Informasi penting
Australia: Info Negara Tujuan

Memperkenalkan Oz

1430

Terkenal karena keindahan alamnya yang luas, pantai-pantai yang belum tersentuh, dan masyarakat setempat yang ramah, bersahabat dan pecinta olahraga, tidak percuma Australia dikenal sebagai "Negara Beruntung". Australia adalah negara muda, menarik, hidup, dan seringkali tercatat sebagai salah satu dari 5 tempat tinggal teratas di dunia. Banyak orang memilih untuk singgah 'sebentar' di Australia (atau dikenal sebagai 'Oz') sebagai tempat berpariwisata, bekerja atau belajar, dan pada akhirnya memilih untuk tinggal seumur hidup. Anda mungkin akan dapat mengerti setelah melakukan perjalanan ke belahan dunia di bawah ini!

Ketika orang mendengar 'Oz', mereka memikirkan sesuatu yang besar. Tetapi Australia adalah sama beragamnya seperti luasnya - ini tentu saja ( diperlukan 5 jam penerbangan dari Sydney di pantai timur ke Perth di pantai barat!). Dari luasnya pantai berpasir putih di pantai barat, ke ngarai Taman Nasional Kakadu, matahari terbenam ekspansif di Red Centre, hingga ke ikon layar Sydney Opera House, benar-benar ada sedemikian banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan. Ini bukan saja keindahan alami yang menakjubkan, namun kota-kota di Australia kaya akan kebudayaan, dengan museum yang mempesona, galeri seni yang mengagumkan, kafe yang berlimpah, dan setiap jenis restoran dari seluruh dunia.

Jadi apakah Anda berminat untuk menemukan pantai yang sepi untuk menghamparkan handuk Anda; atau Anda ingin menjelajahi jalan setapak di hutan hujan; berpesta sepanjang malam; atau melakukan petualangan besar melintasi gurun merah yang luas, Australia memiliki itu semua... dan masih banyak lagi!

Melakukan perjalanan dengan aman

Australia adalah negara yang sangat aman dibandingkan dengan hampir tempat mana saja di dunia. Tingkat kejahatannya rendah dan undang-undang penggunaan senjata cukup ketat yang artinya negara ini adalah sebuah tempat yang aman untuk tinggal. Seperti sebagian besar kota-kota di Barat, disarankan untuk berhati-hati ketika Anda berada di luar setelah gelap, dan bagi para wanita agar berhati-hati apabila berjalan kaki sendirian di malam hari.

Ingat, orang Australia adalah masyarakat yang ceria dan bersahabat, oleh karena itu jangan takut untuk bertanya pada orang setempat apabila Anda tersesat; kemungkinan mereka tidak hanya akan menunjukkan arah kemana Anda pergi, bahkan mereka mungkin akan mengantar Anda ke sana!

Ada beberapa masalah keamanan di Australia yang disebabkan oleh kondisi geografisnya yang unik; berjarak lintas hampir 4.000 kilometer tetapi memiliki populasi hanya sebesar 21 juta. Apabila Anda meninggalkan kota dan memutuskan untuk menjelajahi pedalaman bukanlah merupakan hal yang luar biasa apabila tidak melihat seorang pun dalam jarak beberapa mil, oleh karena itu Anda perlu untuk berhati-hati. Bawalah air yang banyak dan, jika Anda patah semangat jangan pernah keluar mencari bantuan; Anda sebaiknya senantiasa tetap bersama kendaraan Anda.

Berkeliling

Angkutan dalam kota-kota utama cepat, mudah dan murah. Untuk menghemat uang Anda dapat membeli kartu perjalanan, yang mencakup seluruh angkutan umum setempat: bus, kereta api, trem, dan feri.

Taksi dapat terjangkau dalam kota dan kebanyakan orang hanya melompat ke dalam taksi jika mereka melakukan perjalanan jarak pendek.

Apabila Anda melakukan perjalanan antar negara bagian atau lebih jauh lagi Anda dapat menggunakan layanan bus jarak jauh yang nyaman dan murah. Apabila Anda terdesak waktu, atau lebih suka untuk terbang, ada sejumlah maskapai penerbangan berbiaya rendah yang dapat mengantar Anda antara banyak tempat tujuan. Virgin Blue, Jet Star, Qantas dan Tiger Airways beroperasi dari semua kota besar.

--

10 tempat favorit untuk dikunjungi

Berikut adalah daftar 10 tempat yang kami wajibkan untuk Anda dikunjungi di Australia. Tidak mudah dipersempit sampai hanya 10, oleh karena itu silakan memberi komentar atau memberi usulan - kami akan sangat senang mendengar apa pendapat Anda!

1. Taman Nasional Kakadu
Taman Nasional Kakadu adalah sebuah lanskap luas yang mempesona karena kecantikan alamnya dan budaya yang signifikan. Pengunjung datang ke Kakadu untuk menjelajahi daerah berawa dalam pencarian buaya, untuk mengambil gambar 275 spesies burung, atau mengagumi beberapa seni bebatuan Aborigin Australia. Taman ini merupakan tempat tinggal bagi 68 mamalia, lebih dari 75 spesies reptil, dan lebih dari 10.000 spesies serangga. Generasi Aborigin telah hidup dan memelihara bagian Australia ini selama puluhan ribu tahun; dan hubungan batin mereka dengan lahan ini diakui pada daftar Warisan Budaya Dunia Kakadu.

2. Great Barrier Reef, QLD
Apabila Anda menyukai ikan lumba-lumba atau pari, ikan warna-warni dan kura-kura raksasa maka Great Barrier Reef tentunya tidak akan mengecewakan! Sebuah kaleidoskop spektakuler dari warna-warni di dalam air, adalah tempat tinggal bagi lebih dari 1500 spesies ikan tropis dan 400 jenis terumbu karang. Taman laut terbentang lebih dari 3.000 km sepanjang garis pantai Queensland. Lebih besar dari Great Wall di Cina ini adalah satu-satunya wujud kehidupan di dunia yang dapat dilihat dari ruang angkasa.

3. Sydney, NSW
Menggunakan feri melintasi pelabuhan Sydney adalah pengalaman magis, dan sesuatu yang bahkan masyarakat setempat tidak pernah bosan. Layar yang tinggi dari Sydney Opera House dan Harbour Bridge yang menakjubkan berdiri dengan agung di atas kilatan cahaya air yang kebiruan pada pelabuhan. Pastikan Anda mengunjungi (atau berselancar) di Pantai Bondi yang terkenal di dunia dan menikmati kopi secangkir di salah satu dari banyak tempat mengagumkan yang menghadap ke air.

4. Uluru (Ayers Rock), NT
Anda mungkin telah melihat fotonya tetapi tidak ada yang menyiapkan Anda akan rasa takjub saat melihat matahari terbit di atas gurun pasir merah. Uluru adalah bentukan batuan batu pasir yang besar di Taman Nasional Kata Tjutu. Batuan itu sendiri dimiliki oleh masyarakat Anangu dan merupakan lambang yang unik dari warisan budaya Aborigin Australia. Hal ini merupakan daya tarik wisata yang besar oleh karena itu jangan berharap hanya ada Anda dan batuan itu; tetapi selain pariwisata, hal ini adalah suatu pengalaman yang menakjubkan dan jangan sampai terlewatkan.

5. Melbourne, Vic
Melbourne adalah kota kedua terbesar di Australia dan merupakan ibu kota budaya Australia. Jelajahi banyak bar bagus yang tersembunyi dan kafe luar ruangan di jalur kota, makan di salah satu restoran terbaik, atau menghadiri pergelaran di salah satu teater. Kota yang dinamis, kosmopolitan ini adalah campuran yang memabukkan dari seni kreatif, kehidupan yang baik dan merupakan rumah bagi penguasa sepak bola terkenal Aussie!

6. Tasmania
Tasmania - atau 'Tassy' sebagaimana masyarakat Aussie memanggilnya - adalah sebuah pulau yang terdiri dari lembah hijau yang subur; sangat menarik, kota dan desa yang tenang serta garis pantai mengagumkan yang belum tersentuh. Iklimnya sejuk saat musim dingin dan lembut saat musim panas oleh karena itu ini adalah sebuah tempat yang baik sekali untuk meloloskan diri dari panas yang, kadang membakar, dari daratan utama Australia. Karena lanskapnya sangat bervariasi, Anda dapat melihat danau secara realistis, lembah hutan hujan, dan pemandangan sempurna pantai yang putih, semua dalam hari yang sama!

7. Broome, WA
Terletak sepanjang pesisir Australia Barat, Broome adalah tempat di mana gurun pasir bertemu laut. Tempat ini memiliki Iklim tropis yang hangat dan kota yang dinamis, sangat menarik sehingga ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai selama beberapa hari atau minggu... Populasi Broome yang multikultural terdiri dari Melayu, China, Jepang, Eropa and kebudayaan Aborigin adalah hati dan jiwa dari kota yang bersahabat dan bersemangat ini, membawa kehidupan ke bagian dunia yang indah ini.

Broome adalah juga tempat tinggal bagi Cable beach yang terkenal. Bayangkan mil tak berujung dari pasir seputih gula, laut berwarna biru kehijauan yang jernih dan matahari terbenam di atas punggung unta, dan Anda berada di Broome!

8. Wilayah The Kimberley
Para pencari petualangan mencintai hutan belantara yang sangat luas di Australia Barat ini. Kimberley ini hanya dapat dikunjungi selama musim kering (April-November) tetapi merupakan perjalanan yang sangat berharga. Ini adalah area kawasan lahan bersemak yang sangat luas, tiga kali ukuran negara Inggris. Sungai-sungai mengukir jalan mereka melalui bumi yang merah berdebu, dan wisatawan dapat menikmati kolam yang berkilau, ngarai yang menakjubkan dan air terjun yang dramatis.

9. Kepulauan Whitsunday
'Mengagumkan' bukanlah kata yang memadai untuk menggambarkan keindahan alam yang luar biasa dari 74 pulau Whitsunday. Terletak dekat dengan Great Barrier Reef pulau ini merupakan surga bagi snorkeling, penyelam scuba, pemancing di terumbu karang, ski air, menaiki perahu kayak di laut, layar parasut, pengelana alam dan banyak lagi. Whitehaven Beach yang indah tak dapat dipungkiri merupakan salah satu dari pantai paling indah di dunia, dipuja untuk pasirnya yang seputih lapisan gula silica dan deburan ombak laut biru kehijauan. Tetaplah berada di daratan utama (Pantai Airlie) untuk menyaksikan kehidupan malam yang lebih meriah dan akomodasi yang lebih murah.

10. Lembah Barossa, SA
Barossa adalah salah satu dari daerah penanaman anggur terbesar di Australia dan menjadi tempat bermarkasnya bagi lebih dari seperempat penghasil anggur di Australia, termasuk beberapa merek yang diketahui terbaik Jacob's Creek, Penfolds dan Wolf Blass. Terletak tidak jauh, hanya 45 km timur laut kota Adelaide, wilayah anggur Barossa adalah bagian terbesar dari kebudayaan masyarakat Adelaide (mereka sangat menyukai pembicaraan tentang anggur di Adelaide); dan menariknya wilayah ini memiliki rasa unik Jerman disebabkan oleh awal kedatangan pemukim Jerman. Bersepeda mengelilingi 50 kilang anggur yang menawarkan pencicipan di pintu gudang atau lakukan tur terorganisasi dari Adelaide.
 

Link berguna dan bacaan terkait

  • Sejumlah link untuk mengatur akomodasi dan perjalanan di dalam Australia:

VIP Backpacker Resorts 
Nomads Backpackers
Youth Hostels Association
Aussie Travel Saver
Wotif - last minute accommodation 
Flight centre 
STA travel 
ISTC - International Student Travel Confederation (Konfederasi Perjalanan Mahasiswa Internasional) 

  • Link di bawah ini akan membantu ketika memesan penerbangan dalam wilayah Australia:

Webjet
Qantas
Tiger Airways
Virgin Blue

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis