Informasi penting
Kanada: Once you arrive

Transportasi di Kanada

Apa saja pilihan yang tersedia sewaktu Anda ingin berpergian di Kanada?

923

Sebagai salah satu kota terbesar di dunia, Kanada memiliki lahan seluas 10.3 juta kilometer persegi. Luas area ini hanya kalah jika dibandingkan dengan Rusia. Sebagai tambahan, sebagaimana yang mungkin kalian ketahui, cuaca semakin ke arah utara semakin tidak bersahabat. Walau demikian, ini tidak akan menghalangi Anda untuk menjelajahi Kanada. Kanada memiliki pilihan transportasi yang baik, yang akan sangat membantu selama Anda kuliah di sana.

 

Dengan transportasi Udara

Semua kota besar di Kanada memiliki bandara udara untuk memenuhi kebutuhan wisatawan yang bepergian melewati negara besar ini, ataupun kota besarnya. Lima bandara udara paling sibuk berdasarkan jumlah penumpang setiap tahun (bedasarkan urutan): Toronto Pearson, Vancouver, Calgary, Montreal-Pierre Elliot Trudeau dan Edmonton, dan juga masih banyak bandara udara lain yang menyediakan penerbangan domestik maupun internasional. Air Canada dan WestJet adalah maskapai penerbangan paling populer yang mengakomodasi seluruh penjuru Kanada.

Sebagai negara yang berdekatan dengan Amerika, keamanan penerbangan udara dan imigrasi sangat ketat (walaupun tidak seketat Amerika). Oleh sebab itu Anda harus memastikan membawa semua dokumen yang diperlukan ketika ingin berkunjung ke Kanada dan mematuhi semua peraturan yang ada.

 

Dengan Kereta Api

Setiap sudut Kanada terhubung dengan baik melalui kereta api, mulai dari Vancouver dan Prince Rupert di British Colombia di bagian pantai barat, hingga jauh ke timur di Halifax, Nova Scotia. Semua bagian perbatasan selatan yang memisahkan British Colombia dengan Yukon/North West Territories terhubung dengan kereta. Anda dapat melihat jadwal, membeli tiket dan merencanakan perjalanan Anda lewat ViaRail. Akan lebih murah jika Anda membeli tiket jauh hari sebelumnya walaupun Anda juga bisa membelinya di hari keberangkatan.

 

Dengan kereta bawah tanah

Terdapat tiga kota Kanada dengan sistem kereta bawah tanah yang baik: Toronto, Montreal dan Vancouver. Terdiri dari beberapa jalur. Akan lebih cepat bepergian menggunakan kereta bawah tanah ketimbang bis ataupun mobil, yang mungkin dapat terhalang cuaca buruk sewaktu-waktu. Tiket bulanan di Montreal berkisar CAD$65, dan tiket mingguan seharga CAD$20.

 

 

Dengan mobil

Mengemudi jarak jauh di Kanada dapat menimbulkan masalah dikarenakan kondisi cuaca – semakin ke utara Anda berpergian, tergantung waktu, Anda mungkin bisa menemui masalah karena cuaca. Oleh sebab itu pastikan untuk melihat ramalan cuaca sebelum berpergian dan pastikan Anda memiliki semua perlengkapan yang dibutuhkan (seperti ban serep, tambalan ban, bensin extra ataupun senter dan lainnya) di bagasi Anda.

Anda memerlukan SIM Kanada agar dapat mengendarai mobil di Kanada atau Anda juga bisa mengemudi untuk waktu singkat setelah ketibaan Anda jika Anda memiliki SIM dari negara Anda. Sebelum mengemudi, pastikan Anda memiliki ijin untuk mengemudi dengan SIM Anda saat ini.

 

Dengan Bis

Bis mungkin adalah sarana berpergian terbaik untuk berkeliling kota di Kanada dan sekitarnya (terutama jika berpergian ke kota kecil yang tidak begitu terkoneksi dengan baik). Akan tetapi Anda harus ingat dikarenakan jarak yang jauh antar kota dan kondisi cuaca Kanada, jalan darat bukanlah rute tercepat ataupun paling nyaman untuk Anda.

Semua kota memiliki layanan transportasi masing-masing di kawasan tersebut. Untuk memberikan Anda gambaran biaya berpergian, di Toronto dimana transportasi publik dijalankan oleh Toronto Transit Commission (TTC), mahasiswa dapat membeli tiket bulanan untuk semua transportasi publik sebesar CAD$112. Tiket mingguan sekitar CAD$30-40.

Untuk berpergian antar kota dan propinsi, Anda dapat menggunakan Greyhound bus atau layanan bis dari salah satu operator regional. Terdapat juga rute bis yang menyeberangi perbatasan Amerika-Kanada menuju Amerika.

 

Dengan ferry

Ferry digunakan di area pantai Kanada yang dapat digunakan untuk penumpang maupun kendaraan. Ferry merupakan transportasi populer di area seperti British Colombia dan pastinya merupakan cara yang unik untuk berpergian.

Mencari jurusan

Kanada
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.