.
 
Surat kabar juga merupakan salah satu sumber untuk mencari pekerjaan, atau dapat berkeliling dan memperhatikan restoran, toko, kafe atau tempat lainnya yang menuliskan pengumuman ‘mencari karyawan’.
 
Sebelum mencari kerja, siapkanlah CV dan TFN serta nomor hp Australia yang bisa dihubungi.
 
Tertarik untuk kuliah di Australia? Segera cari program kuliah di Australia sekarang juga!
 
 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis