Informasi penting
Australia: Essentials - Wajib dibaca

Mempersiapkan Perjalanan ke Australia

941

Australia merupakan negara yang besar. Bila Anda memutuskan untuk kuliah di kota kecil, maka Anda harus mencari connecting flight (penerbangan lanjutan).

Tentunya ini akan menambah kerumitan Anda di sana. Tetapi bila Anda sudah mempelajari dengan baik rencana perjalanan Anda, maka tidak ada yang perlu dikuatirkan. Salah satu hal yang perlu diingat adalah beberapa kota besar di Australia memiliki lebih dari satu bandara internasional. Jadi pastikan Anda mengatur penerbangan lanjutan Anda dari bandara yang tepat.

Anda juga perlu merencanakan bagaimana Anda mencapai tempat akomodasi Anda setiba di sana nantinya. Beberapa Universitas di sana menyediakan layanan antar jemput dari Bandara ke kampus. Tetapi bila tidak tersedia, Anda bisa mempertimbangkan sarana transportasi umum atau taksi. Di kebanyakan airport, stand taksi bisa ditemukan dekat pintu masuk ataupun pintu keluar.

Mempersiapkan Dokumen

Begitu tiba di Australia, Anda harus melewati pemeriksaan imigrasi. Anda akan diwajibkan untuk mengisi IPC declarations card dan memberikannya kepada petugas imigrasi.

Bagi semua warga asing yang ingin memasuki wilayah Australia harus mempunyai visa. Jika Anda ingin mengambil program sarjana ataupun pascasarjana, Anda harus mempunyai visa 573. Jika Anda ingin mengambil program pascasarjana yang berbasiskan penelitian, Anda harus mempunyai visa 574. Untuk memperoleh visa, Anda harus menunjukkan surat konfirmasi penerimaan mahasiswa dari universitas Anda.

Tanpa visa dan dokumen-dokumen perjalanan yang lengkap, kehadiran Anda bisa saja ditahan atau ditolak oleh imigrasi Australia. Jika petugas imigrasi menemukan masalah dengan identitas Anda, Anda akan diwawancarai oleh petugas imigrasi mengenai tujuan Anda mengunjungi negara ini. Wawancara tersebut akan direkam. Jika Anda mempunyai halangan dalam bahasa, Anda akan didampingi oleh penerjemah. Untuk menghindari kesulitan-kesulitan yang tidak diinginkan, persiapkanlah paspor, visa dan dokumen-dokumen perjalanan Anda dengan rapi dan lengkap.

Simpanlah dokumen-dokumen tersebut di dalam tas bawaan Anda. Jangan menyimpan dokumen-dokumen tersebut dalam bagasi, karena sebelum melewati imigrasi, Anda tidak diperkenankan untuk mengambil bagasi Anda.

Bagaimana Jika Perjalanan Tidak Berjalan Lancar

Biasanya selama memiliki visa yang tepat dan dokumen-dokumen yang diperlukan, para mahasiswa internasional tidak akan mengalami masalah di imigrasi. Tetapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda menyimpan nomor telepon Universitas Anda yang dapat dihubungi jika memerlukan bantuan dari pihak Universitas untuk mengklarifikasi masalah-masalah dengan pihak imigrasi.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui seandainya Anda ditolak masuk oleh imgirasi Australia. Anda akan ditempatkan di penahanan sementara sewaktu petugas imigrasi mengatur proses deportasi Anda.

Kadang Anda mungkin akan mengalami keadaan yang kurang menyenangkan seperti keterlambatan pesawat ataupun kehilangan bagasi. Tetaplah tenang dan jangan panik, mintalah bantuan kepada petugas bandara yang cukup ramah bersahabat untuk membantu Anda.

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis