Informasi penting
Australia: Info Negara Tujuan

Kebudayaan Australia

10056

Penduduk asli Australia yang dianggap sebagai peradaban tertua di dunia, Aborigin, telah berada di Australia selama lebih dari 50.000 tahun. Kekuatan dan kegigihan mereka memungkinkan mereka untuk berkembang pada benua yang tidak ramah itu. Pendatang dari Eropa tiba di akhir abad ke-18, dan Australia terus berkembang, dengan pendatang yang tiba dari Eropa, Timur Tengah, dan Asia.

Dewasa ini, Australia memiliki populasi multikultural yang besar: kurang lebih 23 persen dari populasi adalah kelahiran luar negeri dan hampir 40 persen berasal dari keturunan budaya campuran. Dengan campuran masyarakat tersebut, Anda akan menemukan pemandangan yang kaya akan kebudayaan dengan sejumlah literatur, kesenian dan kerajinan, musik, teater dan festival dansa merayakan budaya asli, kolonial dan kebudayaan lainnya.

Kualitas kehidupan di Australia sangat tinggi, dengan layanan publik yang luar biasa, tingkat kejahatan rendah dan biaya hidup yang terjangkau. Makanan merupakan bagian penting pada suasana sosial dan orang Australia gemar menikmati hidangan yang dibakar dengan arang bersuasana santai dan informal, atau disebut 'barbies' dengan teman dan keluarga. Makanan lokal termasuk hidangan laut, hasil pertanian lokal dan produksi anggur jenis internasional yang terkenal. Berbagai kelompok etnis juga memiliki peranan pada kekayaan masakan Australia, dari Yunani sampai Vietnam dan Kanton sampai India. Bacalah seluruh panduan kota kami untuk mendapatkan ide akan pro dan kontra dari tujuan belajar utama di Australia.

Panduan Kota

Sydney

Sydney adalah kota di Australia yang terbesar, teramai dan paling beraneka ragam. Terkenal dengan Pelabuhan Sydney yang berkelap-kelip, Anda tidak bisa naik feri atau berkendara menyebrangi bentangan air yang dramatis tanpa tergelitik dengan perasaan kagum. Jelajahi sejarah kota yang sangat menarik dengan berjalan melalui The Rocks; berselancar satu atau dua ombak di Bondi Beach yang melegenda; atau berjalan-jalan agak lama sepanjang salah satu rentang pelabuhan yang mengagumkan; atau menuju Manly untuk mendapatkan lebih banyak lagi sinar matahari, pasir dan kesenangan yang seharusnya dimiliki secara wajar oleh sebuah kota. Kehidupan di Sydney seluruhnya tentang berada di luar. Ke mana pun Anda melihat, orang sedang berjalan kaki, berlari, berenang, bersepeda atau berlayar. Pantainya berdengung dengan kesibukan, dipadati ratusan kafe dan pelabuhannya dikerumuni kain layar kapal-kapal yang berlabuh.

Penduduk Sydney mencintai makanannya dan Anda dapat menemukan cukup banyak restoran yang sesuai dengan gaya hidup Anda, anggaran atau rasa. Menuju area Pecinan (China Town) untuk makanan Asia murah, lezat; Surry Hills dan Darlinghurst memiliki restoran trendi, suasana kafe dan bar; dan kota satelit yang modern, Paddington memiliki beberapa pub tua yang baik sekali dan terletak di antara jalanan yang rindang, butik dan rumah berteras yang dirawat dengan apik.

Kebun Binatang Taronga adalah suatu keharusan apabila Anda mengunjungi kota ini, ditata secara menakjubkan pada tepi pelabuhan Sydney, ini merupakan tempat istimewa untuk melihat cagar alam asli Australia. Museum of Contemporary Art (MCA) yang menghadap ke Circular Quay adalah tempat yang patut untuk dikunjungi; demikian juga ruang Aborigin pada museum Australia. Jelajahi The Rocks, berkeliling di antara batu pasir bangunan warisan budaya, dan mempelajari tentang masa lalu kolonial Sydney di Museum Susannah Place. Acara yang penting bagi wisatawan dan penduduk setempat adalah menyaksikan pertunjukan spektakuler di Sydney Opera House.

Mengarah keluar dari Sydney, Hunter Valley adalah tempat pesiar akhir minggu yang populer pada masyarakat setempat, dengan sejumlah kilang anggur dan tempat makan kelas atas. Berkelana alam di Blue Mountains atau hanya menghirup udara bersih pegunungan juga termasuk dalam agenda siapa pun yang mengunjungi Sydney.

Melbourne

Kota kedua terbesar di Australia, Melbourne, adalah kota besar, ramai dan multikultural dengan suasana budaya dinamis, berkat adanya campuran kesenian yang dinamis, mode, dan masakan. Apabila Anda mengunjungi Melbourne, gunakan sebagian waktu Anda untuk menyerap semua itu. Berjalan santai sepanjang jalan besar yang rindang, bergaya Eropa atau tersesat di antara jalur terkenal, membaca buku di salah satu kafe atau di taman-taman; atau mengagumi arsitektur kontemporer Federation Square. Untuk sungguh-sungguh merasakan kota Melbourne Anda sebaiknya naik salah satu trem yang bergerak mengelilingi kota; atau untuk benar-benar menjadi orang Melbourne, naik sepeda dan menyelami kota yang tenang namun berdengung, penuh dengan hal-hal baik dalam kehidupan.

Di luar CBD, maju terus ke Fitzroy yang dipenuhi banyak kafe trendi, toko bohemian dan galeri seni alternatif. Senada dengan itu, St Kilda adalah tempat yang sejuk, bersuasana pantai untuk bersantai dan menyerap atmosfir, berjalan sepanjang pantai; pergi belanja di satu atau dua butik; atau menikmati secangkir kopi di salah satu toko buku independen dan kafe-kafe mungil.

Anda tidak dapat berbicara tentang Melbourne tanpa menyebut ikon liga sepak bola Australia (atau "footy" demikian dikenal) dan masyarakat Melbourne menganggap olah raga ini serius. Coba dan lihatlah salah satu permainan jika Anda sempat. Demikian juga perjalanan ke MCG (Melbourne Cricket Ground) adalah suatu keharusan bagi penggemar olah raga.
Mengarah keluar dari Melbourne, ada begitu banyak hal yang dapat dikerjakan. Lakukan perjalanan sepanjang Great Ocean Road - salah satu perjalanan berkendara dengan pemandangan paling indah di dunia; lakukan perjalanan ke Mornington Peninsula yang memiliki pemandangan indah, berangin; atau mengunjungi kilang anggur Yarra Valley. Victoria juga menawarkan beberapa tempat olahraga ski terbaik di Australia dengan Falls Creek berjarak hanya 4,5 jam berkendara dari Melbourne.

Masyarakat Melbourne menikmati kehidupan; apakah itu makan, minum, berdansa atau mendatangi salah satu acara kesenian, olah raga atau musik yang sering digelar. Namun ada kata peringatan; ketika keluar di Melbourne, pastikan Anda mengenakan baju beberapa lapis... tidak percuma orang mengatakan bahwa kota ini memiliki 'empat musim dalam sehari'!

Brisbane, Queensland

Dewasa ini sedikit di bawah bayangan saudara perempuan yang lebih besar, yakni Sydney dan Melbourne, Brisbane yang telah tumbuh menjadi sosok wanita indah - penuh dengan warna, hijau, rindang, dan kota yang sangat menyenangkan. Sebagai ibu kota Queensland (juga dikenal sebagai Negara Bagian Cahaya Matahari) Brisbane, atau "Brissy" memiliki suasana tenang; iklim tropis yang indah dan hangat; dan suasana musik, kesenian dan kafe yang mapan, menjadikannya salah satu tempat yang paling didambakan sebagai tempat tinggal di Australia. Ini adalah sebuah kota besar dengan perlakuan kota kecil, ditetapkan oleh beberapa warga setempat yang ramah, paling bersahaja yang dapat Anda temui di mana saja di Australia. Berjalanlah sepanjang tepi sungai atau berjalan melalui kebun raya. Sebuah kota yang mudah untuk menemukan arah dan banyak tempat minum yang baik sekali untuk mampir, atau menikmati berbagai hidangan laut yang sangat segar di salah satu restoran yang baik.

Pada saat akhir pekan atau hari libur, masyarakat Brisbane menuju pantai. Suatu perjalanan berkendara yang mudah menuju beberapa tujuan wisata yang paling populer di Australia; seperti hedonistik Byron Bay; sangat menarik, Noosa yang megah dan Pulau Fraser yang tercatat dalam daftar warisan budaya dunia. Apabila Anda berada di Brissy hanya sejenak, Anda tidak dapat melewatkan Gold Coast untuk suatu dosis memabukkan dari kemewahan, lampu neon dan taman kegiatan bertema...itu sangat bising dan membanggakan tetapi penuh dengan kegembiraan.

Adelaide, South Australia

Adelaide adalah salah satu ibu kota negara Australia yang lebih tenang tetapi hal itu sebaiknya tidak menghentikan Anda dari merasakan tempat multikultural yang sangat menarik ini. Ini adalah kota kebun raya, taman dan jalan lebar yang dihiasi barisan pepohonan, dengan semak belukar, pegunungan dan kebun anggur di ambang pintu. Ini dikenal sebagai 'kota gereja' dan arsitektur kolonialnya berikut gereja-gereja yang berlimpah, umumnya dibangun oleh pendatang Jerman, menjadikan ini sebuah kota yang sangat menyenangkan untuk berkeliling. Adelaide menjadi lebih kosmopolitan disebabkan oleh kedatangan populasi imigran; dan tidak sedikit mempertahankan warisan Eropa melalui anggur, tetapi juga pendatang Inggris yang telah membawa aroma khas Inggris ke dalam kota. Disini juga ada beberapa museum dan juga galeri yang sangat menarik, Migration Museum menjadi sorotan, ia memberitahu cerita mengenai para imigran yang tiba di sini dan membentuk kota yang sangat menarik ini.

Adelaide memiliki lebih banyak tempat makan per kapita dari tempat lainnya di Australia oleh karena itu tidak pernah kekurangan tempat untuk makan. Untuk makanan yang lebih murah, terdapat laksa, mie dan sushi yang istimewa di Pasar Pusat.

Masyarakat Adelaide mencintai anggur mereka. Tidaklah mengherankan, karena lebih dari sepertiga anggur di Australia diproduksi di area yang berjarak satu jam dari Adelaide. Wilayah Barossa yang terkenal berada hanya satu jam perjalanan dan pesiar ke kilang anggur adalah wajib jika Anda mengunjungi kota ini. Ada sejumlah bus wisata diorganisir dari Adelaide atau Anda dapat naik kereta Anggur Barossa atau datang sendiri ke sana dengan mobil.
Apabila Anda masih belum melihat Kangaroo tidak ada yang lebih baik untuk melakukan ini daripada tempat yang tepat bernama, Pulau Kangaroo. Anda dapat terbang atau naik feri menyebrang ke pulau indah ini dan menghabiskan waktu sehari atau tiga hari menjelajahi taman nasional dan pantai yang merupakan tempat tinggal bagi ratusan anjing laut berbulu, angsa hitam, koala, burung pelikan, pinguin, walabi dan, tentu saja, kanguru!

Perth

Perth adalah kota berudara segar dan bermandikan sinar matahari, yang segera menjadi jelas ketika Anda melakukan perjalanan ke sepanjang sungai Swan yang luar biasa dan melihat seluruh warga setempat berpiknik, jogging, berjalan dan menikmati kota yang bersih, cerah ini dengan Iklim Mediterania (dan menarik!).

Ini juga sebuah tempat yang hidup dan penuh energi karena pantainya dan pengaruh kebudayaan pedalaman. Diberkati seperti Sydney, Perth memiliki pasir pantai putih yang berkilau yang mudah dijangkau. Pretty Cottesloe, menuju ke Selatan adalah tempat yang trendi dengan kafe yang berlimpah dan tempat berenang yang baik; pantai Scarborough dan Trigg populer bagi para peselancar. Kota ini juga merupakan tempat bermarkasnya banyak perusahaan pertambangan yang membawa kekayaan nyata bagi kota ini.

Perth mungkin merupakan kota yang paling terpencil di dunia tetapi ada sejumlah besar kegiatan pesiar yang dapat dilakukan dari kota ini. Pastikan Anda mengunjungi Pulau Rottnest, hanya 19 km lepas pantai, di mana teluk terlindung menakjubkan, batu karang mempesona, kehidupan laut berlimpah ruah dan hangat, air yang jernih baik sekali untuk berenang, menyelam, snorkeling atau memancing.
Hanya 19 km dari Perth, Freemantel kaya akan sejarah dengan pelabuhan yang masih aktif, gedung bergaya Victoria yang masih terawat baik dan gudang-gudang. Freemantle memiliki beberapa kafe yang baik, bar yang tua dan museum. Mengarah ke bawah ke Sungai Margaret untuk beberapa anggur terbaik Australia dan pantai menakjubkan.

Canberra

Canberra adalah ibukota negara, secara strategis dan diplomatis yang ditempatkan antara Sydney dan Melbourne. Tempat bagi pemerintah federal Australia kota ini sangat memiliki suasana collegiate, dengan apa yang terlihat seperti lebih banyak sepeda daripada mobil di jalan raya. Sesungguhnya Canberra adalah tempat yang ideal untuk bersepeda keliling; tidak seperti sebagian besar kota yang sesak tertimpa beban jam sibuk lalu lintas, Canberra adalah suatu komunitas yang terencana dan tempat yang sangat tertib. Jalanan lebar dihiasi deretan pepohonan menyebar dari Capital Hill, dimana Gedung Parlemen berdiri dan kota ini terasa seperti sebuah taman besar, dengan banyak ruang terbuka dan padang rumput.

Banyak yang dapat dilihat dan dikerjakan di ibu kota yang bersih dan tenang ini. Museum Nasional Australia patut untuk dikunjungi. Museum modern ini menggunakan teknologi mutakhir untuk menceritakan kisah tentang Australia. Gedung Parlemen juga terbuka untuk umum dan terdapat selasar pandang untuk melihat kegiatan di parlemen. Anda dapat dengan mudah meluangkan waktu beberapa hari saja disini mengunjungi seluruh museum dan gedung-gedung pemerintah.

Dalam waktu beberapa jam keluar dari Canberra Anda akan menemukan resor olahraga ski terbesar di Australia Perisher Blue dan Thredbo, yang keduanya menawarkan olahraga ski yang cukup memuaskan saat musim dingin. Tempat ini juga sangat populer untuk bersepeda gunung dan berkelana alam.

Hobart, Tasmania

Hobart lebih dekat ke Antarctic daripada ke Perth, dan seperti Sydney, kehidupan di Hobart terpusat di sekitar pelabuhannya yang cantik. Di bawah dekat tepi laut Anda dapat menyerap atmosfer di Salamanca Place dan menjelajahi sejumlah galeri, kafe, tempat minum, bar dan pasar hari Sabtu yang fantastis. Berjalan-jalan di sekitar Battery Point dan melihat pondokan batu jaman kolonial yang menarik dan sementara Anda berada di sana, berhentilah untuk minum teh atau mengunjungi salah satu toko antik dan pub.

Hobart adalah kota yang cukup kecil tetapi penuh dengan kehidupan dan warna-warni. Apabila Anda berminat pada kegiatan budaya, Museum Tasmania dan Galeri Kesenian serta kebun raya keduanya bebas biaya dan patut untuk dilihat. Penduduk lokal dikenal lebih ramah daripada di beberapa ibu kota negara lainnya dan kedekatan dengan keindahan Tasmania yang belum tersentuh membuatnya menjadi basis yang sangat bagus untuk menjelajahi surga yang hijau dan subur ini.

Darwin, Northern Territory

Perjalanan ke ibu kota paling utara Australia ini, Darwin (dinamai seperti Charles Darwin) dan Anda hampir berada di Asia. Udara panas tropis dan hujan (pada saat musim hujan) ditambah dengan sikap yang sangat santai adalah suatu pengalaman yang sangat berbeda di Australia; penduduk lokal berkeliling-keliling dengan sendal dan celana pendek dan ada beberapa taman yang nyaman dan tempat baik sekali untuk berbelanja benda-benda seni Aborigin. Sebagian besar masyarakat datang di sini dalam perjalanan menuju Taman Nasional Kakadu tetapi berdiam beberapa hari (atau lebih lama) dan Anda akan disuguhi atraksi menarik kehidupan satwa dan merasakan gejolak sejarah kota ini.

Di luar Darwin taman Territory Wildlife, (61 km sebelah selatan) adalah tempat yang istimewa untuk melihat kehidupan satwa asli di Northern Territory: laba-laba, buaya dan kadal.

Hanya 90 menit dari Darwin adalah salah satu rahasia yang tersimpan dengan baik di Australia, Litchfield Park - taman tropis dengan air terjun, hutan dan kolam renang alami. Lebih kecil dari Kakadu tetapi tidak kurang menarik. Menyelamlah di kolam terjun di bawah air terjun Florence Falls atau Wangi Falls dan Anda akan terlihat seolah baru saja keluar dari iklan di TV. Masuk ke dalam taman bebas biaya - Anda tidak dapat berargumentasi dengan itu!
 

Link berguna dan bacaan terkait

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis