Informasi penting
Australia: Essentials - Wajib dibaca

Makanan dan Minuman di Australia

6892

Banyak yang mengira Australia identik dengan barbekyu, mungkin dikarenakan oleh cuaca panas di Australia yang ideal untuk menikmati makan di alam terbuka. Akan tetapi sebenarnya kuliner di Australia menyediakan cukup banyak pilihan.

Keunikan dari Australia adalah budaya yang beragam. Tentu saja dengan semakin banyak kebudayaan, semakin banyak pilihan makanan yang bisa Anda temukan di Australia, karena makanan tidak bisa lepas dari pengaruh budaya. Makanan tradisional Australia berupa panggangan, fish & chips dan full english breakfast. Selain itu, Australia juga dipenuhi dengan makanan Cina, Jepang, Thailand, Yunani, Itali dan Prancis.

Makanan Khas Suku Australia

Makanan khas suku asli Australia dikenal dengan istilah 'bush food'. Kebiasaan ini dipengaruhi oleh para imigran Eropa di tahun 1788. Suku asli Australia hidup dari buah-buahan dan berbagai jenis buah beri. Mereka juga mengkonsumsi daging-daging kangguru dan emu. Tergantung lokasi tempat tinggal Anda, Anda bisa menemukan makanan-makanan ini di toko dan restoran khusus yang menyediakan menu tersebut.

Kuliner Australia Modern

Kuliner Australia sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Eropa. Hingga sekarang, resep-resep dan metode Anglican-Celtic masih sering ditemui di Australia. Berbagai menu diantaranya adalah panggang-panggangan serta fish & chips yang cukuk populer di Australia.

Cuaca yang hangat memberkahi Australia dengan bahan-bahan makanan yang segar dan tumbuh sepanjang tahun. Demi alasan kesehatan, Pemerintah Australia mendorong warga-warganya untuk mengkonsumsi makanan segar dengan mengurangi kadar garam.

Australia merupakan negara yang menggalakkan imigrasi. Hal ini berdampak signifikan terhadap kebudayaan dan kuliner Australia. Ada banyak pengaruh Asia dan Mediterania yang bisa dijumpai di kuliner Australia. Makanan-makanan yang juga populer di Australia adalah masakan Thailan, Cina, Jepang, Vietnam, Prancis, Italia, Yunani dan Inggris.

Makan di Alam Terbuka

Iklim hangat di Australia mempengaruhi tradisi memasak dan menikmati makanan di alam terbuka. Oleh karena itu barbekyu sangat populer di Australia. Anda bisa menemukan berbagai menu barbekyu seperti daging babi, steak, seafood, burger, sosis dan kebab. Sayur-sayuran dan salad juga disediakan sebagai makanan pendamping.

Seafood

Salah satu kelebihan yang dimiliki Australia selain iklimnya yang bersahabat adalah Australia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh samudra. Jadi, bagi pecinta seafood, Australia adalah surga makanan. Ada lebih dari 6000 spesies seafood yang diperjualbelikan di Australia. Anda bisa menikmati tuna, salmon, lobster dan berbagai udang serta kepiting dan dhufish (ikan yang hanya ditemukan di Australia Barat).

Minuman

Australia memiliki industri wine. Australia merupakan eksporter ke-4 terbesar di dunia setelah Itali, Spanyol dan Prancis. Sektor ini menyumbangkan $5.5 milyar kepada perekonomian Australia setiap tahun. Minuman beralkohol seperti bir dan rhum juga populer di Australia. Rhum bahkan dijadikan sebagai mata uang di jaman penjajahan di abad 19, semasa Australia kekurangan koin. Jika Anda adalah penggemar minuman beralkohol, Anda pasti akan jatuh cinta dengan Australia!

Jika Anda bukan penggemar wine dan bir, jangan khawatir. Australia juga terkenal akan kopinya. Australia merupakan negara asal merk kopi internasional-Vittoria. Vittoria adalah kopi 'flat-white' yang ditemukan oleh Australia, yaitu kopi susu tanpa busa.

Tribute Foods

Australia memiliki kebiasaan menamai menu-menu terkenal mereka dengan nama figur-figur terkenal. Pavlova diciptakan di Australia di tahun 1935 oleh Bert Sachse dan dinamai sesuai dengan nama seorang balerina Rusia, Anna Pavlova. Meringue dan pertunjukan balet Anna digambarkan sama-sama 'seringan udara'. Pavlova adalah nama dari makanan pencuci mulut dengan meringue dan krim dengan buah-buahan di atasnya. Biasanya buah yang digunakan adalah stroberi atau raspberi.

Melba Toast dan Peach Melba merupakan makanan pencuci mulut yang populer di Australia. Kedua-duanya dinamai sesuai dengan nama aktris yang terkenal di Australia - Dame Nellie Melba.

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis