Informasi penting
Australia: Info Jurusan

AUSTRALIA MEMBUTUHKAN LEBIH BANYAK TENAGA KERJA

1338

Australia sedang mengalami perkembangan ekonomi dalam beberapa tahun terakhir ini. Akan tetapi, sayangnya ketersediaan tenaga kerja di Negeri Kangguru tersebut belum bisa mengimbangi peningkatan ekonomi. Singkat kata, Australia sekarang membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Nah, bidang karir manakah yang paling kekurangan tenaga kerja di Australia?

 

Banyak lowongan kerja yang belum terisi di Australia

Menurut salah satu situs pencarian kerja No. 1 paling populer di Australia – SEEK .com.au, terdapat lebih dari 105,000 lowongan kerja full-time yang tersedia saat ini. Selain itu juga terdapat 30,000 lowongan kerja paruh waktu (part-time) dan 9,300 lowongan kerja yang menawarkan gaji $150,000 per tahun. Menurut data situs tersebut, lowongan kerja yang paling banyak tersedia saat ini di Australia adalah di bidang kesehatan dan kedokteran. (sumber)

 

Pemerintah Australia Mempermudah Ijin Kerja Mahasiswa Internasional

Ketersedian lowongan kerja di suatu negara adalah salah satu faktor penting yang menarik kedatangan mahasiswa internasional. Karena dengan demikian mereka berkesempatan untuk belajar sambil bekerja. Menerapkan teori yang dipelajari di ruang kelas di tempat kerja adalah cara terbaik untuk mendalami suatu ilmu, terutama untuk bidang yang mementingkan praktek seperti kesehatan dan kedokteran. Selain itu, mahasiswa juga berkesempatan mendapatkan pengalaman kerja internasional dan mempelajari banyak hal yang tidak bisa dipelajari di ruang kelas atau di negara asal mereka, misalnya budaya dan etika kerja, melatih bahasa kerja, kerjasama tim dan masih banyak lagi.

 

Menanggapi kondisi pasar kerja saat ini, pemerintah Australia telah memberlakukan kemudahan-kemudahan bagi mahasiswa internasional dalam hal ijin bekerja. Sehingga tidak heran banyak mahasiswa internasional yang tertarik untuk kuliah ke Australia. Apakah kamu adalah salah satunya? Apakah kamu juga tertarik untuk kuliah kesehatan dan kedokteran di Australia? Ashley, editor sekaligus mahasiswa di Australia membeberkan informasi-informasi penting yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar ke jurusan kedokteran dan kesehatan di universitas Australia…

 

Gelar Kesehatan dan Kedokteran di Australia

Terdapat banyak jurusan yang ditawarkan di bidang kesehatan dan kedokteran di Australia. Beberapa di antaranya adalah psikologi, kebidanan, keperawatan, chiropractic, kedokteran gigi, nutrisi, dan masih banyak lagi. SITCM (Sydney Institute of Traditional Chinese Medicine) bahkan menawarkan jurusan pengobatan Tiongkok yang terakreditasi hingga standar tertinggi.  

 

 

 

 

 

 

 

Kebanyakan jurusan menawarkan gelar sarjana S1 (Bachelor) yang dapat dilanjutkan ke tingkat pascasarjana S2 (Master) dan S3 (PhD). Selain itu juga terdapat program sertifikat yang berdurasi 45 minggu hingga satu setengah tahun.

 

 

Persyaratan Masuk Jurusan Kedokteran di Australia

Untuk program S1, mahasiswa internasional harus memiliki kualifikasi yang setara dengan pendidikan menengah di Australia. Hal ini tergantung pada permintaan masing-masing univeristas. Ada program-program sarjana S1 yang mensyaratkan gelar diploma di bidang yang bersangkutan. Untuk beberapa jurusan seperti bidang layanan kesehatan, atau kesehatan anak, mahasiswa internasional yang ingin mendaftar disarankan untuk menujukkan bahwa mereka mampu mengikuti program tersebut. Misalnya mempunyai pengalaman kerja dengan orang sakit atau anak-anak. Nilai IELTS minimal adalah 6-6.5 untuk dapat diterima di program S1 Kedokteran di Australia. 

 

Untuk pendaftaran ke program pascasarjana S2, selain telah memiliki gelar sarjana di bidang yang bersangkutan, mahasiswa internasional juga harus menunjukkan nilai IELTS minimal 6.5, atau nilai TOEFL (computer-based) 237, (paper-based) 92.

 

Sedangkan persyaratan masuk ke program gelar S3 sangat bervariasi, tergantung masing-masing universitas. Kebanyakan adalah program jalur penelitian dan mahasiswa yang ingin mendaftar harus telah lulus program S1 dan S2 di bidang yang bersangkutan dengan nilai yang memadai. Terkadang ada universitas yang memberlakukan nilai minimal untuk S1 dan S2.

 

Catatan: Persyaratan masuk setiap universitas tidak selalu sama. Bahkan di universitas yang sama, setiap jurusan bisa saja memberlakukan persyaratan masuk yang berbeda. Sebelum mendaftar, mahasiswa disarankan untuk konfirmasi terlebih dahulu dengan bagian pendaftaran di universitas mengenai persyaratan masuk yang spesifik.

 

 

Bantuan Keuangan untuk Mahasiswa Internasional di Australia

Kabar baiknya adalah, tersedia beasiswa bagi mahasiswa internasional. Beasiswa dapat diberikan dengan menilai prestasi mahasiswa, keahlian dalam olahraga dan faktor lainnya.

 

Kerja paruh waktu (part-time) juga diijinkan setelah mahasiswa internasional memulai kuliah. Keluarga yang menemani juga diijinkan untuk bekerja part-time. Persyaratan visa dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa internasional untuk dapat bekerja di Australia dapat dibaca di sini.

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis