Informasi penting
Australia: Info Jurusan

Serba-serbi Kuliah Hukum di Australia

242

Ilmu hukum hingga saat ini masih menjadi salah satu jurusan kuliah favorit. Ini tidak heran, karena lulusan jurusan hukum dibutuhkan di segala bidang pekerjaan. Semua orang akan merasakan pentingnya kuliah hukum ketika mereka sudah bekerja di instansi perkantoran dan jika ingin jenjang karir meningkat.

 

Pekerjaan untuk lulusan hukum identik dengan hakim, pengacara, notaris, dan profesi hukum lainnya. Akan tetapi, sesungguhnya para lulusan yang memegang kualifikasi jurusan ilmu hukum memiliki jangkauan yang amat luas, karena sewaktu kuliah hukum, mahasiswa diajarkan untuk menjadi pribadi yang peka, komunikatif, lugas, percaya diri, mampu menganilisis masalah lebih mendalam.

 

 

 

PERBEDAAN HUKUM DI AUSTRALIA DAN INDONESIA

Australia, seperti negara bekas koloni Inggris lainnya, mengadopsi sistem hukum Anglo Saxon (the Common Law) dimana keputusan hukum dibuat berdasarkan putusan-putusan hakim dari kasus-kasus yang pernah terjadi. Kelebihannya adalah sistem hukum Australia lebih dinamis dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap kasus.

 

Sedangkan, Indonesia yang merupakan bekas koloni Belanda mengadopsi tradisi Eropa Kontinental atau civil law system. Sehingga, tidak jarang orang berpendapat bahwa mahasiswa Indonesia seharusnya melanjutkan studi ilmu hukum di Belanda, bukan di Australia.

 

Kuliah hukum di Australia tentu tidak dimaksudkan untuk diterapkan di negeri sendiri. Menjadi mahasiswa hukum di Australia dapat mempelajari hukum positif dan mendapatkan pengalaman yang inspiratif. Mempelajari sistem hukum common law sekaligus sistem pemerintahan parlementer dengan mengalami langsung di negara yang menerapkannya tentu lebih memberikan nilai tambah daripada hanya membaca informasi dari bahan bacaan.

 

 

KULIAH HUKUM DI MANA?

 

Setelah memilih jurusan, pertanyaan berikutnya adalah kuliah hukum dimana? Bagaimana cara memilih program kuliah hukum yang tepat? Berikut ini ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

 

1.     Peringkat fakultas hukum tersebut
2.     Spesialisasi gelar yang ditawarkan
3.     Fasilitas dan kelengkapan perpustakaan
4.     Kaliber dari para dosen di fakultas hukum tersebut
5.     Prestasi dan tingkat diterima bekerja dari para alumni
6.     Apakah kamu berencana untuk praktek hukum di luar negeri, apa kembali ke Indonesia?
7.     Dan hal umum lainnya seperti biaya kuliah, lokasi universitas, persyaratan masuk dan lain-lain.

 

 

 

KELEBIHAN DARI KULIAH HUKUM DI AUSTRALIA

Berikut adalah beberapa dukungan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa hukum di Australia:

 

 

Individual law student societies (LSSs)

Mahasiswa internasional yang kuliah hukum di Australia akan menikmati beragam jaringan dan dukungan selain merasakan kebudayaan kampus yang hidup. Individual law student societies (LSSs) di setiap fakultas hukum di Australia mewakili suara mahasiswa dan menghormati masalah pendidikan hukum. LSSs juga menyebarkan informasi karir, mengelola kompetisi hukum, acara sosial dan olahraga, serta menjaga kesehatan dan kesejahteraan para mahasiswa internasional.

 

Australian Law Students’ Association (ALSA)

Australian Law Students’ Association (ALSA) adalah badan perwakilan utama bagi mahasiswa hukum Australia, tanpa membedakan status mahasiswa domestik atau internasional. Mahasiswa hukum menerima keanggotaan gratis dan otomatis. Beberapa layanan dari ALSA:

1.     Bertindak sebagai perwakilan nasional untuk kepentingan mahasiswa hukum Australia;

2.     Menyediakan layanan langsung bagi mahasiswa hukum Australia;

3.     Menyediakan forum untuk berbagi pengetahuan untuk LSSs di semua universitas Australia.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs Australian Law Students Association

 

Koneksi Internasional

Beberapa fakultas hukum ternama di Australia juga sering menghadirkan tenaga pengajar internasional. Kesempatan mempelajari sistem dan praktek hukum pun menjadi terbuka luas. 

 

 

 

 

JENIS GELAR HUKUM DI AUSTRALIA

 

Sebagai bahan masukan, berikut adalah beberapa jenis gelar dalam bidang hukum yang bisa kamu peroleh di Australia:

 

Gelar Akademik (Academic Qualifying Degrees)

Gelar ini memungkinkan mahasiswa untuk praktek hukum. Tergantung profesi yang digeluti, beberapa di antaranya perlu menyelesaikan Practical Legal Training terlebih dahulu, terutama jika kamu ingin praktek hukum di Australia, kamu perlu memiliki gelar PLT. Tetapi jika kamu tidak berencana praktek hukum di Australia, atau berencana untuk melanjutkan pendidikan ke tempat lain, gelar ini sudah cukup. Yang termasuk dalam gelar akademik jurusan hukum di Australia adalah:

 

1. Bachelor of Laws (LLB)

Atau dikenal juga sebagai Sarjana Hukum di Indonesia, butuh 4 tahun untuk mendapatkan gelar ini.

 

2. Bachelor of Laws (LLB) combined degree

Gelar kombinasi ini juga dikenal dengan istilah double atau dual degree di Australia, yang berarti setelah lulus kamu memegang dua gelar. Cara mendapatkan dual degree adalah, mengambil mata kuliah yang ditentukan dari jurusan lain, misalnya bisnis, atau seni. Biasanya ini memang akan menambah durasi kuliah hingga 4 atau 5 tahun. Ini adalah pilihan yang baik, jika kamu ingin berkarir di bidang hukum yang lebih khusus, misalnya penasihat hukum SDM, atau jika kamu belum yakin untuk berkarir di bidang hukum, dan berpikir untuk memperbanyak jalur yang bisa kamu tempuh setelah lulus kuliah.

 

3. Juris Doctor (JD)

Juris Doctor adalah gelar pascasarjana yang memakan waktu 3 tahun. Gelar ini setara dengan mendaftar ke LLB dengan status ‘graduate’, yaitu sudah pernah mengikuti perkuliahan di universitas lain sebelum mendaftar.

 

Kelebihan dari JD daripada LLB adalah program ini lebih cocok untuk mahasiswa yang telah pernah mengikuti perkuliahan. Kekurangannya adalah harganya lebih mahal, dan dengan status pascasarjana, berarti mahasiswa tidak dapat menikmati kelonggaran finansial dari pemerintah yang dikhususkan untuk mahasiswa sarjana.

 

Jika telah memiliki gelar S1, tetapi ingin melanjutkan gelar S2 di jurusan hukum, program JD adalah pilihan yang bisa dipertimbangkan.

 

 

Practical Legal Training

Kualifikasi bidang hukum juga dapat diperoleh dari Practical Legal Training (PLT). PLT dibutuhkan jika ingin berpraktek hukum di Australia. Peraturan praktek berbeda-beda di setiap negara bagian. Tergantung lokasi yang kamu pilih, berikut adalah beberapa pilihan yang bisa diambil:

 

1. Graduate Diploma of Legal Practice

Program ini adalah cara paling umum untuk menyelesaikan PLT. Program ini biasanya berdurasi antara 6-12 bulan.

 

2. Master of Laws (Legal Practice) (LLM)

Beberapa universitas memberikan pilihan untuk mendapatkan gelar LLM dengan memperpanjang PLT. Dengan demikian kamu bisa meningkatkan gelar Graduate Diploma menjadi gelar Master (S2).

 

3. Advanced Degrees

Ada banyak gelar pascasarjana hukum di Australia. Gelar-gelar seperti ini mungkin dibutuhkan oleh para pengacara dan profesi hukum non-pengacara lainnya:

1.     Graduate Certificate in Law (GradCertLaw)
2.     Graduate Diploma in Law (GradDipLaw)
3.     Master of Laws by coursework (LLM)
4.     Master of Laws by research (LLM)
5.     Doctor of Philosophy in a legal field (PhD)

 

 

CARA MENDAFTAR KE PROGRAM HUKUM DI AUSTRALIA

 

Setiap universitas memberlakukan persyaratan masuk yang berbeda-beda.  Terkadang ada universitas yang meminta pendidikan di bidang hukum sebelum mendaftar ke program bachelor. Akan tetapi, jika belum memenuhi persyaratan masuk, bisa mengikuti program persiapan kuliah (foundation) terlebih dahulu. Misalnya, College of Law di Australia menawarkan program ILEPS bagi para pengacara yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa utama, yang ingin meningkatkan keahlian berbahasa Inggris mereka, sebelum mengambil program LLM (S2 Hukum) bidang Hukum Terapan di College of Law.

 

 

STRUKTUR PROGRAM KULIAH

Program ILEPS disusun menjadi dua subjek yang masing-masing terdiri dari 15 unit.

 

1. College of Law International Legal English & Professional Skills 1

Subjek 15 unit ini berfokus dalam meningkatkan keahlian komunikasi hukum dalam bahasa Inggris, dan berbagai keahlian profesional untuk transaksi non-perkara dalam praktek komersial dan perusahaan. Mahasiswa akan meningkatkan keahlian membaca dan menulis hingga level B1|C2 dari Common European Framework of Reference.

 

2. College of Law International Legal English & Professional Skills 2

Subjek 15 unit ini berfokus pada meningkatkan keahlian komunikasi hukum dalam bahasa Inggris dan keahlian profesional hukum dalam penyelesaian sengketa dalam konteks praktek komersial dan perusahaan. Mahasiswa akan meningkatkan keahlian mendengarkan dan berbicara hingga level B1|C2 dari Common European Framework of Reference.

 

Jika mahasiswa menghendaki, mereka dapat mengambil unit-unit individual sebagai program terpisah. Tidak terdapat jadwal untuk setiap unit, tetapi mahasiswa diharapkan untuk menyelesaikan setiap unit dalam waktu enam bulan.

 

 

PENYAMPAIAN KULIAH

Program ILEPS disampaikan secara online via platform CANVAS, sehingga mahasiswa dapat belajar kapan saja, dimana saja, dengan perangkat apa saja. Semasa program berjalan, mahasiswa didukung oleh para dosen yang akan menggunakan berbagai media untuk berkomunikasi dengan mereka. Para dosen akan memberikan tanggapan secara individual mengenai tugas mahasiswa dan memastikan mereka berada di jalur yang tepat.

 

 

 

DURASI KULIAH

Setiap subjek (misalnya ILEPS 1 dan ILEPS 2) tersedia dalam basis trisemester, yang dimulai setiap bulan Januari, Mei dan September. Mahasiswa akan menyelesaikan satu unit setiap minggu. Setiap unit berdurasi hingga 10 jam untuk keahlian hukum profesional, dan hingga 10 jam untuk keahlian komunikasi hukum dalam bahasa Inggris.

 

 

SISTEM PENILAIAN

Penilaian bervariasi antara setiap unit. Semua tergantung pada tugas praktikal yang dijalankan pengacara dalam hal komersial dan perusahaan. Tidak ada ujian tertulis untuk menguji mahasiswa; semua penilaian diambil dari kinerja mahasiswa sewaktu menjalankan tugas.

 

 

Mencari jurusan

Australia
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Australia'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Australia dalam satu buku digital praktis