Informasi penting
Kanada: Info Negara Tujuan - Wajib dibaca

MENGAPA KULIAH DI KANADA?

Mengapa Kanada menjadi tujuan kuliah populer? Amerika terkenal dengan “American Dream”, bagaimana dengan Kanada yang berada di sebelah utara Amerika?

3104

Kanada adalah salah satu negara terbaik untuk ditempati!

Kanada memiliki pemandangan alam dan tempat wisata terindah di dunia! Kanada tidak selalu identik dengan musim salju yang dingin. Ya, walau terdapat musim dingin di Kanada, beberapa tempat bahkan tidak pernah bersalju, dan temperatur bisa saja tembus 30 derajat Celcius. Kanada memiliki beberapa kota utama yang moderen. Bahkan jika Anda menjelajahi Kanada, Anda akan menemukan bahwa Kanada memiliki geografi yang sangat beragam. Mulai dari banyak taman nasional dan cagar alam, margasatwa, pemandangan di atas bukit hingga pesisir pantai, semua itu akan membuat Anda takjub! Misalnya: Niagara Falls, Banff National Park dan Rocky Mountains.

United Nations telah menobatkan Kanada sebagai salah satu negara terbaik untuk ditempati selama 20 tahun berturut-turut. Selain karena pemandangan yang indah, faktor lain yang membuat Kanada sebagai tempat tinggal favorit adalah pelayanan kesehatan gratis! Selain itu, Kanada juga termasuk sangat aman dan tenang sebagai tempat kuliah, jika dibandingkan dengan Amerika. Beberapa faktor tersebutlah yang membuat para orang tua lebih tenang mengirimkan anak-anak mereka untuk berkuliah di Kanada.

 

Pendidikan Berkaliber Tinggi

Kanada memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan kualifikasi yang diakui di seluruh dunia. Kualifikasi dari Kanada setara dengan gelar-gelar yang diperoleh di Amerika, Inggris dan negara destinasi kuliah populer lainnya. Empat dari institusi Kanada masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik tahun 2014-2015 (Times Higher Education World University Rankings): University of Toronto, University of British Columbia, McGill University dan McMaster University. Toronto, McGill dan British Columbia juga masuk dalam peringkat 100 besar QS’ World University Rankings 2014-2015 bersama Universite de Montreal dan University of Alberta. Toronto bahkan masuk dalam 20 besar di kedua peringkat bergengsi tersebut.

Semua program akademis direvisi secara reguler oleh setiap institusi demi menjaga standar mereka. Badan-badan kepemerintahan seperti Association of Universities and Colleges of Canada (AUCC) juga selalu memastikan setiap universitas menawarkan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswa mereka.

 

Negara Multikultur

Banyak yang takjub akan keragaman budaya di Kanada. Kanada adalah negara yang dipenuhi para imigran, yang berjumlah sekitar 15 juta orang sejak satu setengah abad yang lalu. Tahukah Anda, Kanada adalah negara pertama di dunia yang mengenalkan kebijakan multikulturalisme pada tahun 70an dengan menitikberatkan nilai dari perbedaan ras dan etnis? Sebutan ‘multikulturalisme’ telah menjadi sesuatu yang umum di jaman ini, dan Kanada adalah salah satu pihak yang berjasa. Sepertiga warga Kanada memiliki latar belakang etnis, dan data sensus terbaru menunjukkan bahwa seperlima warga Kanada menguasai dua bahasa resmi Kanada: Inggris dan Perancis. (Walau Bahasa Perancis terdengar hampir di semua tempat di Kanada, kebanyakan pengguna Bahasa Perancis tinggal di Quebec). Beberapa kelompok etnis mayoritas di Kanada adalah Skotlandia, Irlandia, Jerman, Italia dan Cina. Jadi Anda bisa mengenal dan berpartisipasi dalam beragam aktivitas budaya dari semua etnis tersebut.

 

Biaya Terjangkau

Sebagai negara barat dengan banyak kota besar, biaya hidup di Kanada jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika. Toronto adalah kota dengan biaya hidup tertinggi di Kanada. Akan tetapi jika dibandingkan dengan London, New York dan Sydney, biaya hidup di Toronto masih lebih rendah. Jadi, dengan jumlah uang yang sama, Anda dapat hidup lebih nyaman dan enak di kota-kota moderen Kanada seperti Toronto, Montreal atau Vancouver.

Universitas-universitas di Kanada menerima pendanaan publik, jadi biaya kuliah juga lebih rendah jika dibandingkan dengan Amerika. Beasiswa juga disediakan oleh pemerintah ataupun oleh Canadian Scholarship Programme (Program Beasiswa Kanada).

 

 

Kehidupan Pasca-Kuliah

Sebuah faktor penting yang menjadi pertimbangan mahasiswa internasional sebelum memutuskan destinasi kuliah adalah: ‘Bisakah saya bekerja di sana setelah lulus?’ Beberapa mahasiswa ingin tetap menetap di luar negeri setelah lulus kuliah. Peraturan hukum Kanada mengijinkan mahasiswa internasional yang telah lulus dari universitas atau college Kanada untuk bekerja di sana selama satu tahun. Mahasiswa internasional juga dapat bekerja sambil kuliah.

90% lulusan dari institusi Kanada dapat menemukan pekerjaan dalam waktu 6 bulan setelah wisuda. Prospek kerja yang bagus adalah salah satu motivasi bagi mahasiswa untuk berkuliah ke luar negeri. Jadi ini adalah berita yang bagus bagi Anda yang ingin kuliah ke Kanada.

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.