Informasi penting
Australia: Info Jurusan

PENGOBATAN TRADISIONAL CINA MERAIH PENGHARGAAN NOBEL

191

Pada tahun 2015, salah satu ilmuwan pengobatan tradisional Cina Youyou Tu berhasil meraih penghargaan nobel di bidang kedokteran untuk penemuan obat yang secara signifikan mampu mengurangi tingkat kematian akibat penyakit malaria. Yang lebih mengesankan lagi adalah fakta bahwa Youyou Tu adalah ilmuwan yang tidak memiliki gelar kedokteran atau ilmu medis lainnya. Bisa dikatakan ini juga setidaknya membuat orang-orang di dunia kembali menoleh pada pengobatan tradisional Cina.

 

 

Tidak seperti obat-obat pada umumnya, pengobatan tradisional Cina lebih berfokus pada keterkaitan antara pikiran, tubuh, dan jiwa, bukan melihat pada suatu penyakit atau gejala yang mengisolasi suatu penyakit. Belakangan ini banyak orang yang mulai menganggap obat tradisional Cina sebagai bentuk alternatif atau pelengkap pengobatan yang sesuai. Sebenarnya seperti apa sih pengobatan tradisional Cina itu? Yuk kita bahas lebih lanjut...

 

 

SEKILAS TENTANG PENGOBATAN TRADISIONAL CINA

 

Pengobatan tradisional Tionghoa adalah praktik pengobatan tradisional yang dilakukan di Cina dan telah berkembang selama beberapa ribu tahun.

 

Praktik pengobatan termasuk pengobatan herbalakupunktur, dan pijat Tui Na. Pengobatan ini digolongkan dalam kedokteran Timur, yang mana termasuk pengobatan tradisional Asia Timur lainnya seperti Jepang dan Korea.

 

 

 

 

DASAR & TEORI PENGOBATAN TRADISIONAL CINA

Pengobatan Tradisional Tionghoa percaya bahwa segala proses dalam tubuh manusia berhubungan dan berinteraksi dengan lingkungan. Oleh karena itu, penyakit disebabkan oleh ketidakharmonisan antara lingkungan di dalam dan di luar tubuh seseorang. Gejala ketidakseimbangan ini digunakan dalam pemahaman, pengobatan, dan pencegahan penyakit.

 

 

Teori yang digunakan dalam pengobatan didasarkan pada beberapa acuan filsafat termasuk teori Yin-yanglima unsur (Wu-xing), sistem meridian tubuh manusia (Jing-luo), teori organ Zang Fu, dan lainnya. Diagnosis dan perawatan dirujuk pada konsep tersebut.

 

 

 

PENGOBATAN CINA VS. PENGOBATAN BARAT

 

Pengobatan tradisional Cina tidak jarang berselisih dengan kedokteran Barat, namun beberapa praktisi mengombinasikannya dengan prinsip kedokteran berdasarkan pembuktian.

 

 

Walaupun kedokteran dan kebudayaan Barat telah menyentuh Cina, pengobatan tradisional belum dapat tergantikan. Pengobatan tradisional dipercaya sangat efektif, dan kadang-kadang dapat berfungsi sebagai obat paliatif (pengobatan yang berkonsentrasi pada pengurangan keparahan gejala penyakit) ketika kedokteran Barat tidak mampu menangani lagi, seperti pengobatan rutin pada kasus flu dan alergi, serta menangani pencegahan keracunan.

 

 

 

PRAKTEK PENGOBATAN TRADISIONAL CINA DI DUNIA

 

Di dunia Barat, pengobatan tradisional Tionghoa dianggap sebagai pengobatan alternatif. Sedangkan di Cina dan Taiwan, pengobatan ini menjadi bagian tak terpisahkan dengan sistem kesehatan. Mereka menggunakan teori-teori yang telah berumur ribuan tahun yang didasarkan pengalaman dan pengamatan serta sebuah sistem prosedur yang menjadi dasar pengobatan dan diagnosis.

 

 

Tidak seperti beberapa bentuk pengobatan tradisional yang telah punah, pengobatan tradisional Tionghoa kini menjadi bagian dari pengobatan modern dan bagian sistem kesehatan di Cina. Dalam beberapa dekade belakangan ini, banyak ahli kedokteran Barat yang juga meneliti kebenaran pengobatan tradisional Tionghoa ini.

 

Pengobatan tradisional Cina sering diterapkan dalam membantu penanganan efek samping kemoterapi, membantu perawatan keteragantungan obat terlarangan, dan merawat berbagai kondisi kronis yang oleh pengobatan konvensional dianggap mustahil untuk disembuhkan.

 

Para atlet Olimpik juga dirawat dengan teknik cupping, yang dipercaya dapat menyembuhkan pegal linu.

 

 

 

Selain itu, salah satu perusahaan farmasi terbesar yang memadukan konsep pengobatan tradisional 5000 tahun silam dengan bio teknologi modern, yaitu Tiens International Group telah mendapatkan ribuan penghargaan dari dunia internasional, termasuk lembaga-lembaga di PBB, setelah melalui riset-riset di dunia kedokteran. Bahkan di Indonesia sendiri, beberapa produknya sudah mendapatkan rekor MURI karena berhasil membantu menyembuhkan penderita gagal ginjal.

 

Tertarik untuk kuliah jurusan Pengobatan Tradisional Cina? Saat ini Pengobatan Tradisional Cina sudah dijadikan jurusan kuliah, tidak hanya di negara Cina dan Asia, tetapi juga di negara-negara Barat. Misalnya, di Australia ada Sydney Institute of Traditional Chinese Medicine (SITCM) yang telah menghasilkan para praktisi Pengobatan Tradisional Cina yang siap kerja di Australia sejak 1984. 

 

 

 

 

SITCM didirikan untuk mendorong perkembangan dan kemajuan dalam Pengobatan tradisional Cina dan profesi kesehatan komunitas dengan menyelenggarakan program-program terakreditasi dengan standar tertinggi.

 

Di antara semua program yang ditawarkan, program Bachelor of Traditional Chinese Medicine diakui oleh Chinese Medicine Board of Australia (CMBA) untuk registrasi praktisi ketiga divisi ini: Akupuntur, Pengobatan Herbal Tiongkok dan Peracikan Herbal Tiongkok. Baca lebih lanjut mengenai akreditasi SITCM...

 

SITCM memiliki para ahli akademis yang melakukan penelitian dan menikmati koneksi kuat dengan mitra-mitra penelitian internasional. SITCM juga memiliki para staf pengajar berkualitas tinggi, kebanyakan dari mereka diakui luas sebagai pemimpin di bidang mereka.

 

 

 

 

 

 

 

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Pengobatan_tradisional_Tionghoa

http://dokternasir.web.id/2015/12/6-fakta-tentang-pengobatan-tradisional-cina.html

 

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis