Informasi penting
Australia: Once you arrive

Apa itu ‘Unijam’?

708
‘Unijam’ adalah sebuah media diskusi terbuka bagi anggota komunitas The University of South Australia, dimana para mahasiswa, staf ataupun alumni bisa menghadiri diskusi tersebut dan mengemukakan opini mereka.
 
Memanfaatkan teknologi canggih yang dikembangkan oleh IBM untuk mengumpulkan opini-opini, diharapkan bahwa acara yang berlangsung selama 2 hari  (29-30 Mei) bisa menjelaskan tema dan topik yang menjadi perhatian komunitas saat ini, dan bisa memberikan solusi yang tepat. Figur-figur terkenal seperti para kepala akademis juga diundang untuk mengikuti kegiatan ini.
 
Wakil Rektor David Lloyd menyatakan mungkin sebagian orang cenderung sungkan untuk mengemukakan keluhan atau pendapat mereka. Jadi ada baiknya menggunakan media sosial atau seting yang lebih informal untuk mengumpulkan opini komunitas universitas.
Jika universitas Anda tidak menyediakan media untuk mengemukakan opini Anda, berikut ini ada tiga hal yang bisa Anda lakukan:
 
Media Sosial Universitas
 
Kebanyakan universitas memiliki akun twitter maupun facebook dan biasanya mereka sangat aktif dalam menggunakannya sebagai sarana berkomunikasi dan berbagi berita terbaru. Kami merekomendasikan Anda untuk ikut serta berpartisipasi didalamnya. Pastikan Anda untuk tidak lupa untuk menujukan kepada siapa yang dimaksud di dalam komentar Anda agar mereka dapat mengetahui dan membalas pesan Anda. Bersikaplah sopan dan menghargai setiap pendapat yang mungkin berbeda dengan Anda.
 
Bicaralah kepada dosen
 
Dosen bisa mengintimidasi Anda dengan cara mereka menyampaikan ide ataupun gagasan yang terdengar sangat luar biasa, sehingga pelajar biasanya cenderung untuk bersikap ragu untuk menyampaikan pendapat mereka. Cobalah untuk berkomunikasi dengan dosen Anda, walaupun mereka terlihat sibuk, mungkin Anda dapat menyampaikan pendapat Anda di luar kelas.
 
Jangan terpaku pada kampus
 
Jangan terpaku dengan kampus Anda saja. Walaupun Anda merasa kampus Anda sangat besar dan bisa dibilang merupakan dunia Anda. Masih banyak diluar sana kampus lain yang mungkin sama besarnya atau bahkan lebih besar. Para mahasiswa di kampus lain mungkin saja mengalami hal yang sama dengan Anda, bahkan memiliki pemikiran dan opini yang sama dengan Anda. Gunakanlah media sosial, forum seperti The Student Room untuk mengenal kampus lain diluar sana.
 
 
Baca juga:

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis