Informasi penting
Australia: Essentials - Wajib dibaca

Mengapa Kuliah di Australia?

3940

Tahun lalu, sekitar 630,000 mahasiswa asing memilih Australia sebagai tempat kuliah. Australia adalah negara yang ramah dan penuh aktivitias, yang bisa memberikan pengalaman kuliah yang unik bagi setiap mahasiswa internasional.

Sebagai seorang mahasiswa internasional di Australia, Anda bisa menikmati pendidikan dengan kualitas terbaik di dunia. Di samping itu, Anda akan dikagumkan oleh geografis Australia yang kaya dari pemandangannya yang indah hingga berbagai tempat unik yang menarik untuk dijelajahi. Anda bisa memiilih antara kota metropolitan, pantai-pantai indah, hutan tropis, gurun pasir atau semuanya. Oleh sebab itulah mengapa Australia yang dengan populasi sebanyak 22,844,000 orang ini menjadi tempat tujuan wisata favorit di dunia.

Selain kaya akan tempat yang menarik, Australia juga dipenuhi dengan bermacam ragam kebudayaan asing. Sebagai pelajar internasional, Anda bisa menikmati hidup yang penuh warna di Australia.

Pendidikan di Australia

Reputasi pendidikan di Australia dikenal di seluruh dunia. Kualitas pengajaran Australia terkenal sangat baik dan efektif. Universitas-universitas di Australia selalu masuk di antara ranking terbaik di dunia. 10 penghargaan Nobel telah diberikan kepada Australia. Australia memiliki 37 universitas yang disubsidi pemerintah dan 2 universitas swasta, dan juga berbagai institusi dan pendidikan tinggi. Universitas Sydney yang didirikan di tahun 1850 adalah universitas tertua di Australia.

Dari tahun 2011 hingga 2012, 7 universitas Australia berada dalam peringkat 200 besar universitas terbaik di dunia, dengan University of Melbourne di peringkat 37, dan Australian National University di peringkat 38.

Australia mendukung pemikiran yang inovatif dan independen; dikombinasikan dengan sistem pendidikan yang terdepan dan lingkungan yang heterogen, Anda berkesempatan untuk membuka wawasan Anda, dengan bergaul dan berbaur dengan orang-orang dari kebudayaan yang berbeda-beda. Selain itu, kuliah ke luar negeri adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan profesional Anda serta kesempatan karir, juga sangat membantu dalam mengembangkan rasa percaya diri dan kemampuan sosialisasi Anda. Anda akan menemukan berbagai kesempatan baru begitu Anda lulus kuliah.

Cuaca dan Iklim di Australia

Australia adalah negara yang sangat spesial, bukan hanya karena kualitas pendidikannya, tetapi juga karena keindahannya dan iklimnya yang unik.

Iklim di Australia sangat bervariasi karena letak geografisnya yang sangat luas. Kota-kota dekat daerah pantai cenderung beriklim hangat sepanjang tahun. Musim panas jatuh di bulan Desember dan Februari. Saat musim panas, cuacanya bisa menjadi sangat panas, dengan temperatur antara 26'C hingga 38’C. JIka Anda ingin mengunjungi Australia di musim ini, bawalah baju-baju yang nyaman untuk musim panas, kacamata hitam dan baju renang. Karena hari Natal jatuh di musim panas, jangan kaget jika Anda menemukan warga lokal merayakan Natal di pantai dengan barbekyu, itu adalah tradisi khas Australia.

Juni, Juli dan Agustus adalah musim tersejuk di Australia, di saat inilah Australia memasuki musim dingin. Jika Anda kuliah di utara, seperti Cairns, Brisbane Selatan atau Ayers Rock, Anda tidak perlu khawatir akan kedinginan, karena temperatur disana masih cukup tinggi, sekitar 20’C. Beberapa bagian di Australia seperti Canberra, bisa menjadi sangat dingin dan bahkan membeku. Jika Anda akan tinggal disini, bawalah topi, sarung tangan dan selendang, serta jangan lupa untuk membawa serta jaket musim dingin Anda.

Dikarenakan Australia merupakan negara kepulauan, alur samudra juga sangat mempengaruhi cuaca di Australia. Australia merupakan negara dengan curah hujan cukup tinggi, jadi sebaiknya Anda membawa payung dan jas hujan.

Kebiasaan berpakaian mahasiswa di Australia sangat casual. Akan tetapi ada baiknya Anda menyiapkan pakaian resmi untuk menghadiri wawancara atau acara resmi. Australia tidak memiliki baju daerah. Sebagian perusahaan akan menetapkan aturan berpakaian. Pada umumnya warga-warga akan menyesuaikan pakaian mereka dengan ikllim supaya lebih nyaman. Jika iklim sedang panas dan cerah, banyak yang memakai pakaian renang dan sandal. Tetapi jika Anda ingin mengunjungi klub atau teater, berpakaianlah yang rapi.

Dikarenakan iklim Australia yang cukup bervariasi, sebelum Anda ingin mengunjungi bagian Australia yang lain, periksalah dulu mengenai kondisi iklim di sana, sehingga Anda bisa menyiapkan pakaian dan peralatan yang tepat.

Sebagai mahasiswa internasional, Anda akan berkesempatan menikmati gaya hidup Australia. Tidak ada waktu yang lebih baik daripada masa kuliah untuk menikmati gaya hidup khas suatu negara.

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis