Informasi penting
Australia: Info Jurusan

PROSPEK KERJA DAN GAJI AWAL DI AUSTRALIA

2537

Ada 2 alasan utama yang menjadikan Australia negara destinasi kuliah yang populer, yaitu: kualitas pendidikan taraf internasional dan merupakan salah satu negara dengan taraf hidup terbaik di dunia.

 

Berikut adalah beberapa jurusan populer di Australia, dengan info prospek kerja dan gaji awal dari lulusan baru (fresh graduate): 

 

KEUANGAN

Jasa keuangan diperlukan dimana-mana, mulai dari bank, sektor bisnis, kegiatan amal hingga untuk mengurus kekayaan pribadi. Disertai dengan keahlian dalam Akuntansi ataupun hukum bisnis dan finansial, banyak lulusan yang memilih untuk mengkhususkan pendidikan di bidang keuangan publik, keuangan swasta dan keuangan perdagangan.

 

Program-program di jurusan keuangan di Australia membekali mahasiswa dengan kemampuan praktek dan pengetahuan mengenai industri finansial. Selain mempelajari Akuntansi dan ekonomi, mahasiswa juga mempelajari sejarah keuangan serta hukum-hukum yang berlaku.

 

Sebagian besar lulusan dari Jurusan Akuntansi mengejar karir sebagai seorang Akuntan. Akan tetapi, dikarenakan jurusan ini mencakup bidang studi yang luas seperti Struktur Bisnis, Hukum dan Ilmu Ekonomi, maka tidak jarang para lulusan dari Jurusan Akuntansi juga diterima bekerja di bidang manajemen lainnya.

 

Berkat keahlian mengolah data-data keuangan yang dipelajari semasa kuliah, banyak lulusan yang diterima bekerja di Bidang Perbankan. Misalnya bekerja sebagai penasihat keuangan di bank. Alternatif lainnya adalah bekerja sebagai penganalisa resiko dalam perusahaan-perusahaan asuransi. 

 

Masih ada banyak lagi pilihan-pilihan bagi para lulusan Jurusan Akuntansi. Misalnya bekerja pada organisasi non profit. Disini, para lulusan bisa menulis proposal untuk meminta pendanaan ataupun membuat permohonan hibah. Seandainya para lulusan memilih untuk mengejar karir di luar bidang Akuntansi, mereka juga bisa menemukan pekerjaan yang sesuai di Bidang Penjualan, Marketing, Periklanan, Hukum dan bahkan di Bidang Jurnalisme.

 

Gaji awal fresh graduate di Australia: AUD 2,765 per bulan (gaji pokok belum termasuk tunjangan dan bonus)

 

Cari program kuliah KEUANGAN di Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BISNIS

Mempelajari tentang segala aspek mengenai dunia perdagangan, Studi Bisnis adalah program kuliah yang populer dari masa ke masa. Studi bisnis akan mengajarkan prinsip-prinsip yang mendasari dunia perdagangan seperti penawaran dan permintaan, manajemen sumber daya, peraturan dan hukum yang harus ditaati dalam menjalankan suatu usaha dan sebagainya. 

 

Ada sejumlah lowongan kerja yang tersedia bagi para lulusan Jurusan Ilmu Pengetahuan Bisnis. Banyak lulusan yang mencari pekerjaan sebagai manajer proyek, konsultan manajemen, bankir ataupun pekerjaan di perusahaan hubungan massa dan departemen sumber daya manusia.

 

Banyak juga yang mengambil jurusan ini dengan tujuan mendirikan perusahaan sendiri. Walaupun ini adalah pilihan yang beresiko bagi para lulusan baru yang belum mempunyai banyak pengalaman kerja. Tetapi jika ini memang merupakan tujuan Anda untuk menekuni jurusan ini, maka Anda harus memanfaatkan waktu Anda semasa kuliah dengan sebaik-baiknya untuk mencari pengalaman kerja dan mencari koneksi.

 

Gaji awal fresh graduate di Australia: AUD 2,685 per bulan (gaji pokok belum termasuk tunjangan dan bonus)

 

Cari program kuliah BISNIS di Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

HUKUM

Hukum adalah bidang studi yang luas. Salah satu jurusan yang populer di kalangan mahasiswa internasional adalah Hukum Internasional yang berfokus kepada ilmu hukum dalam konteks global. Mulai dari hak asasi manusia sampai dengan perdagangan internasional, jurusan ini mencakup beragam mata kuliah. Pada dasarnya hukum membatasi cara kita menjalani kehidupan dan berinteraksi dengan satu pihak dan lainnya, hal ini menyebabkan hukum internasional adalah pilihan jurusan yang menarik.

 

Mayoritas mahasiswa memutuskan untuk masuk jurusan hukum internasional, adalah karena keinginan untuk bekerja dalam bidang hukum sebagai pengacara. Lulusan hukum internasional berkesempatan untuk mengikuti jurusan Legal Practice tanpa mengikuti perkuliahan diploma hukum, yang akan mengarahkan mahasiswa untuk menjadi spesialis hukum internasional.

 

Namun, tidak semua lulusan berniat mengejar karir di bidang hukum internasional. Banyak mahasiswa yang memutuskan untuk menggabungkan program hukum internasional mereka dengan modul/mata kuliah pada program perdagangan ataupun ekonomi. Pekerjaan pada sektor bisnis dan keuangan menjadi pilihan populer selain Sumber Daya Manusia dan Public Relation.

 

Gaji awal fresh graduate di Australia: AUD 2,856 per bulan (gaji pokok belum termasuk tunjangan dan bonus)

 

Cari program kuliah HUKUM di Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ILMU KESEHATAN

Ilmu kesehatan merujuk kepada penelitian pola makanan dan kesehatan masyarakat. Jurusan ini mempelajari bagaimana menjaga dan memperbaiki standar hidup masyarakat, seperti bagaimana mengurangi kegemukan dan mengurangi rokok dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

Kebanyakan lulusan dari jurusan ini bekerja di sektor pemerintahan seperti Dinas Kesehatan ataupun di industri yang berhubunga dengan kesehatan dan melakukan penelitian di bidang pencegahan penyakit atau obat berbahaya, dapat juga sebagai ahli gizi. 

 

Selain bekerja di sektor kesehatan, lulusan jurusan kesehatan juga dapat bekerja di sektor swasta melakukan riset ataupun marketing di perusahaan medis. Selain itu juga dapat mengambil program pasca sarjana dengan jurusan hukum medis, perawatan dan konseling ataupun sebagai jurnalis di bidang medis.

 

Gaji awal fresh graduate di Australia: AUD 2,694 per bulan (gaji pokok belum termasuk tunjangan dan bonus)

 

Cari program kuliah ILMU KESEHATAN & KEPERAWATAN di Australia

                                                                                                                                                                                                                                                                                                   

JURNALISTIK

Jurusan jurnalistik adalah salah satu jurusan yang menarik di Australia. Media, baik itu dalam bentuk cetak, TV ataupun online, bertanggung jawab dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan publik dalam menyatakan pendapat yang berimbang, dimana memberi kuasa bagi para jurnalis untuk mengubah dunia.

 

Kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan jurnalistik adalah mereka yang berencana bekerja sebagai jurnalis setelah wisuda. Kualitas perkuliahan, mata kuliah yang dipelajari, dan tingkat pengalaman kerja yang dimiliki bisa memperbesar peluang untuk memilih berbagai jenis pekerjaan.

 

Pekerjaan dalam bidang jurnalisme cenderung kompetitif dan membutuhkan lulusan dengan nilai memuaskan, selain juga pengalaman magang. Jika setelah kelulusan memutuskan untuk tidak bekerja sebagai jurnalis, tersedia banyak berbagai jenis pekerjaan lainnya di dunia karir, yang membutuhkan ilmu jurnalistik. Banyak lulusan yang memilih untuk bekerja di agensi PR, perusahaan pers dan perusahaan penerbit. Bahkan tersedia pilihan untuk menambah pemasukan dengan menjadi penulis paruh waktu.

 

Selain itu banyak juga lulusan jurusan jurnalistik melanjutkan pendidikan untuk mendapat gelar Diploma Hukum dengan tujuan untuk menyiapkan diri menjalani ujian pengacara atau advokat, sedangkan sebagian lainnya memilih untuk mengajar dan melanjutkan pendidikan pada program pasca sarjana jurusan Ilmu Pendidikan.

 

Gaji awal fresh graduate di Australia: AUD 2,999 per bulan (gaji pokok belum termasuk tunjangan dan bonus)

 

Cari program kuliah JURNALISTIK di Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNIK

Teknik adalah salah satu jurusan dengan pendapatan tertinggi di Australia. Teknik adalah bidang studi yang sangat luas. Banyak universitas Australia yang menyediakan fasilitas canggih dan pengalaman praktikal, sehingga lulusan teknik dari Australia sangat dihargai, baik di Australia maupun di seluruh dunia.

 

Lulusan teknik bisa bekerja dalam banyak bidang seperti otomotif, konstruksi, teknik sipil, teknik kimia, mekanik, elektro dan masih banyak lagi.

 

Pendapatan awal mulai dari AUD 3,000 hingga 9,000 tergantung jurusan teknik yang diambil.

Cari program kuliah TEKNIK di Australia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tertarik kuliah ke Australia? Mulai mencari program kuliah sekarang juga!

Hotcourses Indonesia juga menyediakan e-book gratis panduan lengkap untuk kuliah ke Australia. Klik gambar untuk langsung download.

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis