Informasi penting
Australia: Essentials - Wajib dibaca

Menjaga Kesehatan Saat Kuliah di Australia

1149

Ada banyak kekhawatiran saat pindah ke luar negeri. Misalnya bagaimana jika kita jatuh sakit, atau saat barang berharga dicuri. Sangat disayangkan, memang ada kemungkinan bagi hal-hal ini terjadi di kehidupan kita. Jadi, sangat penting bagi kita untuk memikirkan penanggulangannya - untuk berjaga-jaga.

Persiapan Sebelumnya

Sewaktu Anda memasuki Australia, sebaiknya Anda memiliki sertifikat kesehatan yang menunjukkan bahwa Anda telah menerima suntikan yang diwajibkan. Dokumen ini harus Anda bawa dalam tas bawaan Anda, pihak Imigrasi Australia mungkin akan meminta dokumen ini.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan, Anda juga memerlukan laporan kesehatan lengkap mengenai kondisi kesehatan Anda, serta perawatan medis yang sedang Anda jalankan beserta resep-resep obat yang Anda konsumsi. Laporan kesehatan ini harus diterjemahkan dalam Bahasa Inggris dan dilegalisir oleh dokter Anda. Setiba di Inggris Anda mungkin perlu memberikan laporan ini kepada dokter di Australia untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Sistem Kesehatan Australia

Australia adalah tempat tinggal yang menyenangkan, dengan warga-warga yang terkenal hidup di atas umur 80 tahun. Hal ini mungkin dikarenakan oleh sistem kesehatan dan perawatan medis yang luar biasa (dan mungkin juga dikarenakan oleh gaya hidup yang santai).

Walau dibiayai pemerintah, pelayanan kesehatan Australia berbeda dengan Inggris. Biaya rawat inap ditanggung 100%, sedangkan biaya perawatan medis lainnya hanya ditanggung 75-80%. Bagi yang memasuki Australia dari Inggris, Swedia, Belanda, Belgia, Finlandia, Norwegia, Malta, Italia dan New Zealand akan menerima layanan medis yang terbatas, yang sesuai dengan perjanjian timbal-balik dari pemerintah masing-masing negara mengenai layanan kesehatan.

Apa Saja yang Tidak Ditanggung?

Beberapa program belajar tidak menanggung layanan kesehatan seperti perawatan gigi, mata atau biaya transportasi ambulan. Kecuali jika pasien memiliki kartu Lower Income Earner Cared (Pasien dengan pendapatan rendah). Kartu ini diperuntukkan bagi pendapatan kerja di bawah A$486 per minggu.

Asuransi

Walaupun tidak wajib memiliki asuransi kesehatan, ada baiknya Anda membeli asuransi kesehatan yang bisa menanggung biaya pengobatan ekstra. Asuransi kesehatan disediakan oleh Media Bank and Bupa Australia.

Selain asuransi kesehatan, ada baiknya jika Anda mengasuransikan barang milik Anda untuk meminimalkan kerugian jika sewaktu-waktu barang Anda rusak, hilang atau dicuri. Beberapa universitas menyertakan biaya asuransi kepemilikan dalam biaya akomodasi. Atau Anda juga bisa ditanggung dalam asuransi milik orang tua Anda. Tetapi lebih dianjurkan untuk memiliki asuransi kepemilikan atas nama Anda selama berada di Australia untuk kemudahan proses klaim asuransi.

Sebelum menandatangani kontrak asuransi, bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda jelas mengenai apa saja yang ditanggung dan apa saja yang tidak ditanggung dalam kontrak Anda. Sebelum mengajukan klaim asuransi, hitunglah apakah besar kerugian Anda setara dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengajukan klaim.

Simpanlah dokumen perjanjian Anda dengan baik, dan pastikan tanggal berlakunya belum berakhir.

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis