Informasi penting
Kanada: Berita Terbaru

BISAKAH MAHASISWA INDONESIA BEKERJA DI KANADA?

1475

Menurut data statistik, dari tahun ke tahun semakin banyak pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah ke Kanada. Hal ini dipandang sebagai perkembangan yang positif oleh pemerintah Kanada, sehingga dikeluarkan kebijakan yang mempermudah mahasiswa internasional untuk bekerja di Kanada.  

 

VISA PELAJAR

Pelajar Indonesia membutuhkan visa pelajar untuk dapat berkuliah di Kanada. Setelah diterima di universitas Kanada, pelajar bisa mulai mengajukan visa. Begitu diterima, akan diberikan visa single entry, yang kemudian akan ditukar dengan visa pelajar begitu tiba di Kanada.

Untuk pengajuan visa perlu menyertakan rekening koran sejumlah minimal CA$ 10.000 atas nama pelajar yang bersangkutan.  Pihak imigrasi ingin memastikan pelajar sanggup membiayai diri sewaktu berkuliah di Kanada.

 

KERJA PART TIME

Jika Anda berkuliah di universitas negeri, Anda bisa langsung mendapatkan ijin kerja baik di dalam maupun di luar kampus. Jika berkuliah di universitas swasta, Anda memerlukan ijin untuk dapat bekerja di luar kampus.

Untuk dapat diijinkan terus bekerja sambilan, mahasiswa juga harus mempertahankan nilai mereka, minimal mencapai nilai C. Jika di bawah nilai C, ijin kerja akan dicabut.

Mahasiswa internasional dapat bekerja 20 jam per minggu semasa semester berjalan, dan dapat bekerja 40 jam per minggu selama masa liburan. Mahasiswa dapat bekerja di toko, cafe, restoran, atau hotel (untuk beberapa posisi membutuhkan pengalaman kerja sebelumnya).

Bayaran part time di Kanada tergantung kota tempat Anda bekerja. Upah minimum di Vancouver adalah CA$ 8 per jam, tetapi pada umumnya mahasiswa menerima upah sekitar CA$ 10 – CA$ 15 per jam.

 

SETELAH LULUS

Mahasiswa internasional yang lulus dari universitas Kanada akan otomatis mendapatkan ijin kerja Post-Graduation Work Permit, tanpa adanya pembatasan jenis pekerjaan maupun keharusan memiliki tawaran pekerjaan. Selain itu, jangka waktu ijin kerja juga diperpanjang menjadi hingga tiga tahun di lokasi manapun di Kanada. Sebelumnya program ini hanya membolehkan mahasiswa internasional untuk bekerja antara satu hingga dua tahun, tergantung lokasi yang dipilih. Pengalaman kerja yang diperoleh selama tiga tahun tersebut akan dapat membantu para sarjana memenuhi persyaratan untuk menetap di Kanada.

Bagi para lulusan universitas swasta juga dapat mengajukan ijin kerja ini. Ijin kerja harus diajukan 90 hari sebelum wisuda, dengan menunjukkan surat yudisium (bukti akan lulus) dari universitas.

Ketentuan selengkapnya dapat dibaca di situs resmi Government of Canada.

 

Baca juga:

Bekerja di Kanada Setelah Lulus Kuliah

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS