Informasi penting
Australia: Essentials - Wajib dibaca

Kebudayaan Australia

2154

Australia adalah negara multikultur dengan pendatang dari berbagai negara. Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar utama yang menyatukan kebudayaa-kebudayaan yang berbeda tersebut.

Australia adalah negara yang aman dengan tingkat kriminal yang sangat rendah. Walau begitu, tetap saja jangan lengah dan selalu menjaga bawaan penting Anda dengan baik setiap saat dan di mana saja.

Tinggal di negara asing untuk pertama kalinya bisa saja membingungkan dan memberikan rasa tidak tenang bagi semua orang. Tetapi dengan mempelajari kebudayaan dan gaya hidup negara tersebut terlebih dahulu, Anda akan mendapat gambaran yang lebih jelas dan bisa mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan baru tersebut.

Warga Australia terkenal dengan kepribadiannya yang santai. Awalnya Anda mungkin merasa tidak terbiasa, terutama jika Anda berasal dari negara dengan fase hidup yang cepat. Tetapi lama kelamaan, Anda akan menemukan bahwa warga Australia sangat bersungguh-sungguh dan ramah.

Budaya Kampus

Suasana kampus di Australia sangat informal dan bebas. Semua kampus memiliki keunikan sendiri. Mayoritas kampus memiliki budaya yang ramah dan menerima pendatang baru. Bahkan hampir setiap kampus menyediakan departemen khusus untuk melayani dan membantu para mahasiswa internasional. Para staf kampus sangat ramah dan membantu. Para mahasiswa bisa datang dan membicarakan apa saja, termasuk hal-hal di luar pelajaran. Kampus di Australia sangat menghargai pendapat dan pandangan setiap mahasiswa mereka.

Populasi Australia tidak termasuk yang terbesar di dunia, hubungan antar warga cukup baik. Mereka semua senang bergaul dengan siapa saja. Jadi Anda tidak perlu sungkan untuk memulai percakapan dengan mereka.

Memberi Salam

Jika Anda berkenalan dengan seseorang untuk pertama kalinya, memberikan jabatan tangan dengan tangan kanan adalah cara terlumrah. Para warga Australia biasanya mengucapkan 'G’day, mate' kepada teman-teman mereka. Tetapi jika Anda bukan orang lokal, sebaiknya Anda memulai sapaan dengan ‘Hello’ dan ‘How are you?’ Warga Australia sangat casual dan informal dalam hal sapa-menyapa, jadi Anda tidak perlu terlalu canggung.

Warga Australia memperkenalkan diri dengan nama depan mereka. Untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan memperhatikan, buatlah kontak mata dengan mereka.

Menghadiri Undangan

Kebudayaan Australia termasuk dalam kebudayaan Barat yang terpengaruhi oleh kebudayaan Asia. Di Australia juga terdapat suku aborigin yang telah tinggal di Australia sejak 60,000 tahun yang lalu.

Jika Anda diundang ke acara barbekyu atau pesta lain, bawalah minuman seperti wine atau bir untuk dinikmati bersama. Anda juga bisa menghubungi tuan rumah dan menanyakan apa ada yang perlu Anda bawa untuk meramaikan pesta. Jika Anda diundang ke pesta makan malam, bawalah bunga atau coklat sebagai hadiah.

Table manner di Australia cukup kontinental. Di saat makan, gunakanlah pisau dengan tangan kanan, dan tidak menempelkan siku Anda di atas meja sewaktu makan.

Olahraga

Mayoritas warga Australia menyenangi olahraga. Mereka tidak akan melewatkan pertandingan olahraga dan selalu memanfaatkan setiap kesempatan yang ada untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga. Warga Australia juga menyenangi olahraga air, baik di kolam dan bahkan di laut. Jika Anda ingin bergaul dengan warga setempat, melibatkan diri dalam kegiatan olahraga adalah cara terbaik.

Seni dan Musik

Australia juga terkenal akan galeri seni dan museum. Setiap negara bagian memiliki orkestra simfoni. Melalui fasilitas-fasilitas tersebut, Anda berkesempatan mempelajari sejarah Australia dengan lebih mendalam.

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis