Informasi penting
Australia: Keuangan

Cara Hidup Mahasiswa di Australia

17507

Biaya hidup

Peraturan di Australia mengharuskan mahasiswa internasional untuk menunjukkan bukti bahwa mereka dapat menunjang diri mereka sendiri. Ini untuk memastikan mahasiswa luar negeri agar dapat tinggal dengan nyaman, aman dan nikmat selama berada di Australia. Mahasiswa internasional dapat menambah gaya hidup mereka melalui pekerjaan paruh waktu, namun persyaratan 'biaya hidup' membantu untuk memastikan kesuksesan mahasiswa pada masa kuliah mereka sehingga mereka tidak harus bergantung pada pekerjaan untuk menutupi segala pengeluaran mereka.

Sejak 1 Januari 2010 pendaftar visa calon mahasiswa, dan anggota keluarga mereka, wajib memiliki akses kepada dana berikut ini untuk memenuhi persyaratan biaya hidup:
• A$18.000 per tahun untuk mahasiswa utama
• A$6.300 per tahun untuk pasangannya mahasiswa
• A$3.600 per tahun untuk anak pertama mahasiswa dan
• A$2.700 per tahun untuk setiap anak lainnya dan di mana diperlukan.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi immi.gov.au

Di bawah ini disajikan beberapa perkiraan biaya untuk belanja rumah tangga dan barang lainnya.

• Seloyang roti - A$2.50 sampai A$4.00
• Dua liter susu - A$2.20 sampai A$3.60
• Koran - A$1.50 sampai A$3.00;
• Sekotak sereal sarapan - A$3.00 sampai A$5.60
• 100 kantung teh - A$3.50 - A$5.00
• Sebotol minuman ringan - A$1.50 sampai A$3.00;
• Sebotol sampo - A$2.50 sampai A$6.50;
• Daging cincang (500 gram) - A$3.00 sampai A$7.50
• Paha ayam tanpa tulang (500 gram) - A$5.50 sampai A$7.00

Untuk informasi lebih lanjut tentang penyusunan anggaran kunjungi understandingmoney.gov.au

 

Hiburan dengan anggaran ketat

Australia memiliki banyak untuk ditawarkan kepada mereka dengan anggaran ketat. Ketika Anda sudah mendapatkan keindahan alam yang mengagumkan di ambang pintu, iklim yang nyaman sepanjang tahun, dan banyak taman-taman nasional dan pantai untuk berjalan-jalan, berlari atau bersepeda sepanjang pantai, Anda tidak perlu membelanjakan dolar Anda untuk mendapatkan kesenangan.

Kegiatan bebas biaya lainnya di Australia termasuk: Berkunjung ke banyak pasar akhir pekan yang penuh keramaian dan fantastis; belajar tentang seni dan sejarah Australia di galeri bebas biaya dan museum; atau saksikan salah satu festival Australia yang berlangsung di kota dan pantai di seluruh negara bagian. Setiap tahun keluarga Australia berkumpul bersama di luar rumah untuk mengikuti festival makanan, anggur dan musik gratis; dan kompetisi berselancar untuk penyelamatan adalah yang biasa dilakukan pada musim panas di pantai.

Orang Australia sangat suka berada di luar rumah sehingga selalu ada banyak kesenangan gratis yang dapat diperoleh. Periksalah koran lokal Anda untuk melihat apa yang sedang berlangsung di area Anda.

 

 

Bagaimana membuka akun di bank

Membuka akun bank di Australia relatif mudah untuk mahasiswa luar negeri. Disarankan Anda melakukan ini secepat mungkin setelah Anda tiba. Yang Anda perlukan hanya paspor dan bukti alamat. Bank akan kemudian membuka akun untuk Anda dan mengirim kartu ATM Anda yang memberi Anda akses ke uang Anda dari sejumlah mesin ATM di kota kecil maupun kota besar. Beberapa bank akan menghapuskan biaya akun bulanan jika Anda memberi bukti penerimaan sebagai mahasiswa purna waktu pendidikan tersier.

Untuk informasi lebih lanjut ada baiknya mengunjungi situs bank dimana Anda bermaksud untuk membuka akun.


 

Makanan

Makan di luar

Mereka bilang orang Australia adalah bangsa yang mencintai olah raga, tetapi hal yang sama berlaku untuk kecintaan mereka pada makanan. Australia memiliki sejumlah koki terbaik dunia dan restoran pemenang penghargaan. Tidak dapat diragukan lagi, orang Australia menganggap makanan mereka hal yang serius. Berkat pengaruh budaya internasional di Australia di mana Anda dapat makan apa pun dan semuanya; dari Vietnam ke Venezuela, Maroko ke Meksiko, Turki ke Tapas, Jepang, Jerman dan banyak lagi.....


Iklimnya sangat bervariasi dari utara hingga selatan sehingga banyak ragam penawaran hasil pertanian, dan dengan garis pantai yang begitu besar, Australia membanggakan hidangan laut segar, yang berlimpah ruah dan lezat.

Makan di luar adalah cara hidup normal bagi masyarakat Australia dan pada umumnya makan di restoran adalah hal yang cukup biasa. Hal Ini juga sangat terjangkau, dengan beberapa restoran setempat yang lebih kecil mengenakan biaya sekecil $5 untuk hidangan utama. Tentu saja ada beberapa restoran jenjang menengah dan kelas atas juga (untuk lebih royal!) dan di dalam kota-kota utama sudah pasti tidak ada kekurangan tempat untuk menemukan makanan yang baik!

Di Australia banyak restoran adalah BYO (Bawa Sendiri) yang artinya Anda dapat menghemat uang cukup banyak untuk tagihannya. Jika restoran mengatakan BYO, Anda diperbolehkan untuk membawa minuman beralkohol sendiri. Biaya "melepas sumbatan" kecil sering kali ditambahkan pada tagihan Anda - pastikan Anda memeriksa berapa biaya melepas sumbatan karena dapat berbeda sangat banyak.

 

Makan di rumah

Makan di rumah juga merupakan kegembiraan bagi warga Australia, khususnya dalam bulan-bulan musim panas ketika mereka menyalakan api "barbie" (atau barbecue) dan memanggang udang atau 'snags' (sosis). Barbecue akhir pekan adalah cara yang sangat populer untuk bersosialisasi dengan teman di rumah, dan makanan dapat dibeli dengan harga relatif murah di supermarket lokal, pasar tani, atau pasar makanan.

Untuk pembelian makanan sehari-hari ada dua supermarket utama di Australia: Woolworths dan Coles; dan Anda biasanya tidak pernah jauh dari salah satunya di kota-kota utama. IGA adalah supermarket independen yang menawarkan penghematan saat berbelanja. Rantai supermarket lainnya, ALDI, beroperasi di wilayah Eastern Seaboard (NSW, QLD, ACT, VIC) menawarkan para pelanggan nilai belanja lebih baik.


 

Bekerja di Australia

Pekerjaan paruh waktu 

Mahasiswa dengan visa yang diterbitkan sesudah 26 April 2008 mendapat izin untuk bekerja selama 20 jam per minggu untuk menunjang proses belajar mereka sambil hidup di Australia. Apabila Anda membawa keluarga Anda, tanggungan Anda dapat juga bekerja sampai dengan 20 jam per minggu saat Anda telah mulai program kuliah Anda di Australia. Untuk informasi lebih lanjut silakan lihat situs DIAC.


Banyak mahasiswa bekerja untuk mendapatkan sedikit penghasilan tambahan agar mereka dapat bepergian atau menyimpan, lainnya bekerja untuk memperoleh pengalaman, bertemu warga setempat dan berteman. Mahasiswa dapat memilih untuk bekerja di bar, restoran, dan kafe, atau untuk melakukan kerja paruh waktu di industri yang terkait dengan bidang kuliah mereka. Kesempatan kerja paruh waktu dapat ditemukan di koran lokal dan di internet, seperti situs seek.com.au atau careerone.com.au

Mahasiswa yang ingin bekerja (atau untuk memperoleh akun bank) memerlukan Tax File (Berkas Pajak) yang dapat Anda peroleh dengan mudah melalui pendaftaran di Laman Beranda Kantor Pajak Australia dan mengikuti instruksi untuk mengisi formulir; proses biasanya memerlukan 2-3 minggu.

 

Bekerja sukarela 

Bekerja sukarela adalah cara yang baik sekali untuk mengenal orang lain di komunitas Australia dan berteman. Selain itu, banyak mahasiswa bekerja sukarela agar mereka dapat memperoleh keterampilan ekstra kurikuler atau memperluas cakrawala budaya mereka.
Peluang bekerja sukarela dapat melibatkan kerja dengan organisasi nirlaba atau komunitas; atau membantu bisnis yang terkait dengan studi mereka. Di Australia bekerja sukarela dapat mengerjakan apa saja dari menanam pohon, membersihkan pantai, menyelamatkan hidup peselancar, bekerja di acara olahraga utama atau musik, atau membantu komunitas orang tua.

Mungkin hanya sejam per minggu, atau sedikit komitmen lebih, namun ini merupakan kesempatan baik sekali untuk menonjol dari keramaian. Mahasiswa dengan keterampilan tambahan dan pengalaman sering dipandang dengan baik oleh pemberi kerja potensial.

Institusi pendidikan Anda dapat juga memasang iklan peluang bekerja sukarela.
Baca lebih lanjut tentang bekerja sukarela di: govolunteer.com.au

 

Menjaga kesehatan

Ketika Anda tiba di Australia Anda sebaiknya mendaftar pada dokter lokal/GP.

Australia memiliki sistem kesehatan yang melindungi mahasiswa internasional secara spesifik disebut Overseas Student Health Cover (OSHC). Anda perlu untuk membeli OSHC sebelum Anda datang ke Australia untuk melindungi Anda pada saat kedatangan. Anda perlu mempertahankan OSHC selama Anda tinggal berbasis visa mahasiswa di Australia. OSHC Anda akan membantu Anda membayar perawatan medis atau rumah sakit apa pun yang mungkin Anda perlukan selama Anda belajar di Australia, dan itu akan berperan terhadap biaya dari sebagian besar resep obat-obatan, dan layanan darurat.

Ada lima penyedia OSHC di Australia. Lihat tautan di bawah untuk mendapatkan informasi lebih mendetil tentang masing-masing penyedia:
• Australian Health Management OSHC
• BUPA Australia
• Medibank Private
• OSHC Worldcare
• NIB OSHC

OSHC tidak mencakup perawatan gigi, mata atau fisioterapi. Anda tetap dapat menggunakan layanan kesehatan ini, namun apabila Anda ingin terlindungi untuk perawatan tersebut Anda akan perlu membeli tambahan asuransi kesehatan pribadi.

 

Layanan darurat

Dalam keadaan darurat, nomor untuk dihubungi adalah 000.

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis